Sunday, 22 February 2015

Kisah "para sahabat" dalam perjalanan bermusik kami

Hayah panjang banget judulnya hahaha.. itupun mikirnya lama.. 
Terus sahabat ki maksude opo? Hehe mau cerita tentang segala jenis alat musik tuts alias pencet2an yang aku punya. Jadi awalnya gara2 ada temen tanya2 soal beli keyboard. Sebelumnya dia udah tanya2 soal les musik gitu. Terus aku ingat2 lagi, udah yg kesekian kalinya nih aku melayani sesi tanya jawab gini *anda bertanya vita menjawab smugsmug, terus jadi ada ide untuk ditulis aja siapa tau ada yg butuh info. Tapi sebelumnya malah pingin tulis tentang alat musik tuts ini.. Sekalian dokumentasi..

1. Keyboard: Yamaha Portasound PSS-470 (sekitar taun 87an ~ entah sekarang masih ada gak)
(tipenya aku agak lupa.. Babeh... tolongin inget2 dong smug....)
Kalo lihat di website ini kayaknya tipenya betul yg itu.. Ini penampakannya: 
Babeh, bener ya tipe yg ini smug

Katanya dulu belinya di suatu toko kecil di Tasikmalaya hahaha... Aku ga tau mulai main2 dengan Portasound sejak kapan. Yang aku ingat sih waktu aku pindah ke Surabaya waktu masih di rumah embah, aku suka main2 lagu2 anak macam Burung Kakak Tua, Naik2 ke Puncak Gunung, dll. Waktu itu berarti aku sekitar umur 6 taun. Aku ingat bisa main melodi di tangan kanannya dan ingatku sih aku bisa nyari sendiri ga ada yg ajarin (seingat aye... ya maap kalo ternyata diajarin babeh tongue). Terus tangan kirinya juga aku tau harus pencet C, F, G (pake mode single finger) kan itu ada tulisan hurufnya di atas tutsnya. Terus juga udah tau mau pake rhythm apa, pake suara apa (pas aku ngetik ini malah jadi nyadar, hebat banget yah umur segitu dah bisa itu semua?! wkwkwk blushing).

Btw, gara2 ngetik ini jadi kepikiran untuk beliin Hanif keyboard yg enteng dan ramah anak macam Portasound ini...tongue

2. Electone: Yamaha ME 200 (sekitar taun 90an lalu dijual sekitar taun 94)
Babeh yang menyadari bakat musik anak sulungnya ini tongue menyarankan enyak untuk ngeleskan aku musik. Lagi2 aku lupa, kayaknya aku naik ke kelas 3 deh aku baru les musik. Les musik di Yamaha yang les electone group. Ya jadinya beli electone ya, belilah tipe ME 200 (maap males tampilin gambarnya di sini.. yg jelas masih terpampang jelas di ingatan gimana tuh electonenya happy.. dengan tutup ala2 rolling door gitu.)

3. Electone: Yamaha EL 25 (sekitar taun 94-96??)
Di tengah2 prestasi musikku yg menanjak (apaan sih laughing) selepas lulus SD aku ikut pindah ke sebuah kota kecil di Sulawesi. Kagak ada les2an musik ye. Sepertinya aku lalu dibelikan electone yg tipe lebih atas daripada si ME 200 yg tadi, supaya aku ga males latian walaupun ga les lagi. Wah nulis ini jadi ingat masa2 di Sulawesi dulu hahaha. Itu packingnya electone ampun deh. Waktu mau balik Sby juga gitu, aku inget dipacking pake kayu2 gede2 gitu hahaha. Sayangnya, seingatku, EL 25 ini rusak menjelang pindah kembali ke Sby.

4. Piano: Yamaha U1 PF (sekitar taun 97? sampai sekarang)
Begitu kembali ke Sby, dg ajaibnya takdir Allah mempertemukan aku lagi dg guruku yg dulu. Ceritanya ky sinetron, ntar kpn2 diceritain. Nah setelah aku balik lagi les ke dia aku disuruh beli piano sama guruku krn aku disuruh les piano. Ibuku masih mikir2 waktu itu. Aku rasa, saat itu ga ada kepikiran di aku maupun ibuku bahwa hobi main musik ini bisa diseriusi dan dijadikan karier. Tapi guruku terus meyakinkan aku bahwa les piano dan punya piano ini salah satu hal penting untuk perkembanganku. Dan setelah koret2 duit (aku masih ingat itu ibuku kumpul2in amplop2 duit gitu wakkkkk...), setelah tanya dan minta saran sana sini, kita beli piano bukan baru tapi barang display dari sebuah toko musik legendaris di Sby (pasti tau wkwkwk). Aku masih ingat waktu itu harganya sekitar 8 juta dan kata ibuku tangannya sampai capek ngitung duitnya waktu mau bayar hahaha.

Btw piano ini juga investasi, mirip emas lho, jadi nilainya bertambah bukan berkurang. Terakhir taun berapa ya, aku pgn upgrade ke Yamaha U3, aku tanya2 katanya U1 PF ini udah sekitar 23 jutaan harganya.

*Btw tadinya pgn kasih foto Hanif main piano ini, tapi adanya video FB jadi males upload..
Sebagai gantinya ini ada video youtube aku main di piano ini (tentu saja hanya tangan yg keliatan.. nasib introvert thinking) *




5. Electone: Yamaha EL 60 (sekitar taun 97? sampai 2012)
Aku agak lupa mana yg duluan dibeli, piano atau EL 60 ini. Yang jelas, seperti piano U1 PF tadi, EL 60 ini juga salah satu harta karun dalam perjalanan bermusikku. Sejak aku kembali ke Sby dan les lagi, ini jadi semacam electone impianku. Karena: bisa bikin customized rhythm. Terus ada floppy disk drive nya jadi semua lagu dan data bisa disimpan di disket. (APAAA??? DISKET??? Apa itu??? wkwk kalo kata bu Sri "angkatan lawas detected" thinking E tapi EL 60 ini disketnya udah yg 3 1/2 inch lho... udah bukan yg 5 1/4 inch lagi wakakaka.... anak2 jaman sekarang ngerti gak ya).


