Sunday, 1 May 2016

Bekal Makan Anak untuk Sekolah

Hidup emang katanya proses belajar tak henti-henti yes.. Kalau ibaratnya beberapa tahun yang lalu aku masih tahap pemula alias belajaran untuk masak-memasak, sekarang ini lumayan lah, mungkin udah level intermediate mendekati advanced yes?  Yang dulu mau masak pusing mikir dulu mau masak apa terus sibuk liat contekan sekarang mah ga usah... Kan udah apal... Nah tapi di sisi lain sekarang aku memulai proses belajar untuk hal baru: bekal sekolah anak... Sejak hari pertama dia sekolah aku emang pengen bikin dokumentasi pernah bawain bekal apa aja. Kelak kalau levelnya dah advanced mungkin ya ga usah bikin gini-gini lagi kali ye... "Kan udah apal..." 

Kotak bekal bersekat

Dulu di post ini aku pernah cerita sedikit tentang kotak bekal Sistema ini. Namanya Sistema Lunch Cube, bentuknya emang kayak kubus. Kalau dibuka, ada kompartemen di sisi kanan dan kiri. Yang di sisi kanan dipisahkan lagi oleh satu sekat. Sebetulnya aku udah punya banyak kotak bekal tapi emang pengen punya yang bersekat untuk Hanif, karena di sekolah ada 3 kali waktu makan, yaitu Crunch and Sip (sekitar jam 10 lebih, khusus untuk makan buah / sayur), Lunch, dan Recess (disarankan buah). Jadi daripada ribet bawa banyak kotak, aku pengen Hanif cukup bawa satu aja. 

Oke jadi apa aja bekal yang aku bawain selama ini?

Bekal hari pertama: 4 sausage rolls, anggur, rice crackers.



Roti tawar, keju stik, kismis, susu cokelat.


Ini penampakannya kalo ditutup. Jadi malik semua? Cencu saja.... wkwk...


Jeruk navel potong, roti tawar, mini meat pie.


Sushi, hampir selalu habis kalau dibawain sushi (ini belum dimasukin ke kotak bekalnya ya :p).


Chicken nugget bentuk huruf, spinach quiche, rock melon potong, jeruk mandarin, kurma.


Ini penampakan setelah kotak bekalnya ditutup. Numplek? Cencu saja... xD ga masyalah..


Jeruk navel potong, muffin jagung-wortel-keju rumahan, pop corn.


Jeruk navel potong, kurma, roti tawar, roti tawar kismis.


Pisang, chicken nugget, fish tofu, wortel potong, keju stik (belum dimasukin ke kotak :p)


Roti tawar wholemeal isi keju, strawberry, anggur.


Eaaa.... kemarin habis baca-baca di blog orang yang udah bikin bekel bertahun-tahun... wakakak... tampak pemula bangt aku ya? Makanan yang dibawain masih banyakan yang produk jadi (frozen atau processed food). Ya kan masih belajaran. Oya ini aku mau nyoba tahap belajaran selanjutnya: bawain bekal makanan hangat. Kemarin pemicunya adalah, menjelang musim dingin ini, makanan yang aku bawain dimakan lebih dikit dari biasanya! Dipikir-pikir iya juga kali ya... kalo cuaca dingin gitu di luar, terus bekel makan siangnya roti-rotian (yang mana udah dingin n kaku gitu kali ya) ya ga enak juga kan. Nah kemarin-kemarin akhirnya searching n googling n udah beli "termos makan" / insulated food jar punya Skiphop (harganya lumayan yaaaa T_T). Nah mari kita tunggu petualangan selanjutnya dengan bekal makanan hangat..

Btw, list di bawah ini sejak aku bawain bekal emang rajin aku update tiap hari.. Kalo sempet dikasih-kasih komen, habis apa nggak makanannya, hahaha lebayyy... emak-emak sekaleee... tapi itulah.. perasaan membuka kotak bekal anak saat dia pulang, sambil harap-harap cemas, lalu melihat kotaknya kosong makanan habis tak bersisa, adalah salah satu perasaan terindah di dunia ini *super lebay  *iya kalo kosong karena dimakan, lha kalo karena tumpah atau yang lainnya gimana?  wkwk..


