Wednesday, 15 June 2016

Bingung cari ide blog post? Hayuk baca ini! (Hahahaha....)

xD huahahaha... judul apa lagi itu?! Akhir-akhir ini kan sering baca tulisan-tulisan macem gitu, dunia blogging kan lagi booming. Padahal tulisan ini mah ga ada hubungannya ama judulnya (makanya dikasih "hahaha" di judulnya :p). Ini curcol, karena kalo aku mah malah sering banyak ide untuk ditulis / didokumentasikan di blog, tapi ga ada cukup waktu luang untuk nulis... T_T

Lha terus ini tiba-tiba nulis kenapa? Ya istirahat sejenak dari tanggungan-tanggungan yang harus dikerjakan.. Mari kita refleksi diri ke beberapa minggu yang lalu...

Menengok sedikit jauh ke sekitar September - Oktober tahun lalu, saat aku masih heboh-hebohnya ngefans ama Wicked the Musical, terbersitlah ide untuk ikut conference ke USA dengan motivasi: biar bisa nonton Wicked . Kebetulan "jatah" conference yang "gede" belum aku ambil, gara-gara tahun 2015 aku paceklik paper. Bismillah, saat itu jadilah satu paper, dikirim mepet deadline. Aku yang punya kebiasaan berdoa kapan saja di mana saja lewat apa saja (ide tulisan #1), bahkan sempat menuliskan harapanku di salah satu tulisanku untuk Blog English Club tentang Future Perfect Tense: "I plan to go to USA next year. When I travel there, I will have been to ten countries." 

Aplikasi dana conference yang biasanya buka bulan Desember, tetapi entah kenapa sampai Maret pengumuman tak kunjung muncul! Mulai heboh dan akhirnya cari dana lain kesana kemarin. Berbarengan dengan itu aku mulai siap-siap lamar visa usa yang sebelumnya harus diawali: ganti paspor. Karena syaratnya, setelah tanggal kedatangan di usa, paspor masih harus berlaku minimal 6 bulan. Padahal punyaku dan Hanif akan habis kurang dari 6 bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di usa. Ganti pasporku ga masalah, tapi ganti paspor Hanif yang ga bisa langsung karena paspornya dia masih lama masa berlakunya. Aku balik lagi sebulan kemudian sambil bikin surat pernyataan kenapa butuh penggantian paspor padahal masa berlaku masih lebih dari 6 bulan. 

Sempat ada ide tulisan ringan tentang cara murah untuk pas foto visa dan paspor (ide tulisan #2) karena beberapa kali urus visa, aku dan Irfan selalu pilih jalan berbeda . Irfan yang cenderung berhati-hati, selalu menggunakan jasa yang memang mengkhususkan untuk jasa foto paspor dan visa, di mana harganya lumayan mahal (sekitar AU$ 25 - 40 untuk 6 pas foto tanpa file). Sedangkan aku yang dari kecil entah kenapa selalu irit bin medit selalu menggunakan foto yang difoto sendiri dan dicrop, lalu dicetak biasa dengan harga 20 sen per lembar (bisa jadi 6 - 8 pas foto  *elus dompet). Alhamdulillah usaha pengiritan ini sudah terbukti berhasil, at least dari pengalaman apply visa Schengen, lalu untuk foto paspor baru, dan yang terakhir ini untuk apply visa usa (sengaja ditulis pake huruf kecil, biar ga kentara, hahaha...).


Oiya jadi inget, sejak dulu pengen bikin tulisan semacam cerita seru ngurus visa Schengen lewat Kedutaan Perancis (ide tulisan #3) di mana apply visa Schengen lewat negara yang berbeda ternyata susah/gampang nya juga beda. Dan karena tahun lalu ada beberapa temen yang apply lewat negara beda-beda, jadi kita tau beda-bedanya seperti apa n gimana triknya. Tapi ya gitu deh setahun berlalu dan ternyata belum kesampaian tulis itu. At least aku udah berbagi cerita tentang salah satu "kesulitan" kalo mau apply visa Schengen lewat kedutaan Perancis (di Australia): harus ada label visa di paspornya. Waktu itu kita bayar AU$ 150 untuk 1 paspor. Oiya kemarin sempet baca di kantor imigrasi, bahwa label visa ga akan diterbitkan lagi. Jadi mungkin persyaratan dari kedutaan Perancis beda juga kali ya. 