Oh ya terus2 ini electone yg paling kucinta hahaha karena aku jadi bisa bikin macem2 pake electone ini. Aku pernah ikut lomba2an cipta lagu2 gitu pake ini. Terus ya biasa festival2nya Yamaha ya pake ini. Termasuk salah satu dari 2 kali aku runner up festival yg tingkat Jatim pake lagu aransemen sendiri dan runner up tingkat nasional pake lagu sendiri (mohon maaf kalau terkesan membanggakan diri sendiri thinking.. ya disyukuri ya.. btw jaman segitu masih jarang loh bikin2 lagu sendiri, kalo jaman skr ya ombyokan wkwk..).

Saking cintanya sampe dua kali disk drive nya rusak, aku belain beli (harganya sekitar 2jutaan kl g salah, jaman segitu bok). Nah waktu rusak lagi utk yg ketiga kali, aku ga belain beli krn waktu itu seingatku aku udah resign dari Yamaha (aku sempet ngajar taun 2000 - 2006 lalu resign karena kuliah master ke Jerman). Terus habis gitu nikah, punya anak, ga terurus thinking. Lalu taun 2012 aku mau berangkat S3 ke Oz, aku rasa udah cukup lah membebani orgtuaku ngerawat electone itu terus, dan yg main cuma aku. Akhirnya dg berat hati dijual lah itu electone dan melepas sebagian kenangannya...


Haha jadi juga upload foto Hanif. Maaf ga urut, yg atas kiri dan bawah kanan main piano U1, kanan atas main EL 60 dan kiri bawah main CDP 220 R.


6. Keyboard: Yamaha PSR 630 (sekitar taun 98 sampai sekarang)
E banyak juga yak ternyata! Baru nyadar haha..
Lagi2 aku lupa dulu beli keyboard ini untuk apa.. Apa karena bapakku yg pengen atau apa krn waktu itu aku mulai ngeband2. Aku lupa dulu mulai diajak ngeband2 waktu akhir SMP atau awal SMA. Waktu kelas 1 SMA ya mulai ngeband2 sama temen2 sekolah. Tapi terus diajakin ikut band yg cukup serius, jadi ada latihan rutin, terus manggung atau ikut festival band. Ya waktu itu bermodalkan keyboard PSR ini, keyboard manten istilahnya laughing karena ini sih bukan keyboard utk serius ngeband, tapi buat ngiringin acara mantenan laughinglaughing. Etapi lumayan loh dg keyboard ini waktu itu menang best keyboardist di acara festival band pelajar tingkat...jatim kali ya?! lupa.. pokoknya acaranya ajaib abis ibuku sampe ngomel2 wkwkwk.

Bapakku suka banget keyboard ini, kayaknya masih sering dimainin.

7. Digital piano: Casio Privia PX 310 (2006 apa 2007 sampai sekarang)
Ini digital piano pertamaku. Belinya: 2 bulan setelah di Jerman, ternyata ga tahan  ga bawa alat musik apa2 happy. Beli di Musikhaus Crucius Darmstadt, dibawa naik bis ke asrama di Dieburg gotong2 dibantuin Bapak S (nama sebenarnya wkwk). Dengan Privia inilah akyu menghasilkan banyak video amatiran di youtube hahaha. Privia ini juga dibawa pulang ke Indo (alamak ngegotongnya ye whew!) dan sekarang masih ada.. kadang dimainin sama bapakku.

Waktu kita mau pindahan ke Oz, aku udah pgn bawa dig piano ini krn ga mau beli lagi di Oz (pasti mahal dan ngapain punya dobel2). Tapi ga ada yg dukung krn pada males mikir packing plus bawanya katanya ribet. Ya sudah ditinggal.. 

8. Digital piano: Casio CDP 220 R (2013 sampai sekarang)
Nah ini sekarang yang duduk manis di living room kita. Waktu itu survey sana sini, liat toko musik tapi ternyata yg murah ada di JB HiFi. Udah deh beli, digotong2 naik bus trs jalan kaki ke rmh! (kuat juga suami ane pirate) Waktu itu blm punya mobil. 
Alhamdulillah lumayan bisa utk aku main, Hanif main, sempet dipake utk kelas musik juga. Oya sempet menghasilkan lagu untuk video ini juga hehe.

Ternyata banyak juga "sahabat" yg menemani perjalanan bermusik sejak kecil sampai sekarang. Semoga selalu bermanfaat dan barokah. Semoga Hanif juga mewarisi bakat musik eyangnya dan ibunya..

4 comments:

  1. wah. bener ternyata rumor yg beredar. katanya: ibu vita kalo udah main piano, (suarane) kayak di hotel-hotel. gitu katanya.... (disampaikan oleh suami saya, hhehehe)

    ReplyDelete
  2. Mba Vitaaaaa, I Love u Mbaaaaak... :D. Lihat video mu main piano, ciamiksor...! Oalaah.., ternyata begitu ceritanya, gak betah kalo ga ada alat musik, sampai punya dobel-dobel gitu. Tapi masih tetep bingung Mbak...., ntar beli yang mana buat Naira, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk lanjut lagi ke chat, ahahaha....

      Delete