Childcare (dulu sempet ada 2 hari lunch box day untuk persiapan sekolah)
1. Sausage Roll + Apel Potong
2. Ikea's GRĂ–NSAKSKAKA + Corn Thins

Sekolah

Feb: w2
1: Sausage Rolls, anggur [habis], rice crakers [habis]
2: Sausage Rolls, Pisang [habis], Stik Keju [makan satu]
3: Roti tawar isi meses, roti tawar kismis, apel, rice wheels --> habis semua! Sama di lunchbox nya ada item-item kayak pasir atau tanah gitu -____-
4: Roti tawar isi keju, roti tawar kismis, pisang, rice wheels.
5:  Roti tawar kornet, roti tawar meses, susu coklat [habis], keju stik, kismis

w3
8: Pizza [ga dimakan blas xD], anggur hijau, rice wheels
9: Roti tawar isi kornet, anggur hijau, apel
10: Homemade beef n green peas nugget, roti tawar vegemite, apel, jeruk [buahnya g dimakan blas..]
11: Roti tawar gula halus, roti tawar meses, susu coklat, corn thin. Udah goreng fish fingers tapi lupa masukin ke lunch box -_-.
12:

w4
15: Garlo's Mini Pie 2, croissant 1, anggur merah, rockmelon
16: Garlo's Mini Pie 2, croissant 2, pisang, crackers
17: Martabak mini, croissant 2, pisang.
18: Chicken nugget [habis], croissant 3, pisang.
19: Southern style chicken nugget, roti tawar vegemite 2, pisang lagi :D

w5
22: Roti tawar keju lembaran, roti tawar meses, anggur hijau [habis], jeruk kecil (Mandarin) [ga dimakan]
23: Pancake baby spinach bentuk smiling face [habis, dan kata Miss Godfrey lucu], corn thins [habis], stik keju [ga dimakan], anggur [gak kelong?]
24: Macaroni schotel tuna, jeruk kecil Mandarin 2, keju stik, corn thins.
25: Mac schotel tuna, chicken nugget, roti tawar crunchy, jeruk kecil Mandarin, anggur.
26: Pastry keju bayam, corn thins, anggur, jeruk kecil Mandarin.

w6
29: Roti tawar isi keju, roti tawar isi meses, corn thins, anggur merah berbiji -_-
1Mar: Crumpet madu dan keju parut, anggur merah berbiji, kismis
2: Martabak mie (semoga tahan pedesnya! T_T update: ternyata lumayan banyak makannya! telurnya malah ga dimakan), telur rebus, apel 2 potong, anggur berbiji
3: Corn n baby spinach fritter (alias dadar jagung bayam), chicken nugget 3, anggur berbiji, keju stik
4: Battered fish, roti tawar mentega, apel, kismis.

w7
7: Crumpet keju + gula halus, pisang (cuma 2 macam :D).
8: Mini meat pie 3, pisang. Semua habis.
9: Mini meat pie 3, pisang :D.
10: Schotel kentang brokoli, anggur hijau. *Harmony Day (ga dimakan.. kayake makan di piknik)
11:  Schotel kentang brokoli, mini meat pie 1, anggur hijau.

w8
14: Mini pizza 2, roti tawar peanut butter (lupa! kebawa), apel potong.
15: Roti tawar kismis, mentega, jeruk, popcorn
16: Sushi salmon, apel, corn thins (cuma sisa apel 2 potong! Hebat! Berasnya khusus untuk sushi soalnya..)
17: Chicken nugget huruf2, kacang polong, corn thins, apel.
18: Sushi salmon, corn thins, jeruk potong.(Lagi-lagi habis semua! :D)

w9
21: Chicken nugget huruf2, kentang digoreng, jeruk potong. (hari ini seharian hujan deras). (Habis semua, cuma sisa kentang 2 potong).
22: Muffin wortel madu, jeruk potong, popcorn.
23: Chicken nugget huruf2, kentang digoreng, apel. (Bekalnya warna kekuningan semua :D).
24: Roti tawar meses, roti tawar madu, kiwi, popcorn.

w10 (Easter holiday on Friday and Monday)
29:  Roti tawar pizza, roti tawar kismis, pisang.
30: Idem :D
31: Kok lupa ya :p Ini pas Irfan submit soalnya. Kayaknya buahnya anggur.
1: Roti tawar kismis, pisang, rice wheels (agak lupa)

w11
4: Roti tawar kismis, roti tawar vegemite, kurma :D, jeruk potong
5: Mini meat pie 1, roti tawar selai strawberry, roti tawar vegemite, kurma, jeruk potong.
6: Mini meat pie 2, roti tawar selai strrawberry, jeruk potong.
7: Mini meat pie 3, wortel batangan, jeruk potong.
8: Mini meat pie 3, kurma 5, apel potong.


