Friday, 29 January 2016

Menggambar Bersama Hanif

Eh ternyata aku belum pernah tulis di sini tentang hobi Hanif (sekarang 4.5 tahun) menggambar ya.. Sudah agak lama Hanif hobi nggambar, mungkin 4 bulanan? *bentar,,, cek FB dulu :p * Oh ternyata sejak 6 bulan yang lalu mulai senang menggambar, dan kira-kira 4 bulan yang lalu gambarnya mulai keliatan bagus dan sering bikin kaget. Dan sempat ingin didokumentasikan di blog juga. Yak apa daya ga sempat ya.. T_T

Sampai sekarang Hanif masih suka gambar, dan kadang aku suka nemenin, ikutan gambar gitu. Aku juga sering liat-liat internet cari inspirasi untuk ide-ide gambar Hanif. Oya ada gambar Hanif pernah juga aku upload di post ini ya :D . Dia suka gambar apa aja dan macem-macem, kadang-kadang bikin kaget juga, lha kok bisa-bisanya gambar gitu. Ini macem-macem yang pernah digambar Hanif:

1. Bermacam-macam brosur, peta lipat, panduan / guide book, jadwal kendaraan umum
Kita kan suka ambil-ambil brosur dan semacamnya gitu ya. Itu suka diliatin sama Hanif terus digambar loh, hahaha. Kertas A4nya sama dia dilipet jadi 4 gitu, terus digambar. 

"Forest Guide" ala Hanif.




Brosur "Opera House Open Day" ala Hanif

Yang bikin kaget kadang-kadang, dia murni mengandalkan ingatannya dia lho. Jadi pernah pulang-pulang dari childcare, dia tunjukkin itu brosur Open Day Opera House yang dia gambar, padahal brosur aslinya ga dibawa ke childcare lho..

"
Bagian dalam brosur "Opera House Open Day", ada Stages, serta deretan kursi dan gambar bapak duduk sambil motret :D



Percaya gak, Hanif bahkan pernah minta dibacain brosur asuransi! Dia kan kalo duduk di troli pas belanja, suka ambil-ambil brosur gitu, nanti minta dibacain, beneran loh aku bacain itu brosur asuransi mobil, zzzzz hahaha... Terus besoknya dia bikin beneran loh brosur asuransi mobil xD.

2. Macem-macem kartu (kartu parkir, kartu diskon, tiket bis, kartu "internet" mbuh maksude opo, ID card untuk masuk kantor, dll...)


Itu tulisannya "Parking Ticket for Transport Bus" (huh?).
Kayaknya terinspirasi tiket parkir dan tiket bis. Tak lupa dia pilih bagian kertas yang ada logo UNSW nya, digunting, jadi kartunya ada logo UNSW nya :D.

3. Instruksi
Dia hobi bikin instruksi juga. Lengkap dengan gambar langkah-langkah, tanda panah, kadang dinomori. Mungkin ini karena dia sering main Lego (ada instruksi berurutan).

Salah satu instruksi yang dibikin di childcare. Gurunya didikte diminta tulis kalimatnya dia :D . Itu instruksi cara menggunakan mesin tik manual (iya, kami punya mesin tik manual untuk mainan Hanif :D ).


4. Random: prakiraan cuaca, buku menu, buku cerita, buku cerita mini, dll..
Nah, yang ini terinspirasi buku cerita tentang cuaca. Aku yang emang suka banget cari ide-ide baru untuk gambar Hanif, langsung semangat "Nanti bikin prakiraan cuaca yuk nif!". Dan inilah hasilnya:

Gambar Hanif yang di atas ya, yang di bawah gambar emaknya :D.
Dia bisa lho gambar benua Australia sendiri. 

Oya jadi ingat. Hanif ini patut kuacungi jempol kreativitas dan kemandiriannya. Jadi misalnya aku kasih pemicu / contoh gitu, misalnya kayak gambar prakiraan cuaca itu tadi, dia selalu nambahkan gambar / tulisannya dia sendiri. Jadi dia ga nyontoh plek ketiplek gitu, tapi pasti ditambahi yang lain. Itu di gambarnya dia variasi sendiri cuacanya, dan ditambahi keterangan tulisan :D. 


