Tuesday, 5 January 2016

[Bukan Review] Star Wars VII - The Force Awakens

[Note] Yes, ini bukan review. Ini cerita biasa, tapi karena mengandung spoiler dan mungkin tidak berkenan bagi yang belum nonton The Force Awakens (TFA), jangan khawatir... di post ini spoilernya disembunyikan pake tombol spoiler bigsmile (yang ternyata susah mamiiihh... crycry)

Fans fanatik (Irfan) bigsmile
Jadi sejak awal/tengah tahun film terbaru Star Wars ini digaung-gaungkan ((digaungkan (?) )), Irfan, seperti layaknya fans fanatik lainnya, sudah menunggu-nunggu. Jadi ternyata suamiku ini dibesarkan oleh Star Wars to (Catet. Fakta-fakta pasangan anda, wkwk...). Dia nonton semua film, yang asli dan prekuelnya, sangat akrab dengan tokoh-tokohnya, punya Lego R2-D2 (yang bisa gerak beneran... mbuh Lego jenis apa itu.. Mindstorm ya?), Lego C-3PO yang kecil, lalu yang terbaru ini jauh sebelum filmnya keluar sudah beli Lego seri Rey's Speeder dan robot-robotan BB-8 (dan konon pengen nabung untuk beli Lego Millenium Falcon, ckckck...). [Ralat: Aku baru tau kalau ternyata saat itu dia belum liat prekuelnya. "Lho, katamu kamu udah nonton semua?" "Iya, 'semua' maksudnya yang original trilogy." "Lha itu bukan semua dong." "Lho iya.. Kala fans Star Wars beneran malah nggak nganggep prekuelnya" "......" -_____-
tapi akhirnya dia nonton lho, karena penasaran ingin membuktikan bahwa Rey adalah turunan Kenobi :P. Oke sekian ralatnya :p. Lanjut.]

Lha aku? Hahaha... ya Irfan lah aku tau tokoh-tokoh ajaib yang aku sebut itu tadi, wkwk.. Hubunganku dengan Star Wars hanyalah aku dulu pernah main game komputernya ama adikku, lalu aku punya buku musik Star Wars asli dari Jepang, jaman aku dulu di masih di Yamaha, menang kuis. Tentu saja aku akrab dengan main theme nya yang sangat terkenal, termasuk tokoh-tokoh utamanya macam Luke dan Leia (dan rambut cepolnya yang legendaris), Han Solo, Chewbacca, Darth Vader, plus robot-robot itu tadi. Tapi ya cuma tau aja. Ceritanya detailnya gimana, aku ga terlalu tau. Pokoknya tau kalo Luke itu anaknya Darth Vader. Dah itu aja.

Nah menjelang opening TFA ini kan dunia udah gonjang ganjing ya (bahasaku rek... wkwk..). Di hari-hari awal pemutaran TFA, banyak meme-meme di FB macam yang gambar Yoda bilang "Avoid the spoilers - May the force be with you" hahaha dan macem-macem dah. Awalnya Irfan nggak pengen liat trailernya sama sekali walaupun akhirnya ngalah (lha saking banyaknya) dan liat trailernya. TFA sendiri di Ostrali sini kalo ga salah mulai diputer saat udah libur, jadi aku udah bilang Irfan kayaknya baru bisa nonton bulan Januari (saat kita bisa nitipkan Hanif ke vacation care beberapa hari saja sebelum dia sekolah). Opsi untuk nonton bertiga sama Hanif ga terlalu menarik karena di sini film ini dapet rating M (Mature), dan kalaupun mau nekat ajak Hanif, sapa yang bisa jamin dia betah liat 2 jam?

Nah... nunggu sampe Januari ini mulai susah pas mulai banyak yang tulis-tulis status di FB soal TFA ini. Hahaha... aku inget Irfan lagi liat-liat timeline FB gitu terus ada temen tulis status check in di bioskop untuk nonton TFA. Terus ada ga sengaja terbacalah ada yang komentar: [spoiler] "they killed off Chewbacca".
Waaa... langsung stress suamiku, wkwkwk... Langsung lapor ke aku sambil sedih "Aku ga sengaja habis baca komentar orang yang ternyata spoiler... T_T [spoiler] Ada tokoh utama yang meninggal...

Terus habis gitu dia kapok dan mulai ga berani buka-buka FB lagi. Aku liat itu status temenku, ternyata di bawahnya ada komentar lagi: "Don't worry. They'd do that in Episode VIII.". Loh? Terus aku bacalah plotnya di Wikipedia. Aku sih nyantai aja, kan bukan fan fanatik, wkwk.. Lha ternyata [spoiler] yang mati bukan Chewbacca tapi Hans Solo to.. . Wah kasian suamiku :p .

Udah gitu kok ya masih belum kapok. Berapa hari kemudian gitu dia ke toko buku ga sengaja nemu buku stiker tokoh-tokoh Star Wars, termasuk di dalamnya ada sehalaman penuh gambar dan stiker tokoh yang diperankan Yayan Ruhiyan yang (katanya) fenomonal itu, hihihi.. Kok ya cari perkara, halamannya difoto terus diupload di FB, tak lupa ditulisi "mohon jangan menulis spoiler karena saya belum nonton.". Wahaha... mancing.. yang tentu saja komentar-komentar yang mampir malah ngegodain. Ada yang nulis macam gini: [spoiler] Yayan Ruhiyan ama Iko Uwaisnya muncul sebentar.. then five minute scene being eaten by monster . Buahaha..! xD. Ada lagi yang nulis [spoiler] Poor Han Solo..