Autumn Break!
11: KK vacation camp: roti tawar keju, roti tawar selai strawberry, lupa masukin chicken nugget! T_T, pisang, Shapes Crackers. 
12: C vacation care: roti burger Baker's Delight, chicken nugget 6, pisang 1.
13: C: roti tawar vegemite, roti tawar mentega, sosis goreng, pisang, shapes crackers.
18: C / excursion to M Bowling: roti tawar kismis, roti tawar isi meses, spinach quiche, pisang, shapes light crackers.
22: C: sushi salmon 8, milk chocolate & dark chocolate, pisang, shapes light crackers, ritz crackers.

Term 2!!
27: Roti tawar kismis, spinach quiche 6, kid size mandarin, anggur hijau.
28: ?? (bapake yang nyiapkan) Mac broccoli n cheese, roti tawar kismis, mandarin.
29: Spinach quiche, chicken nugget huruf, kurma, rockmelon, kid size mandarin.

w2
2May: bola udang wortel roti tawar goreng, roti tawar selai strawberry, anggur hijau, kid size mandarin.
3: chicken nugget 3, fish tofu 4, wortel potong, keju stik, pisang.
4: nasi krawu + abon (nasi krawu? Ini SD di Gresik apa Ostrali sih? xD Btw, perdana pake termos makan Skiphop ^^), pisang, popcorn.
5: nasi kuning + telur dadar + abon, pisang, shapes light crackers. (The nasi kuning was a bit hit! xD mengutip kata-kata mbuh siapa. Pas pulang dengan bangga Hanif nunjukkin "Look look it's almost finished" dan emang tinggal dikit :D). Dia juga mengkonfirmasi bahwa shapesnya ga dimakan.
6: Indomie goreng (wakaka.... kalo kata orang2 "everybody's favourite poison) + wortel parut + telur dadar, jeruk navel potong, shapes light crackers.

w3
9: Indomie rebus + kacang polong + telur (kok indomie terus yak dari kemarin? xD), pisang, kismis.
10: Garlo's beef mushroom pie (yang gede, Hanif sendiri yg pilih -_-, kayake gara-gara habis bikin "menu" yang ada beef mushroom pie nya), jeruk navel potong, anggur merah.
11: Garlo's lean beef pie (yg gede lagi :D), jeruk mandarin, anggur merah.
12: croissant 2 plus pancake yang dibeli sepulang dari visa interview di US consulate :p, pisang.
13: Lupa! xD

w4
16: bubur (kaldu) ayam + irisan telur dadar (gaya banget bekelnya!! xD), semangka, mini Ritz crackers. (buburnya habisssss! :D good...)
17: nasi putih + kornet, semangka, mini shapes crackers. (Ini nasinya tinggal sedikit juga, horeeee!! :D)
18: bakso kuah + nasi (3 bakso dipotong-potong), timun & wortel potong (aku ga punya buaaaah T_T), mini shapes crackers. (update: ternyata nasinya ngembang, jadi kyk bubur! Jadi Hanif makannya ga banyak. Dah gitu nutupnya food jar ga rapet, jadi tasnya basah T_T *untung gampang dibersihin*)
19: nasi putih + kornet, semangka, mini shapes crackers. Ga ada bahan n ga sempat nyiapin yang aneh-aneh soalnya, hahah..
20: nasi putih + kuah soto saja (ga sempat goreng ayam sotonya.... T_T), apel potong, muesli bar Uncle Toby's. (update: Nasi sotonya laris hampir habis! Hahaha Hanif kayaknya suka yang model-model gini deh).

w5
23: Sushi salmon, pisang, wheels rice crackers.
24: Spinach wrap isi sosis, keju, selada; jeruk navel potong; wheels rice crackers.
25: Sosis gurita (Expectation vs Reality: Gurita lucu vs Monster xD), roti tawar + butter + nori dibentuk mata (jadi hari ini tuh niat bento-bentoan gitu lah... apa daya ga telateeeen!! xD), pisang. Sama wheels rice crackers yang kemaren belum dimakan. Terus gara-gara liat duit geletakan di kamar akhirnya anaknya malah minta duit jajan -___-. Akhirnya dikasih 20 cent buat beli jeli. (update: bekalnya ga terlalu laku! Tapi emang pas aku makan, ga enak ya, kan dingin gitu. Terus katanya duit jajannya dipake beli popcorn hahaha...)
26: Bubur kaldu sapi + sosis dadu, pisang, jeruk mandarin, wheels rice crackers yang masih belum dimakan juga "D (tapiiiiii... ini kayake  mbuh Irfan nyuci pancinya kurang bersih.. Jadi pancinya itu habis aku pake masak sambel.. Walhasil buburnya agak-agak pedes T_T. Tapi semoga Hanifnya ga kerasa yaaa... -_- :D )
27: Nasi putih + sosis goreng + kecap, jeruk navel potong (lupa masukin biskuit / crackers -_- :D )

