Friday, 1 January 2016

Nonton Kembang Api Sydney Harbour Bersama Balita :D

Nah... sambil menunggu detik-detik pergantian tahun, marilah kita sempatkan ngeblog :p.

Nggak terasa ini adalah malam tahun baruku yang keempat di Sydney ini, dan mungkin jadi yang terakhir sebelum kita pindah kembali ke Indo tahun depan, insya Allah. Nah makanya Irfan udah wanti-wanti kita harus menyempatkan diri nonton acara kembang api di Sydney Harbour, yang konon salah satu yang terbagus di dunia lho.. Sydney Harbour (satu paket ya, sama Harbour Bridge dan Opera House) ini lokasinya kan berteluk-teluk gitu, dengan jarak yang dekat, jadi bisa dibayangkan seperti apa bagusnya. Memasuki tahun keempat ini aku aja belum bosen jalan-jalan naik ferry, liat-liat pemandangan, dan siang-siang aja indah, bayangkan seperti apa kalau malam.


Gambar dari: http://www.sydneynewyearseve.com/ . Besok-besok kalo gambar ini udah ga muncul lagi, googling aja ya, "Sydney New Year's Eve" :p





Coba zoom sekali untuk melihat Sydney Opera House di tengah-tengah, di sebelahnya ada Harbour Bridge.

Seperti biasanya, sebelum kembang api jam 12 malam, ada "kembang api hiburan" (((kembang api hiburan))) xD jam 9 malam sekitar 15 menit. Ini memang istilahnya "family friendly fireworks", untuk keluarga dengan anak-anak kecil (dan orang tuwek?) yang ga kuat nunggu sampe jam 12 malam. Nah kita mau nonton yang ini aja. Kita rencanakan berangkat santai, jam 7 malam dengan tempat tujuan sekitar Milsons Point (kalao di peta tadi, di sekitar Kirribilli). Ada banyak titik untuk nonton acara kembang api ini, dan titik-titik strategis tentu saja butuh perjuangan lebih, Baca pengalaman temen kita mbak AR yang udah "jaga" spot strategis sejak tanggal 31 Des jam 6 pagi! Zzzzz....

Kita bertiga naik kereta, turun di stasiun Milsons Point, bersama buanyaaaak orang lain. Gerbang stasiun yang biasanya harus "dibuka" pake tiket kita, bebas dibuka untuk dilewati orang tanpa harus menyentuhkan tiket. Keliatan nggak sedikit keluarga-keluarga kayak kita, bawa-bawa stroller bahkan dengan anak / bayi yang lebih kecil dari Hanif. Sampai di Kirribilli pun ternyata ada antrian puanjang banget untuk masuk bagian tamannya,

*berenti sejenak liat acara kembang api jam 12 malam di TV. Wah ternyata blog post nya belum selesai, udah kadung ganti taun ini, wkwk.... Selamat tahun baru 2016!*

Oke lanjut.... zzzzz.... T_T wkwk...
Di Kirribilli kita ga ikut antre untuk masuk taman gedenya, tapi jalan terus ke jalan kampung gitu. Nggak sedikit juga orang-orang yang kayak kita. Sampai sana, nyampe di ujung gang, lumayan banyak yang udah gelar alas duduk manis. Kita pun ikutan.

Spot kita, yang tampak cukup strategis. (...yang ternyata gak juga T_T huhuhu... ayo lanjut baca ceritanya). [Photo credit:bapake Hanif :D]

Eh iya itu di depan kita ada keluarga muslim juga. Berkesan juga nih. Pas waktu maghrib, bapake ganti baju sholat gitu terus dengan pedenya sholat di tengah-tengah kerumunan orang gitu, arahnya agak nyerong pulak. Kalo aku dan Irfan nih aliran sholat di tempat tersembunyi, pokoke jangan sampe menarik perhatian orang :D. Karena Isyak nya sekarang udah jam 10 malam kurang, Irfan sudah pede sholat sepulang nonton kembang api jam 9 ini.

Seru juga suasana lesehan bareng orang-orang ini. Belum lagi skyline pencakar langit Sydney yang bagus banget. Jadi kalau ada yang bilang "ah nonton di TV kan juga bisa" ya memang.. tapi suasana dan atmosfernya beda.. Ya mirip kayak konser musik lah.. Nonton di TV sama nonton langsung kan beda suasananya. Aku dan Irfan ternyata sama-sama kepikiran, apa diterusin sampe yang jam 12 aja ya? Ah tapi... 3 jam bok.. 3 jam lagi nunggu di situ, ini belum jam 9 aja udah kecium bau alkohol sama orang mulai mabok (teriak-teriak ga jelas) di mana-mana.. Belum lagi ga nyiapin perbekalan untuk Hanif selama 3 jam lebih (ya makanan, minuman, mainan, dll). Dan aku tuh paling males mikirin pulangnya. Pasti bakal sesek banget, uyel-uyelan rebutan yang mana orang ga peduli lagi mana yang bawa anak kecil mana yang orang sepuh dll, plus bau keringet n bau alkohol, dan orang mabok di mana-mana... (Ini bisa ngomong gini karena pengalaman yes... wkwk... Irfan 5x nonton kembang api taun baru Sydney ini, yang jam 12 malem yak, aku 1x jaman di Frankfurt dulu,, ).

