Sunday, 15 March 2015

Mainannya sama, cara mainnya beda

Ini tadi bingung kasih judulnya apa wkwk.. Jadi mau share pengalaman tentang perkembangan cara bermain Hanif. *heh?* Ya maksudnya, ternyata cara bermain anak, walaupun mainannya sama, itu ternyata berkembang juga, seiring perkembangan si anak tersebut. 

Sering lihat kan di mainan2 yg dijual itu ada range umur yg disarankan, misalnya 3 - 5 tahun, 3 tahun ke atas, 0 - 36 bulan, dll. Sebetulnya dalam selang waktu tersebut gimana sih mainan itu dimainkan? Apakah mainan dg range 3 - 5 tahun, akan dimainkan dg cara yg sama oleh si anak saat dia berusia 3 tahun, 3.5 tahun, 4 tahun, dst? Nah aku mau share pengalaman bermain Hanif yg sekarang ini ya (dia skr 3.5 tahun). 

Salah satu contohnya mainan kereta api + rel2 dan printilannya.



Nah jadi itu foto setahun lalu, Hanif masih 2.5 taun. Aku share foto itu di FB, ya maksudnya kali2 ada yg dpt inspirasi.. jadi aku cerita kalo aku yg bikin track itu, tracknya sengaja dibuat bercabang gitu, trs aku ajak Hanif main sekalian ngelatih kemampuan logikanya. Jadi ada beberapa tempat tujuan, misalnya stasiun, hutan, rumah sakit, dll. Terus aku ajak dia jalanin keretanya ke satu tempat tujuan, otomatis dia mikir kan musti lewat track yg mana supaya bisa ke tempat itu, begitu...

Eeeh trs dari banyak komen itu ada komentar salah satu seniorku kira2 gini: "bla bla emang mainannya ga ada kode usianya ya? Kebiasan orang Indonesia ya ngasih mainan mendahului usia anak". Aah akyu agak tersinggung (aduh kalo2 seniorku baca ini, semoga dia kagak tersinggung juga wkwkwk) tapi malah aku bisa jelasin panjang lebar. Aku bilang ada lah kode usianya. Terus aku jelaskan, kalo cara main anak juga akan berkembang, ga tetap (ya walaupun tergantung mainannya yak). 

Friday, 13 March 2015

Lontong Kupang :D [EF#10]

Ahaha I thought I'd never make it to finally taking a part in one of EF's challenges (while I'm one of their loyal readers smug ). But 'the universe' brought my husband and I this afternoon for lunch where we met a friend. He was talking about food, and one particular food you might be able to find only in Sidoarjo / Surabaya (and surrondings), East Java: Lontong Kupang big grin.

I wish I had my own lontong kupang pic! but this one is from wikipedia.

EF's challenge this week is about favourite Indonesian food. I didn't plan to write anything because I have a lot of favourite Indonesian foods. But when this friend of mine mentioned this East-Java specific dishes, ahaha I felt the urge to write about it smug.

Lontong is rice cake (at least that's how we called it here in Sydney). And 'Kupang'? No, it's not that city in Indonesia. Kupang is... *wait, googling...* hmmm I found "Kupang is local term of small mollusk" from this page , another one describes it as "kind of oyster or shellfish" (?). So Kupang, these very very tiny clams/seashells are the one you see in the top - left on the plate in the previous picture, near the spoon. It's served with Petis (shrimp paste), just like other typical East-Javanese dishes. So the overall taste would be just like seafood (from the tiny clams and the shrimp paste), a bit sweet, savoury, and spicy if you add chilli.

Sunday, 1 March 2015

Chinese Garden, Darling Harbour, Sydney

Ngapain ngeblog? laughing Wkwkwk tanya ke diri sendiri dg galaknya.. soalnya sebetulnya banyak kerjaan numpuk (ya emang kapan sih ga byk kerjaan? no talking). Tapi aku mmg nunggu balasan dari spv (superv1s0r) ttg permasalahan yg bikin aku insomnia semingguan ini sampe2 aku sakit kmrn. Spv ku ini sbtlnya lagi cuti 1 sem dan dia lg d yurop sana.. harap2 cemas nunggu dibales krn aku g berani tanya k co spv krn kmrn Kamis hbs 'agak' dimarahi (lha itu yg bikin insomnia dll). Sampe skr blm dibalesi dan aku blm bs memutuskan langkah selanjutnya tanpa arahan dia, jadi. . ya. . mari tulis blog aja. .

Banyak yg mau diceritain tapi yak mari cerita yg paling gak basi aja wkwk laughinglaughing (mau cerita Maritime Museum? halah udah lewat pas Australia Day lalu.. mau cerita hari keempat liburan di Melbourne? halah2 udah dua bulan yg lalu... mau cerita tentang jalan2 di Tasmania? halah4 udah dua taun yg lalu wkwk.. loser)

Jadi hari Minggu ini tadi kita ke Chinese Garden di Darling Harbour. Rencananya udah sejak 2 mingguan yang lalu. Jadi ceritanya 2 minggu yg lalu liat foto2 temen2 (yg biasanya disebut ndutyke dg sebutan 'Kingsford Mommies') pada jalan2 ke Chinese Garden ini. Terus Irfan blg "Oh iya ada event.. tapi aku lupa..". Terus aku iseng cek websitenya, malah jadi tau ada Open Day hari ini, jadi masuknya gratis. Alhamdulillah hari ini juga badanku udah agak baikan jadi tadi kita berangkat pagi, ngincer jam masuk yg 10.30 (oya jadi di open day itu ada keterangan timed entry mulai 9.30, 10.30 dst. . ).

Nyampe sana jam 10.30 persis, ternyata keliatan antrian panjang bok. Maap g ada fotonya, td sempet kepikiran cuma males aja ngapain antri2an difoto.. Total lama ngantri 20 menit. Sistemnya kyk waktu di Australian Maritime Museum dulu, jadi kita baru bisa masuk kalo ada orang yg keluar. Aku jd penasaran kalo pas bukan gratisan gini apa ngantri2 juga.