w6
30: Mie goreng + irisan telur dadar, rockmelon, wheels rice crackers.... hatchi! -_-
31: nasi + soto daging (semoga tetep enak ya.... :S), anggur, popcorn caramel :D (update: Alhamdulillah dagingnya dimakan beberapa... dan ternyata popcorn nya dia ga terlalu doyan, katanya terlalu manis :D)
Jun1: spinach quiche 6, roti goreng isi keju 2, anggur.
2: Ikea's broccoli coin, anggur.

w7
(First day of Ramadhan! :D )
6: Roti tawar wholemeal isi keju slice, strawberry, anggur.
7: Mini meat pie 3, anggur.
8: Nasi + bakso kuah, jeruk navel potong, fruit puree dalam kemasan.
9: Nasi goreng telur+wortel+jagung+bawang daun :9 :D, apel potong, wheels rice crackers.
10: Spinach quiche, pisang, wheels rice crackers. Lunch order: chicken n corn roll.

w8
14: (Tue, yesterday was queen's Bday holiday. Btw, Hanif habis sakit! Alhamdulillah hari ini mulai baikan dan bisa sekolah :D). Pisang, Jumpys snack pack (potato chips). Lunch order: chicken n corn roll 2.
15: Mini meat pie 3, jeruk navel potong, Le Snak crackers. (update: snacknya ga dimakan! Usut punya usut, ternyata dia jajan Uncle Toby's Roller di kantin -_-)
16: Nasi putih + tumis daging sayur (mudah-mudahan dimakan!! Amin!!), jeruk navel potong, Le Snak crackers yang kemaren.. Trus hari ini minta 50 sen lagi buat beli Roller -____-.
17: Roti tawar wholemeal isi keju & susu kental manis, apa lagi yaaaa? Lupa :p

w9
20: Wrap isi keju & sosis, dry apricot, Sakata seaweed rice crackers.
21: Nasi kebuli (gaya banget xD . Ini sisa nasi kebuli dari acara iftar Bangladesh di kampus kemaren. Terus nyobain insulated food jar nya Kmart yang baru beli Minggu kemarin :p.), dry apricot, Sakata seaweed rice crackers.
22: Wrap isi sosis & saus tomat, apel kupas potong, corn chips.
23: Croissant 2, cheese wedge, apel kupas potong, jumpys potato chips.
24: Dumplings udang n sayuran (yang terus dia muntah-muntah (!) -______- , trus aku lupa buah n snacknya apa ya? :/

w10
27Jun16 :D : Roti tawar isi selai, isi vegemite, pisang, Le Snak
28Jun16: Pisangnya kemaren ga dimakan! -_- alasannya ga bisa ngupas kulitnya. Terus si bocah pesan pisangnya minta dipotong-potong tapi ga usah dikupas (mirip penyajian di childcare dulu dan school care nya sekarang). Hooo oke... memang kemarin sempet janji gitu, tapi aku yang lupa :p). Jadilah hari ini bawa: Pisang dipotong-potong, roti tawar isi keju, beng beng (apa????? Beng beng??!! T_T hahahaha iya itu dapet dari acara buka bersama. Yowes lah yang penting ga ada kacangnya kan ya...)
29: Mie goreng + ayam + telur, pisang dipotong-potong, Le Snak.
30: Roti tawar butter, jagung bakar, chicken nugget.
1Jul: Apel kupas potong. Lunch order: chicken corn roll 2.

Link-link contekan sementara:






8 comments:

  1. Mantaap nyiapin bekal-nya yaa. mudah2an Hanif lahap makan-nya. Btw, kok bekal bwat Bapake gak dipoto juga seh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang aku foto2 juga kok... tapi ga ngerasa pengen/perlu didokumentasikan hahaha... kalo anak susah makan kan emang tricky yak..

      Delete
  2. Replies
    1. Gampil kok mba Noni.. Yg ribet perintilannya makanya biasanya langsung bikin banyak. Ayo2 coba yuk.. :3

      Delete
  3. keren2, menu nya lengkap dan bervariasi

    ReplyDelete
  4. Lho sosis yg kukomentari sebelumnya, ternyata made in Oz yaa

    ReplyDelete