Menggambar Bersama Hanif
Nah beberapa ide gambar yang udah pernah aku cari dari internet di antaranya ide-ide menggambar dengan marker ini. Oya, kadang juga ide ini awalnya dari Hanif, lalu aku cari caranya di internet. Misalnya kemarin dia bilang bahwa dia bisa gambar jalan dengan cara gambar segitiga, katanya. Itu jalannya mengecil, katanya. Oh, aku ngeh, itu pasti gambar perspektif. Jadi hari ini tadi aku cari-cari gambar perspektif di internet, nemu ini, dan langsung dipraktekkan.

Itu yang di atas gambarku ya, haha... liat internet sekalian kasih contoh ke Hanif.
Yang di bawah gambar Hanif. 

Beberapa hal yang dia bikin beda dari gambarku:
1. Selain mobil, dia bilang dia gambar pemadam kebakaran juga.
2. Awalnya dia nangis / marah karena gambar rumahnya terlalu lebar celahnya. Tapi akhirnya malah tiba-tiba dia punya ide dikasih kotak pos (yang warna merah di pojok kanan). Hehe, good job nak,
3, Jalannya dikasih rambu lalu lintas, batas kecepatan 60 km per jam (di ujung jalan).
4. Ditambahi kabel listrik di atas... yang tiba-tiba ditambahin lagi gambar kereta gantung. Terus dia bilang ini kereta gantung yang di Perancis (saat kita dulu ke Grenoble). Good dia kok bisa inget yak.

Oya hal lain yang ide awalnya dari dia terus aku contohin, misalnya bikin menu-menuan (keseringan makan di luar kali yak? xD). Bikin buku cerita sendiri (dia juga bikin yg versi mini katanya untuk bonekanya :D ). Apa lagi ya.. Oiya, dia mudah sekali terinspirasi. Habis main-main buku "maze", dia bikin sendiri, wkwk.. Buku aktivitas/game juga gitu, setelah main, terus dia bikin buku game sendiri, aku jadi ngakak. 

Ya intinya sekarang kegiatan gambar bareng Hanif ini lumayan sering aku lakukan.. Aku sekarang sukanya itu aja sih, gambar bareng, baca buku, main Lego duplo masih oke lah. Asal jangan diajak main lego kecil-kecil! Hoh betenya itu loh kalo dia nyari satu blok yang spesifik padahal lego kecil-kecil itu ada serumah x( bete lah pokoknya. Gambar bareng ini juga aku manfaatin untuk ngelatih tangan kiriku, Aku kan pengen ambidextrous, hehe,,, pengen tangan kiri kanan lancar semua (kapan-kapan diceritain di sini). Jadi biasanya aku gambar-gambar sama Hanif itu pake tangan kiri.


Ini kemaren nemenin Hanif gambar. Kali ini bebas aja nak kamu gambarnya, soalnya ibu mau nyoba gambar The Force Awakens trio :3 (kalo gambar yang ini pake tangan kanan yes, rada niat soalnya xD )

Bonus foto :p 




8 comments:

  1. wow Hanif menggambar Sydney Harbour Bridge.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya bagus loh gambar Harbour Bridge ama Opera Housenya dia.. :D

      Delete
  2. Hiks, kok beberapa gambarnya gak muncul di komputer.. T-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok-besok mungkin ga muncul juga, hiks, hahaha.. Soalnya beberapa aku ambil linknya dari FB, besok-besok ada kemungkinan linknya berubah dari FBnya, dan eng ing eng hilanglah gambarnya wkwkwk..

      Delete
    2. pantesan gw bingung.. kenapa giliran gw buka di new-tab, eh yang muncul kok FB. Apa maksudnya iniii? hiks! but aniwey... what a fine and talented young boy Hanif is :)

      Delete
    3. iya ;( aku masih belum memecahkan masalah ini.. jadi aku ga suka upload dobel.. kalo udah aku upload d FB suka aku pake di sini. tapi aku tau kalo bisa-bisa ga muncul gambarnya.. mohon maap harap maklum :D

      Delete
  3. imajinatif banget nggambarnya, kalo aku inget-inget dulu aku suka sailor moon pas tk ...aku juga jadi suka nggambar sailor moon ... XD gambar dan pewarnaannya bagus yaa nggak biasa O_O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah lupa pas TK ngapain aja xD hahaha...

      Delete