Thursday, 10 December 2015

Statistik Jodoh

Alamak.. dalam jeda waktu dekat bikin post berturut-turut tentang jodoh xD (dan ibuku dan ndutyke dan Rina mungkin protes lagi, "mana post tentang Hanif?"). Jadi ada apa gerangan? Ga tau xD ya pingin aja. Berhubung dalam kerjaanku aku sering 'terpaksa' menulis sesuatu padahal aku ga pingin, jadi marilah kita menulis yg memang kita pingin aja di blog ini :P.

Nah jadi kemarin2 ini sebelum tulis post yg ttg per-jodoh-an kemarin itu, aku udah kepikiran pingin ngelist dan mengkategorikan cara2 orang2 ketemu jodoh. Samplenya ya temen/sodara sendiri, pokoknya yg kenal2 aja. Oya berhubung ini hanyalah blog post, bukan karya ilmiah, jadi samplingnya seadanya saja ya :p. Oke mari kita list secara kasar.. Ini kategorisasinya:

Bertemu Jodoh

Cinlok (cinta lokasi :p)
Jreng.. ini kategori yang paling banyak samplenya menurut ingatanku. Ketemu jodoh di sekolah / tempat kuliah / tempat kerja / yang lainnya. Mari kita list satu-satu:
.Di sekolah / tempat kuliah:
1. Dua Kingsford mommies (pinjam istilah ndutyke). Mbak W ketemu suami di kelas kuliah S2. Mbak T ketemu suami, sang kakak kelas di jurusan yang sama. 
2. Dua pasang temenku (atau lebih yak?) yg akhirnya berjodoh dan menikah karena ketemu di UKM (unit kegiatan mahasiswa) paduan suara jaman aku kuliah dulu.
3. Beberapa orang temenku yg jadi pasangan saat sekolah / kuliah dan akhirnya menikah (males ngitung xD). 
4. Termasuk di sini adalah adik suamiku, yang menerapkan metode 'langsung melamar'. Yang langsung dilamar adalah teman kuliahnya sendiri. Nah kan, berarti termasuk cinlok :p.

.Di tempat kerja: banyak banget!
1. Ndutyke :D. Kategori cinlok di tempat kerja, di sebuah sekolah ternama di Surabaya, di mana ndutyke ngajar bahasa Inggris dan si abi ngajar komputer (ihiyy!!!).
2. Temenku (V & S). Ketemu di tempat kerja sambilan. Si S ini wirausaha bidang teknik sipil, tapi nyambi ngajar musik. Sering ketemu sama si V dan berujung menikah. Si S ini akhirnya malah kayak aku, udah ga ngajar musik lagi sekarang.
3. Ketemu jodoh di tempat les2an ini juga kejadian ke temenku yg ketemu suaminya yg sama2 kerja di tempat les bahasa Inggris.
4. Kingsford mommy Mbak S yg ketemu suami yg sama2 kerja di sebuah kampus di Jogja.
5. [just added!] Termasuk juga kisah cinta antara dosen dan mahasiswa yang berujung ke pernikahan :p. Ini ada 1 yg aku tau di kampusku di UNSW sekarang. Lalu kisah pertemuan bapak ibu mertuaku saat bapak mertuaku jaga ujian sekolah dan ibu mertuaku jd salah satu peserta ujiannya (note. beda usia bapak ibu mertuaku 10 tahun).

.Di tempat lain yg mendukung prinsip "witing tresno jalaran soko kulino" xD
1. Aku sendiri xD . Enam tahun yang lalu aku ikut training sebulan, pesertanya 14. Sebulan penuh dari pagi sampe sore ketemu orang itu2 aja, ditambah aku dipasang2in sama seorang peserta lain karena dari semua peserta (yg mayoritas lebih tua dari kami berdua) emang cuma kami yg belum nikah. Bagai kisah sinetron, orang yg bahkan di minggu pertama sempet aku sebelin, ternyata di kemudian hari jadi suamikyu xD.
2. Sepupu aku yang cinlok saat berlibur bareng2. Awalnya ga kenal, kelar liburan jadi pasangan dan setahun kemudian nikah.
3. Dosen jurusan lain yg tugas sama2 ke satu pabrik luar pulau. Mirip sepupu aku, awal berangkat bukan siapa2, pulang2 akhirnya jadi pasangan lalu akhirnya nikah.
4 [just added! :p] Waktu KKN :D. Ini terkenal sabagai ajang cari jodoh yg bahkan bisa lintas jurusan, wkwk.. temen suamiku yg orang teknik mesin ketemu jodohnya yg dokter gigi waktu KKN. Masuk dalam kategori ini juga adalah bapak ibuku, wkwk...
5. Oya, ini juga termasuk training2 atau diklat2 mirip ceritaku tadi, yg pesertanya terisolir (hahaha) dalam jangka waktu tertentu. Yang pegawe negeri pasti akrab dg istilah 'diklat prajabatan', yg juga terkenal sebagai 'ajang cari jodoh' (walaupun jaman sekarang ini utk diklat prajab dosen pesertanya rata2 jauh lbh tua dan udah byk yg nikah.. dibanding jamanku dulu, krn skr ada persyaratan utk jadi dosen minimal S2). Btw aku tau bbrp orang yg sukses mendapatkan jodoh di ajang cari jodoh diklat prajab ini.