Btw, sempet baca blog post AR tadi, katanya ada pemeriksaan tas karena dilarang bawa alkohol ya? Setauku itu di spot-spot tertentu aja? (cmiiw) Kayak yang di Coogee yang emang disebut family friendly itu tadi. Lha spot ku tadi kan spot "jalan kampung" (bukan resmi), jadi walaupun ada polisi keliaran tapi ga meriksain bawaan alkohol.

Oya. Terus gimana kembang apinya? Lha ini yang blunder, wkwk... Tepat jam 9, kedengaran suara dar der dar der, tapi ga keliatan kembang api! Wkwk... sempet loh kedengaran orang-orang bilang "Where are the fireworks?" terus pada berdiri sambil celingukan, zzzzz... Ternyata kebetulan yang pertunjukan jam 9 ini ga terlalu banyak kembang api yang dari Harbour Bridgenya, cuma 2 - 3 kali aja. Ya kelihatan sih kembang api bulat yang gede-gede itu, tapi ga terlalu deket. Tapi aku rasa spot ini bagus banget untuk nonton yang jam 12 malem, karena yang jam 12 itu buanyak banget atraksi yang dari jembatan (Harbour Bridge) nya itu. 

Selamat Datang di Sydney. Keliatan ya tulisannya? Bukan editan loh... 
[Photo credit:bapake Hanif :D]


Dan inilah pemandangan kelap kelip pencakar langit Sydney.. 
Sungguh tak jemu aku memandangmu :p wkwk
[Photo credit:bapake Hanif :D]

Kembang api air mancur xD (istilahe bapake Hanif). [Iya, ini difoto bapake Hanif juga.]

Pulangnya gimana? Ya ternyata banyak juga yang pulang setelah atraksi jam 9 ini kelar. Hanif sempet minta dibeliin glowing stick yang terus malah dikasih sama 1 keluarga yang full pake aksesoris glowing stick, hahaha.. seneng n berkesan yaaa. Pulang alhamdulillah lancar, penumpang banyak tapi ga sampe rebutan. Syukurlah juga langsung dapat bis. Nyampe rumah jam 10 lebih, maksud hati mau mandiin Hanif n langsung ditidurkan, ternyata kita kelaparan, akhirnya bikin mie dulu. Dan akhirnya Hanif dibiarin melek ikutan lihat kembang api yang jam 12, sambil aku tulis blog post hahaha. Tetep ya, dari rumah kita kelihatan dan kedengaran. Dan memang kayaknya bakal asyik banget lah nonton langsung dari sana. Tapi yah.. mungkin lain kali ya.. :D

Selamat tahun baru 2016 ya, semoga kita semua bisa jadi lebih baik lagi, lebih banyak menebar manfaat dan kebaikan, amin.. :D.



8 comments:

  1. Selamat Tahun Baru 2016! Amin, smoga qt jd lbh baik ya. Be better in every single thing we do :) btw, jadi akhirnya Hanif msh melek sampe pgantian tahun ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. amin..
      Hanif masih melek dan sempet liat kembang api dari lantai 3 apartemen kita (emang keliatan jelas dari sini sebetulnya.. suaranya aja kedengeran). Habis gitu langsung tidur

      Delete
  2. I super love Sydney Harbour Bridge <3 thank u for this post <3

    ReplyDelete
  3. Bapake keren mbak :D shalat dikerumunan orang :))

    Waaaah, spotnya mantap :D beuh, kembang apinyaaaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spotnya mantap terutama untuk kembang api yang jam 12 malam :D . Dan kalau mau ke situ bisa nyantai, berangkat jam 7an, ga harus dari pagi2 :D

      Delete
  4. Vit, ini kalau mau follow blogmu piye tho? aku dulu punya blogspot, tapi kayaknya ga pernah follow sapa2, jadinya lupa haha.
    Kembang api memang selalu menyenangkan dilihat (menurutku) apalagi kalau ditempat yang indah seperti Sydney Harbour ini ya. Aku yang lihat dari balkon rumah aja sudah jingkrak2 kesenengan :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe emang ga ada tombol follow mbak di blogku.. tidak pede punya follower :p. Tapi temen-temen yg pake wp kayaknya pake feedly (kalo ga salah) utk follow blog selain wp

      Delete