Tuesday, 14 July 2015

Mencapai Tujuan dengan Buku

*lagi nungguin barang dagangan ini (baca: nungguin eksperimen). mari ngeblog whistling*

Hehe setelah post lalu tentang buku, kebetulan post yang ini terkait buku lagi. Dan lagi-lagi spesifik, terkait buku anak. Kan Hanif tuh termasuk yang suka (di)baca(kan) buku. Nah, sudah agak lama kita menggunakan buku untuk membantu Hanif mencapai milestonesnya. Misalnya, saat dia dulu waktunya toilet training, aku sengaja cari-cari buku yang berhubungan dengan toilet training. Ndilalahe dulu di perpustakaan Randwick nemu buku judulnya The Prince and the Potty

The Prince and the Potty (gambar n link dari amazon yaa)

Bukunya tentang pangeran yang sudah waktunya lepas popok dan harus belajar pipis di toilet happy. Lumayan, kejadian2 nggak mengenakkan kalau si pangeran pipis sembarangan, bisa diingatkan dan diceritakan ke Hanif. Seingatku aku nggak nemu buku lain selain itu, baru nemu buku toilet training nya Fisher Price tapi itu pun saat Hanif sudah lepas popok.


Dari kiri atas searah jarum jam: Topsy and Tim Start School; Big Enough for a Bed; Calm-Down Time; Allah gave me two hands and feet.

Nah selanjutnya, aku agak serius berburu buku bertema khusus lagi saat menyiapkan Hanif tidur di tempat tidurnya sendiri. Aku sudah pernah tulis di sini tapi aku nggak nyeritain tentang strategi buku ini. Jadi waktu itu aku sengaja cari-cari di amazon buku-buku terkait tidur di tempat tidur sendiri dan baca-baca reviewnya. Ternyata oh ternyata, mirip kayak beli baju online, beli buku online pun bisa mengecewakan. Ada satu buku judulnya I love to sleep in my own bed yang reviewnya banyak banget dah bagus banget, ternyata isinya jelek, aku ga suka. Lha masak ceritanya tentang tiga bersaudara kelinci yang ga mau tidur di tempat tidurnya masing2, terus pada rame2 tidur sama bapak ibuke, terus habis gt tempat tidurnya jebol karena dipake tidur berlima, lalu barulah setelah itu mereka dirayu2 mau tidur di tempat tidurnya sendiri.. zonk! feeling beat up Lha masak gitu solusinya kalo mau ngajarin anak bobok sendiri. Jadi kalo ada waktu lebih, ga usah terlalu ngandalkan review di amazon deh, coba cari images atau video bukunya, biasanya ada kok.

Oya btw aku pesannya ga liwat amazon, wkwk... tetep beli dari toko lokal yg free ongkir batting eyelashes. Buku lain yang aku pesan waktu itu adalah serinya Sesame Street yg 1 box ada 4 buku, salah satunya Big enough for a bed yang ada di foto di atas tadi. Tapi ternyata menurutku ini untuk anak yang usianya lebih kecil daripada Hanif waktu itu (2.5 tahun). Karena 1 halaman cuma ada 1-2 kalimat dan total halaman seingatku ga sampai 10. Tapi ya wes lah gapapa, dibaca2 walopun sekali baca cepet banget hahaha.

Kalau sekarang2 ini, kita kan sedang menyiapkan Hanif untuk sekolah tahun depan ya, jadi aku berburu buku2 tentang ke sekolah juga. Dari toko buku online kalo ga salah aku beli 2 buku, salah satunya yang Topsy and Tim Start School itu, di foto di atas tadi. Ini aku suka banget, karena menurutku ceritanya sangat paralel dengan pengalaman Hanif (jadi Topsy and Tim nya sebelum ke sekolah, mereka ke childcare dulu.. Lalu anak2nya sekolah nya pake seragam, mirip kyk di Indo dan Oz sini anak2 sekolah pake seragam..). Eh btw aku jadi penasaran loh Topsy and Tim ini terbitan negara mana (maaf males ngecek whew! ) karena mereka pake istilah "nursery" untuk childcare (?) dan "dinner" untuk lunch. Oya itu mirip sama buku satunya yg judulnya Starting School, mereka juga pake istilah "dinner" yg sempat bikin aku bingung.. tapi kalo di buku Starting School ini (kayaknya terbitan Inggris), anak2nya sekolahnya pake baju bebas, ga pake seragam..