Dan pernah baca juga di koran, orang2 yg ketemu jodoh karena tiap berangkat n pulang kerja selalu ketemu di kereta Prameks (prambanan ekspres) atau KRL... 

Yang jelas yg masuk kategori ini banyak banget.. ada lagi teman2ku yg lain yg ga aku masukin ke list ini.. Oya jadi ingat, selama aku di Jerman maupun di Oz sini, nggak sedikit loh temen2 yg akhirnya berjodoh karena cinlok ini.. Ya ada yg biasa aja (temen kuliah / sering ketemu saat pengajian / acara2 Indonesia).. ada juga yg ketemu saat liburan bareng2 sama orang Indo. Jadi ingat lagi, bbrp temenku yg kuliah ke luar negeri akhirnya berjodoh dg orang2 dari negara tersebut. Ini jadi pengingat dan penyemangat untuk temen2 (terutama cewek2) yang mau kuliah lanjut ke luar negeri.. biasanya ada yg kurang berkenan krn takut sulit dpt jodoh.. banyak kok kasusnya yg malah ketemu jodoh saat sekolah lanjut (di luar negeri)..

Ya sudah mari kita beralih ke kategori yang lebih sedikit samplenya..

Dikenalkan / dijodohkan
1. Tentu saja sample pertama adalah kisah nyata temanku ini. (kok dilink sampe 3 x sih hahaha).
2. Dan kisah nyata seleb blogger kita Bapak Dani Rachmat [just added! Habis Dani komentar jadi inget]. Btw link nya banyak banget ya Dan....: nonton bareng dan dikenalin (sama temen2 yg lain juga kayaknya :p), langkah2 setelah kenalan :p, lalu lanjutannya, dan seterusnya. :D
3. Mantan Kingsford mommy (pinjam istilah ndutyke) bernama mbak F. Alkisah adik si mbak ini ikut reunian dan ketemu sama temennya, lalu karena kakak2 mereka sama2 belum nikah, sepakatlah mereka saling mengenalkan kakak mereka ini...yang akhirnya berjodoh.. :)
4. Sepupuku cowok yang baru aja nikah di usianya yang hampir 40 tahun.. Dikenalkan oleh anak buahnya, dan akhirnya berjodoh dengan cewek 28 tahun.
5. Satu lagi saudara jauh, cewek, yang juga nikah tahun ini di usianya yang ga jauh beda ama sepupuku yg tadi. Dikenalkan oleh adiknya sendiri, syukurlah akhirnya berjodoh.
6. Kakak suamiku. Nah kalo ini sih hasil kesepakatan para orang tua yang kebetulan berteman :D. Saling mengenalkan anaknya, cocok, langsung nikah deh...

Lewat dunia maya / kontak jodoh
1. Nomor satu, adalah salah satu sobatku yg juga temen ndutyke, yang ketemu jodohnya yg orang Jerman dengan cara yg mungkin ga masuk akal. Tapi ini kisah nyata, dan skr doi tinggal di Jerman bersama suami dan dua anaknya yg lucu2.
2. Dosenku yg ketemu istrinya lewat chatting (jaman masih MIRC kali ya..). Dia kuliah di Kanada dan istrinya kuliah di Oz. Mereka chatting... dan kopdar pertama kali di bandara di Jakarta (ihiyyy!!).
3. Satu lagi dosenku yg ketemu istrinya lewat kontak jodoh. Aku diceritain, dia ikutan kontak jodoh tanpa putus semangat walaupun ditolak sana-sini, hahaha... Akhirnya ketemu dengan seseorang yg tidak menolaknya dan akhirnya menikah.

Banyak juga sih orang lain yg aku ga kenal tapi baca cerita di blog mereka ttg ketemu jodoh lewat kontak jodoh / internet ini.. Oya dulu jaman multiply masih ada, aku juga punya beberapa kenalan yg aku tau mereka ketemu jodoh (yg rata2 bukan orang Indonesia) lewat kontak jodoh online.. Sayang sejak multiply kukut aku udah stop kontak sama mereka..