Terus yang namanya tambah pengalaman... berarti bertambah juga kan ya cerita yang bisa dishare ke orang lain.. Termasuk bagiku pengalaman urus visa usa (ide tulisan #4) ini.. yang dulu kalo denger cerita katanya susahnya amit-amit, eeeeh ternyata menurutku gampang banget dan ga ribet loh! Wuh jauh lebih ribet urus visa Schengen dah. Wawancaranya ga dimintain dokumen apapun. Bandingkan dengan visa Schengen yang minta segala macem tercetak (dan tersertifikasi, kalo apply lewat kedutaan Perancis). Walaupun ada juga cerita lain misalnya orang yang dari negara lain ternyata agak susah juga apply visa usa (terbukti dengan aplikan yang antre wawancaranya di depanku.. makanya aku bisa tau n denger dia dimintain apa aja... dengan tujuan yang sama kayak aku -conference- tenryata dia dimintain macem-macem termasuk abstract papernya dia... dan pengabulan permohonan visanya ditunda... sedangkan aku yang antri sesudahnya, ga dimintain dokumen apa-apa, ga sampe 5 menit dibilangin "your visa has been approved blablabla...

Terus terus terus... ngapain lagi? Woh ya heboh lah setelah visa oke langsung cari-cari tiket dan akomodasi... yang mana lumayan sport jantung juga.. tapi ga jadi ide tulisan sih hahaha... 
Nah di saat yang bersamaan, aku juga lagi garap thesis, dengan rencana submit akhir Agustus nanti. Itu pun masih heboh disambi persiapan conferencenya kan. Setiap libur n setiap hari Sabtu aku selalu ke kampus untuk nggarap. Nah di tengah-tengah garap ini mulai terdengar gonjang ganjing kalo grup risetku mau ditutup oleh kampus. Oya sempet pas pulang dari wawancara visa di City aku ketemuan ama salah satu staf grup ku n tanya-tanya. Katanya sedang diusahakan, tapi mudah-mudahan tetep buka. Oke deh. Eeeeh lha kok, terdengar rumor kalo superv1s0rku mau mutung! Aku pun garapnya semakin full speed, sampai sempet sakit segala. Karena tampaknya ga nututi kali aku serahkan draft semua bab, aku nyoba nyelesaikan sampai bab 3 aja. Aku masih inget itu hari Jumat aku masih ngeprint, spv ku liwat di belakang sambil nyapa how are you.. abis aku selesai ngeprint, aku bawa ke kantornya dan jreng jreng.... kantornya kosong ga ada barang-barang apa-apa? APAAAAA???

Aku sempet ngeblank n akhirnya ngibrit ke rumah bu Nani (mungkin nama sebenarnya), sesama mahasiswa PhD juga. Cerita-ceritaan di sana, tiba-tiba terima email forward-an dari co spv ku, yang bilang kalo spv ku ternyata mengundurkan diri dari uni terhitung mulai 1 Juli, tapi dia ambil cuti jadi hari terakhirnya adalah hari Jumat itu. 

APAAAA????

Ck ck ck.... padahal udah lama banget loh aku pengen bikin tulisan di blog seriusku yang seputar PhD tentang "Pilihlah supervisor seperti memilih jodoh" (ide tulisan #5) ya yang isinya berbagi pengalaman aku n suamiku (n temen-temen lain) gimana supervisor itu sangat mempengaruhi studi kita. Lha piye iki belum kelakon nulis itu spv ku malah udah mutung duluan. Tentu saja timbul rasa mangkel dan kecewa dalam hati terhadap spv ku ini, termasuk rasa penasaran juga, dan akhirnya muncul ide untuk menulis tentang lo, gue, end! IQ vs EQ, cerita nyata dari studi saya (ide tulisan #6) di mana aku (yang masih mangkel saat itu) menganggap spv ku ini oke lah IQ nya mungkin tinggi tapi EQ nya kagak! Ya iyalah masak mahasiswanya ditinggalin gitu aja, dibilangin pun kagak! Ya namapun waktu itu masih kaget dan mangkel yak... Sekarang ya berusaha positive thinking aja..

Eh iya jadi lupa, kelanjutkan yang dana conference yang tak kunjung dibuka tadi gimana? Jadi ceritanya lalu aku apply dana sana sini entah gimana.. Akhirnya di bulan Maret aplikasi dibuka dan aku pun daftar. Alhamdulillah aku dapet dananya, karena kan memang "jatah"ku belum pernah aku ambil. Eh dan di bulan Juni ada berita gembira kalau aplikasiku yang tadi "asal apply sana sini" itu pun dapet! Aku lho waktu itu sampai lupa kalo pernah daftar itu... Alhamdulillah jadi ini ada tambahan dana... Aku sadar banget itu hikmahnya... karena dana aplikasi uni yang biasanya dibuka Desember ternyata ga buka-buka, aku jadi apply yang lain.. malah dapat dua-duanya.. Coba kalo dana uni dibuka Desember seperti biasanya, aku pasti ga kepikiran apply yang lain... Cerita selalu ada hikmah ini juga jadi ide tulisan #7 yang belum kelakon ditulis ampe sekarang :p.