Buku2 lain yg aku beli dalam rangka membantu kita dan Hanif mencapai tujuan tertentu, di antaranya:
.Calm-Down Time (di foto tadi), karena Hanif mudah frustasi misalnya saat nggak bisa melakukan sesuatu atau nggak suka dengan situasi tertentu.
.Allah gave me two hands and feet (di foto tadi), dan buku2 serupa misalnya seri Jamel the Camel. Ini untuk mulai ngajarkan konsep bersyukur dan konsep agama sedikit2. Oya pas mudik kita juga sempet beli buku terbitan Mizan yg seri nabi dan cerita asyik lainnya. Kalo sempat aku review. yg jelas ini termasuk buku2 yg jarang dibaca sih, hehe..
.Buku2 tentang belajar membaca misalnya Miffy learns to read atau How Rocket learned to read, untuk nyiapkan mental Hanif utk belajar di sekolah. 
.Buku2 tentang pergi ke dokter atau pergi ke rumah sakit. Minggu lalu Hanif kan imunisasi, langsung deh dibacain buku lamanya dia yg judulnya Elmo goes to the doctor (salah satu buku favorit), di buku ini lengkap ada tahapan2 pemeriksaan oleh dokter dan suster (cek mata, telinga, tenggorokan, tekanan darah, detak jantung, dll..) termasuk diimunisasi happy). Oya, habis baca EF challenge kemaren, jadi nyadar belum punya buku tentang ke dokter gigi (kalo buku ttg sakit gigi udah punya hahaha). 
.Sebelum kita bertiga terbang 21++ jam ke Eropa bulan lalu, kita udah menyiapkan buku2 bertema terbang, buku2 yg ada peta dunianya, termasuk buku2 dengan setting Perancis dan Jerman (paling gampang cari buku2 yg ada Eiffelnya). Favorit kita bertiga adalah Everybody Bonjours; waktu Hanif balik masuk ke childcare, buku ini dibawa dan dibaca sama2, dan cukup berkesan karena kebetulan ada murid baru dari Perancis, dan kata guru Hanif, "She said "bonjour" with that accent, that french accent, you know!" hahaha..

Untuk sekarang ini, belum kepikiran milestones apalagi yang perlu dicapai dengan bantuan buku. Sementara ini masih beli buku yg sesuai pengalaman Hanif, nanti kalau sempat direview lagi..

*Btw, kayaknya ini post di blog ku yg paling banyak linknya deh, wkwk...*

10 comments:

  1. Bonzyuuuh.... Bonzyuuuuh...

    *me trying the said bonjour* :))))

    ReplyDelete
  2. iyaa, antara mau lanjut baca post-nya atau klik weblink-nya. hahaha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh btw aku bikin post ini malah gara2 mau bikin post utk EF challenge lho..tp g ada ide hahaha malah yg ada ide nulis ini xD

      Delete
    2. Ayoo..nulis bwat BEC. durasi submit-nya emang lamaaa banget jadi kayanya malah bikin terlena neh. terlena nunda nulis-nya maksudnyaa..

      Delete
    3. met idul fitri ya rin! :p
      iyaaa aku emang kl g pgn nulis ya g nulis2 hahaha...tp kmrn udah kadung janji, insya Allah pasti ditepati, toh deadlinenya lama kan ahaha

      Delete
    4. (perasaan gw dah sempet bales ngucapin Met Idul Fitri, tapi kok gak muncul yaa :-D) Met Idul Fitri, Bu Vita :) mohon dimaafkan ucapan lisan dan seringnya seh tulisan/komen gw yang kurang berkenan di hati....

      Delete
  3. wah mbk vita, buku memang bisa membantu banget yah buat meraih milestone..kayaknya mo mulai berburu buku toilet training dan tentang masuk sekolah soalnya Radi insyaAllah segera aku masukkan playgroup..sementara proses toilet training masih gagal wae.. :P (nuraini pake akun swami)

    ReplyDelete
  4. btw, di sana enak yak nyari tema2 buku tertentu bisa ke perpus, atau hunting ke bkm..di sini mah kudu beli, dan referensi buku2 impor yang bagus2 harganya wew menguras dompet :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahaha mbak Ai, kalo mau bs komen pake anonym aja bisa kok diisi nama.. btw mb ai udah pernah coba search2 kali aja ada situs2 buku second yg bs kirim ke indo dg harga terjangkau?

      Delete