Ketemu teman lama, dalam waktu singkat langsung menikah
Kategori opo iki... hahaha.... Ini menurutku ga bisa masuk kategori cinlok karena biasanya waktu pertemuan (dan penjajakannya) lumayan singkat. Dan ga bisa masuk kategori dunia maya karena, walaupun kadang berawal dari komunikasi di dunia maya, sebetulnya orang2 ini sudah saling kenal sebelumnya (bukan yg complete stranger gitu..).
1. Salah satu kenalan yg baru aja nikah, denger2 suaminya ini adalah temen SMAnya dulu, mereka ketemuan saat reuni di tahun ini, dan mungkin ngerasa cocok ya, langsung menikah..
2. Salah satu saudara aku, denger2 juga (maksudnya diceritain org lain) suaminya adalah temen sekolah (SMP atau SMA ya?), Mereka awalnya saling ngeadd di Facebook gitu, terus ya mungkin tau sama2 masih single lalu cocok... dalam waktu singkat mereka nikah.
3. Ada juga kedua temenku jaman SMA. Udah lama ga ketemu sebetulnya, lalu ketemu lagi (aku lupa acara apa), akhirnya jadi pasangan lalu menikah.

Hmmm apa dan siapa lagi ya? 

Oya sebagai penutup, kalau dirasa kisah2 nyata di atas masih belum cukup (heh? wkwk), mau aku tambah2in link2 cerita2nya orang2 yg ketemu jodoh yg aku baca lewat blog mereka.. Aku ga kenal orang2 ini tapi dulu jaman galau belum ketemu jodoh aku suka baca2 cerita2 unik dan aneh ini hahaha.. Ini di antaranya (yg bisa kutemukan lagi sekarang... maklum yes kan udah lama banget bacanya..). Note. aku tambahin juga link baru yg baru aku baca2 lagi kemarin.

.bertemu jodoh karena bersin ~~ aku dengar2 ini kisah pamannya Salim A Fillah, tapi belum nemu link aslinya. Anyway, tetep bisa dijadikan tambahan cerita :D.
.bertemu jodoh lewat komunitas mario teguh gw ~~ cukup unik juga :D

Aduh, lainnya lupa. Nanti kalau ingat aku tambahin lagi. Atau mungkin ada yg mau nambahin? :D
Akhirnya, seperti postku yg sebelumnya, teriring doa untuk teman2 yg sedang mencari jodohnya, semoga dimudahkan dan dilancarkan.. :* :*

8 comments:

  1. Lek aku murni dikenalkan. Ehlhakokya mau dikenalinnya ke siapaaa jadinya sama siapaaa. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku pernah baca!! aku link ke sini ya Dan ceritamu? :3
      btw, kamu udah baca post ku sebelumnya yg ttg perjodohan? kamu kenal lhooo sama orangnyaaaa :P

      Delete
  2. ini nulis post-nya sambil ngipasin Hanif gak? hahaha! sumpaah.. lo niat abis nulis ini kategori jodoh-menjodoh :D lo ceritanya mau nyemangatin temen2 yang masih berstatus lajang untuk bikin resolusi tahun baru ya :p thanks for all the support, gurl :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya kmrn niatnya? Ya pgn aja.. mungkin pgn share aja ya cerita2 gini.. bener, untuk menyemangati temen2 kali ya... atau kalo mau mikir lbh dalam, dari kategori2 ini kan temen2 yg msh cari jodoh bsia 'merencanakan' atau 'mengusahakan, mau bertemu jodoh lewat kategori yg mana?

      Delete
  3. Widih, baru masuk nih ke blognya mbak Vita langsung disambut postingan jodoh. Ahahaha. Baru tau euy mbak vita, the power of ciye ciye yaa sama mas irfan ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini AR yaaaaa? ada blog di blogspot juga to ternyata.. sayang jeung, ga digabungin post2nya?
      btw post ini kayaknya emang cocok dipersembahkan untuk temen2 yg sedang menanti bertemu jodoh (eh kalau sudah bertemu kabar2i lho ya ;-) )

      Delete
  4. Wah, kapan2 musti cerito aku ttg perkenalan dengan pak meneer haha, ben isok nambah2i daftarmu. Ajaib pisan jalannya. Duh, lek tak eleng2 kok rasa2 ga percoyo wes hampir setahun tinggal dinegara tak menentu cuacanya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhaaa... makanya... kutunggu ceritamu mbak ;)

      Delete