Lha piye to.. Aku ketawa-ketawa baca komentar-komentarnya itu. Irfan mulai penasaran. Lha kok temenku yang nulis komentar "Poor...." itu tadi ternyata lalu nyetatus sendiri (kayaknya baru aja nonton di bioskop) gini: Habis nonton Star Wars. Saat adegan [spoiler] Han Solo dibunuh oleh anaknya sendiri, tak terasa air mataku menetes.. ". Ampun mami... hahaha... mbokya di awal statusnya dikasih tulisan pake capslock gitu SPOILER.. Lha ini tanpa babibu langsung nyebut kata-kata macam [spoiler] "Han Solo dibunuh" dan [spoiler] "oleh anaknya sendiri" dalam satu kalimat xD. Aku langsung wanti-wanti Irfan.


 
Images from Google


Akhirnya nonton juga! bigsmile
Setelah sekitar 2 minggu puasa FB, akhirnya kesampaian bisa nonton. Kebetulan hari ini Hanif dititip ke vacation care. Dasar bojoku, karena ga punya kaos Star Wars, akhirnya pake kaos Star Trek, zzzzzz.... Dengan niatnya kita juga bawa pop corn edisi khusus yang bungkusnya bergambar Star Wars bigsmile. Lumayan banyak juga yang nonton, padahal ini sudah mulai masuk kerja kan ya. Dan nggak sedikit juga yang bawa anak (kan lagi libur sekolah sampe Februari), ternyata boleh masuk juga ya anak-anak, padahal ratingnya M (di sini :p ).

Menurutku bagus loh filmnya (ya iya lah udah banyak yang bilang gitu). Aku malah suka banget bagian awal sampai tengah-tengah. Dari tengah ke akhir, aku malah biasa aja. Musiknya bagus banget, dan inilah yang membedakan nonton di bioskop dengan di rumah, sound systemnya itu lho.. Casting tokoh-tokohnya menurutku sangat sukses, terutama tokoh Rey dan Finn. (Btw, Poe Dameronnya ganteng yaaaaa bigsmilebigsmilebigsmile *mesem manja ala ndutyke* *tapi setelah googling kenapa wajah asli aktornya biasa aja ya?* zzzzz bigsmile). Udah ah, karena ini [bukan review], aku ga tulis yang serius-serius yaaa tongue.


[updated] I liked this post from tumblr because it's so me, haha! xD


Irfan gimana? Wah, katanya saat pertama kali melihat adegan yang ada C-3PO bagaikan mimpi, seolah dunia masa kecilnya terulang kembali *halah*. Dan tentu saja.. saat adegan [spoiler] Han Solo terbunuh (?) lalu jatuh  dia keliatan shock. Tapi keseluruhan dia suka dan terkesan. Dia bilang banyak hal-hal dari film aslinya yang dipertahankan, termasuk (kalo ga salah) pemfilman dengan film beneran dan bukan digital.

Hikmahnya, dia udah terbiasa ga FBan lagi, dan kayaknya bakal diterusin. Bagus lah, karena dia rencana submit disertasi Maret ini (mohon doa restu) dan FB itu salah satu sumber distraksi utama..

Btw baiklah sekian dulu [bukan review] saya kali ini, semoga bermanfaat, hihihi paling nggak lumayan lah bisa bikin aku ngikik sendiri tongue.

9 comments:

  1. Aku akire ngerti carane follow blogmu. Lewat aplikasi feedly *joged india *ngikut carane Dani mbulet, ga nutut otakku.
    Startrek karo starwars iku bedokah? *asli ga paham. Yayan Ruhiyan iku idolaku, gara2 de'e aku pengen lanjut karate maneh haha.
    Btw, aku wes deactived FB karo IG 2 bulan lebih. Kayaknya tak delete ae lek duniaku nyaman tanpa FB haha. Eh semoga suamimu lancar ya submit disertasi. Bojoku malah sik incak2 golek bahan disertasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha beda mbak.. Eh btw aku juga tertarik liat Star Wars ini krn Yayan Ruhiyan itu :p ayo lanjut karatenya mbak.. Sapa tau bs ngajar di eropa sana :D
      Eh btw sukses juga utk dikau dan suami..makasih yaa :*

      Delete
  2. Hahaha.. men and their hobbies :) btw, sukses bwat submit disertasi Bapake Hanif yaaa! daan...mending deactivate for good laah itu FB :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu... btw para eyang Hanif agak kehilangan karena bapake Hanif ni rajin kirim foto Hanif di FB..

      Delete
  3. wakakakakak prettt namaku disebut dibagian mesem manja ;) Poe Dameron isnt my type tp nampaknya memang kita berbeda tipe ya say.. ukhsay... ukhti sayang..... :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikau udah nonton toh? :D
      Masalah beda tipe ini hayuk kita lanut di chat yaaaa... *mesem manja*

      Delete
  4. Gw ngakak baca yang post tumblrnya Vita.... :D hahahaha. Eh follow2an dong yang di tumblr. *gw bnyk bener yakkk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yan d tumbpr n twitter itu oucu2 bgt parodi2 TFAnya! Btw.. Hayuk yan.. Nti aku follow ya.. Tp tumblrku g ada apa2nya lho, cuma srg like2 aja

      Delete