Terus terus terus... apa lagi yaaaa? Ya intinya walaupun spv ku ini udah ga nongol tapi kan secara resmi dia masih terikat kontrak, jadi oleh co spv ku aku disuruh nyelesaikan draft semuanya sebelum Juli! Hiks iya jadi ini dipercepat semuanya, heboh deh.. Dan hari ini barusan kirim draft semuanya (walaupun masih kasar dan belum diperbaiki, yang penting pokoknya ada yang dikirim lah). Hehe makanya bisa istirahat sejenak dan tulis blog untuk update (dan untuk pengingat aku sendiri..).

Ini pun masih dibarengi persiapan conferencenya sendiri, perintilah sekolahan Hanif (ya pasti selalu ada ya perintilan-perintilan macam gitu), plus perintilah perpanjangan visa Irfan dan Hanif yang bakal habis sebentar lagi. Urus terus rauwis-uwis!!
Oiya jadi inget pengen tulis posting juga tentang bekal makanan hangat untuk anak sekolah (ide tulisan #8), berbagi pengalaman Hanif pake termos makan insulated Skiphop (yang lalu baru nyadar.. .kalo di Indo kan udah panas cuacanya, masih laku ga ya aku nulis tulisan macem gitu? wkwk...).

Oke sampailah kita ke update terdekat yaitu minggu lalu... Minggu lalu ini tiba-tiba mesin cuci kita rusak, owalah belum kesampaian nulis tulisan Beneran, Saya Mencuci Di Dapur! (ide tulisan #9) -yang cerita gimana emang selama tinggal di sini aku harus geret-geret mesin cuci ke dapur tiap mau cuci, karena ga ada space di rumah(!)- lha ternyata mesin cucinya udah rusak! Terus hari Sabtunya kok ya Hanif sakit muntah-muntah seharian yang semakin bikin runyam karena ga bisa nyuci padahal sprei sarung bantal dkk kena muntahan. Sambil Irfan berusaha benerin, akhirnya kita beli mesin cuci second untuk sementara aja. Kegiatan benerin mesin cuci ini pun jadi ide tulisan juga, hahaha... tentang aku yang orang elektro, belajar mesin listrik tapi cuma paham teorinya aja, pas ditanyain ini mesin cuci rusak kenapa aku kagak tau hahaha.... dari dulu pengen tulis tulisan yang berbau-bau elektro (ide tulisan #10, 11, dst... :p) biar terasah gitu lho ke-elektro-annya... :p.. Dulu juga sempet pengen tulis tentang Kuliah ga sesuai minat? Saya ini contohnya! Baca akibatnya! (ide tulisan #12) wkwkwk...

Yah kira-kira begitulah rekaman kejadian yang kita alami beberapa minggu yang lalu.. Semoga segera bisa menulis lagi di sini n di BEC... amin...





11 comments:

  1. Akhirnyaaa..... setelah menanti begitu lamaa.. muncul lah tulisanmyuuu ini :) hayuuk laah ditunggu post2 berikutnya dari ide2 kamyuu. *btw, banyak yaa ide-nya, bow. lagi produktif walopun ditinggalkan spv kayanya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah tadi begitu draft thesis terkirim langsung membabi buta bikin postingan.. insya Allah hbs ini mau bikin postingan utk BEC :D

      Delete
  2. apapun sebenarnya bisa jadi ide postingan blog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba!! wah dah lama ga nengokin bloge mbak nyonyah :D
      meluncur ke TKP yaaaaa.... :3

      Delete
  3. Hai mba Vita. Berasa lagi ngobrol langsung baca blog postnya yang ini. Ringan, mengalir, dan seru... hehehe

    Banyak ide yang mucul juga ya ternyata...

    Salam hangat mba Vitaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haluuu mb Zia... salam juga :)
      ah jadi ingat banyak blog-blog yang belum dikunjungin lagi ternyata :S termasuk blognya mb Zia

      Delete
  4. Ide tulisan bisa datang dari mana aja ya mbak Vita.

    itu siapa yang lagi booming dengan judul dan isi gak nyambung? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha... maksudnya model judul seperti itu kan lagi booming.. kalo yg ga nyambung ama isinya ya post saya ini heheheh...

      Delete
  5. No wonder pas uripku nnag houston lg seru2nya itu, kita jarang chat. Riweuh dewe2. Aku ngurus anak, kau ngurus sekolahmu. Trs akhire ya apa kabar spv dan kelulusanmu itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. uripMU maksude. Maab ngetik dr HP.

      Delete
    2. lho ane dinyatakan lulus bln oktober gan :D alhamdulillah. juni ini dikirim ijazahnya

      Delete