Sunday, 27 September 2015

Solusi Laptop Panas dan Bising

Hahaha ini kok judulnya kayak iklan baris atau iklan2 kertas yg ditempel di tiang listrik sih? -__- :p
Aku mau cerita soal laptopku yg sekitar 2 minggu lalu sempet sekarat, tiap dinyalakan, ga sampe 5 menit langsung mati lagi. 

Jadi itu laptop emang udah cukup tua. Merknya HP tipe ProBook 4320s, dibeli taun 2010 dg harga lumayan murah (4 jutaan) utk speknya yg cukup lumayan. Itu belinya pas Hanif masih bayi, dan sejak saat itu aku merasakan yang namanya "punya laptop saat punya balita" -__- (udah dgr cerita temen macem2, mulai dari yg monitor laptop dicoret2 anaknya, laptop diinjak2, dibuka tutup, dibanting, dan berbagai macam tindakan abusive lainnya -__-). Laptop itupun nggak lama keyboardnya dicopot2in Hanif, dan akhirnya ga sampe 6 bln udah ada 1 tombol keyboard yg ga bisa dikembalikan lagi T_T.


Tombol angka 9 nya udah entah kemana sejak beberapa bulan setelah dibeli T_T.


Laptop ini kerjanya sebetulnya ga terlalu berat karena aku install TeamViewer dan hanya memfungsikan laptop ini sebagai "remote control" untuk pake PCku yg di kantor dan di lab. Cuma ya mungkin karena ada bagian yg kebuka, mungkin jadi rentan kemasukan debu. Ditambah lagi laptop ini hampir ga pernah dirawat :p *excuse: punya anak kecil :p. hahaha.

Sejak setahunan, laptopku ini mulai sering bersuara bising banget, kayaknya fan nya kerja keras banget. Udah gitu gampang panas. Tapi aku ga ngerasa perlu ngapa2in, krn ga ngerasa terganggu selain suaranya itu tadi. Malah kalo winter tanganku sering aku taruh di laptop ini karena anget dan enak :p xD. Lhaaa aku mulai ngerasa terganggu sejak aku tergila2 sama Wicked dan sering nonton videonya (dan terus sering download2 videonya *ooops). Jadi parahnya terasa waktu buka folder yg isinya video, laptop ini fan nya bakal muter kenceng banget, jadi bising banget, terus mati. Aku udah curiga ini pasti masalah temperatur dan saluran ventilasi yang buntu (karena usia). Aku googling2 dan solusinya emang laptop harus dibuka dan dibersihkan. Tapi karena aku dan Irfan ga ada yg berani buka laptop (takut ga bisa balikinnya :p ) akhirnya ya kita biarin aja. 

Nah suatu pagi laptop ini semakin parah, jadi ga ngapa2in, ga buka folder video juga, cuma dinyalain aja langsung panas, fan kenceng n bising, langsung mati. Cepet2an aku pesen cooling pad online untuk diambil di toko hari itu juga. Ternyata setelah Irfan bangun, dia iseng install software untuk cek temperatur laptop dan emang keliatan pas baru dinyalain aja laptop ini temperaturnya udah tinggi banget. Akhirnya dia googling2 sebentar (mengumpulkan keberanian utk buka laptop :p), lalu buka laptopnya. Ternyata bener, dia nemu gumpalan debu lumayan gede lengket di saluran ventilasi. Dia juga bersihkan bagian lain dg cara debu2 yg nempel disapu2 pake kuas, setelah itu disedot pake vacuum cleaner. Setelah itu, syukurlah laptopnya bisa ditutup kembali dengan selamat sentosa. Dan? Setelah itu?

Hebaaat.... Laptopku kayak baru! Ga kedengaran suara apa2. Bahkan setelah itu aku kalap download bergiga-giga video berbarengan, ga ada suara apa2 sama sekali! Dan kita liat di software yg tadi, laptopnya temperaturnya rendah. Oalah....tau gitu sejak dulu2 udah dibersihkan ini laptop. Karena gejala ini sebetulnya udah agak lama lho. Jadilah itu cooling pad online besoknya langsung kita balikin lagi ke tokonya.

Jadi syukurlah, ga usah beli laptop baru. Yg ini masih awet. Harapanku sih aku masih bisa pake laptop ini terus sampe lulus nanti, amin...

3 comments:

  1. debu sakmono akehe tekan ndi yo? *puzzled*

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ya.. aku juga bingung. di dalam lho debunya. tapi ini laptop usianya udah hampir 5 tahun memang..

      Delete
  2. gumpalan debu yang lengket itu sudah berbentuk seperti spons (sponge)

    ReplyDelete