Friday, 1 April 2016

Kemarin, kado ultah spesial, dan lari-lari

Yak fenomena menjelang winter yang selalu terulang: bangun waktu Subuh biasanya, ternyata  belum Subuh karena semakin lama matahari terbitnya semakin mundur (...yang juga selalu memunculkan pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut macam "kenapa waktu ibadah didasarkan pada matahari, lha yang dekat kutub atau di luar angkasa gimana.... dst dst...")  Ya syukurlah malah bisa curi-curi waktu tulis cerita tentang kemarin.

Kemarin
...Jadi kemarin ini hari yang cukup spesial, karena *drum roll* *jeng jeng* bapak Ipan mengumpulkan thesisnya!  Oya jadi di Ostrali sini, mahasiswa master / doktor (apa bachelor juga ya?) ga ngalami yang namanya "sidang" untuk menguji hasil risetnya / thesisnya / disertasinya. Pengujiannya dalam bentuk review thesisnya itu oleh 2 - 3 orang reviewer dan hasil pengujiannya pun disampaikan dalam bentuk tertulis. Hasilnya? Bisa dinyatakan layak lulus langsung, atau ada revisi (bisa minor atau major) atau harus mengumpulkan ulang (baca: garap lagi) atau ditolak (amit-amit). Jadi yang namanya kumpul thesis tidak sama dengan selesai / lulus S2 / S3 ya... *catet*



Kado ultah
Aku pernah punya keinginan ambisius: submit thesis saat ultah. Kebetulan ultah Ipan adalah akhir Maret (batas kumpul thesis semester 1) dan ultahku akhir Agustus (batas kumpul thesis semester 2). Ternyata oh ternyata, baru nyadar kalo ultah dia kemarin bukan hari kerja. Jadilah rencana ambisius itu tidak terlaksana... (padahal ya karena belum selesai juga, wkwk..).

Kemarin dimintai tolong ikut koreksi / proofread dan seharian nemenin, pokoknya. Ckck baca 1 thesis sekitar 150an halaman full makan waktu 3 jam! Dari jam 10 sampe jam 1 siang. Itu baca doang tanpa berusaha paham yak (lha wong emang ga ngerti ). Akhirnya kelar print-print, jilid, dan alhamdulillah ngumpulkan jam 4an. Haha hihi sampe lupa kalo ada Hanif yang harus dijemput . Padahal masih harus urus ini itu online, upload file scan-scan halaman tertentu dll -_-

 http://www.phdcomics.com/comics.php?f=1420
(Tak lengkap nyinggung-nyinggung PhD tanpa phdcomics . Source: http://www.phdcomics.com/comics.php?f=1420)


....Walhasil kita mepet banget jemput Hanifnya... T_T
Aku ga kepikiran jemput duluan karena ga nyangka habis kumpul thesis bakal makan waktu lama untuk urus proses onlinenya. Akhirnya kita lari-lari dari kantor ke parkiran. Dalam perjalanan, baru inget kalo biasanya jalan ke arah sekolah Hanif itu sering banget macet kalo jam pulang kantor. Dan ternyata bener, antrean sampe ke perempatan itu loh, hampir 1 km kali. Btw aku selama di Sydney ini hampir ga pernah ngerasain macet, lha wong rumah - kantor - sekolah semua deket 2 km an, terus kita kan keluar rumah bisa suka-suka pilih jam, ga harus jam kantor gitu.

Lari-lari
Akhirnya kita lewat jalan lain dan di perempatan lain kita putuskan jemput misah: aku pake kaki (alias lari T_T) dan Ipan bawa mobil. Hhhhh... sambil lari-lari itu aku inget-inget lagi, ini mungkin ketiga kalinya kita harus lari-lari gini gara-gara hampir telat jemput Hanif (10 menitan sebelum childcare tutup). Yang aku inget banget, dulu jaman Hanif di childcare, kita keluar dari parkiran mobil ternyata ada truk lagi berhenti (lupa waktu itu kenapa, loading barang mungkin?), jadi mobil-mobil dari parkiran harus brenti dulu nunggu... Akhirnya aku lari ke childcare Hanif X_X.

Yang kedua, waktu kita balik dari city habis berburu jaket murah (yang ternyata ga dapet, hiks, wkwk). Itu juga 10 menit sebelum childcare tutup, dan bisnya telat. Akhirnya Irfan yang lari-lari ke parkiran mobil dan aku nunggu bis.

Dan.... tiga kali itu, skor Ipan - aku adalah 3 - 0, alias selalu Ipan yang datang duluan, hahaha... Ya alhamdulillah kemarin Ipan sudah datang sebelum childcare sekolah tutup.

Nah sudah Subuh, mari kita tutup blog post ini lagi-lagi dengan ucapan alhamdulillah, hahaha... Semoga proses review thesisnya lancar dan bisa lulus PhD dengan sukses dan barokah, amin..

9 comments:

  1. Selamaaat Pak Ipan! Semoga lancar reviewnya dan semoga thesisnya Bu Vita bisa jadi kado pas hari ultah jugaa.
    Btw dari sample 3x selalu Pak Ipan yang datang duluan (ato kalo sebelumnya 2x ya) kenapa dirimu tetep lari (di percobaan ketiga) dan apakah akan lari di percobaan berikutnya? *halah penting banget dibahas. padahal lek aku yo bakalan podho wae misah satu lari satu nyetir. hahaha. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha.. podo kan? hahaha...

      Tengkyu2 Dan :D

      Delete
    2. mungkin karena Vita kurang pede menyetir buru2? :D # cari alesan

      Delete
    3. Eh ada Irfan hahaha.. ya betul itu salah satu alasannya :D

      Delete
  2. Hai Mba Vita, salam kenal. Selamat ulang tahun untuk Mas Ipannya. Btw suka dengan komik PhDnya soalnya jadi mengingat kenangan beberapa tahun yang lalu, hehe. Good luck with your thesis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Wien & terima kasih :D
      Wah wah jadi ingat kenangan apa nih :D

      Delete
  3. Eh ada Bapake itu nulis komen yaa?! hehehe.. berasa diomongin doi :D Sukses ya Mas Irfan, semoga lancar review thesis-nya! hoho, sok kenal banget gw yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu ceritanya dia pake laptopku -_- heuuu
      btw, kemane aje jeng....

      Delete
    2. Jeung Vitaaa, kangen akyuuu mau WA-an sama kamyuuu. lagi sibuk apa dirimyuu?

      Delete