Thursday, 8 January 2015

Melbourne, Day 3

Hehehe.. walaupun post sudah jadi lengkap di draft dan siap dipublish kapan saja, ternyata butuh mood juga ya untuk akhirnya mempublishnya.. Dan inilah, di hari ini di siang bolong *hari pertama childcare buka = hari pertama ngantor resmi* lho tapi malah melakukan aksi denial, malah ngibrit ke kantor suami *yg less stressful* terus ga garap kerjaan blas? T_T T_T
========================================================================
Baca cerita perjalanan hari 1: di sini.
Baca cerita perjalanan hari 2: di sini.

Hari 3: Sovereign Hill, Ballarat.
Nah berdasarkan prakiraan cuaca, hari ketiga ini bakal sejuk, dan kita menaruh jadwal jalan2 ke Sovereign Hill ini di hari Minggu 4 Jan ini. Lagi2 bapak Irfan yg semangat kesini. Katanya ini kota tambang emas jaman dulu yg dipertahankan kekunoannya, dengan pegawai2 juga berperan seperti penduduk kota jaman dahulu kala. Dia dulu sdh pernah ke situ tapi kurang puas katanya karena dia ikut semacam guided tour gitu, hrs ikutan guide nya dan cepet banget.

Kita kesana naik public train Victoria, VLine pakai tiket myki. Ada program khusus dari VLine ini terkait tujuan Sovereign Hill yaitu Goldrush Special. Jadi kalau kita naik VLine, kita bisa langsung naik shuttle bus dari Ballarat Station ke Sovereign Hill, lalu juga dapat potongan tiket masuk 10% dan dapat free coach ride (naik kereta kuda) di dalam Sovereigh Hill. Irfan cukup heran dg promo yg dikira gila2an ini, karena menurut dia harganya cukup murah, 7$. Ternyata kita baru tau pas pulang, harga tiket VLine nya cukup mahal bigsmilebigsmile, $13 sekali jalan jadinya $26 PP untuk 1 orang bigsmilebigsmilebigsmile. Intinya, dia salah lihat harga bigsmile. Kita sempat rasan2 sih di kereta waktu berangkat, itu keretanya kok sepi.. bandingkan dong dg transportasi publik di NSW kalo Minggu saat Fun Day Sunday berlaku ($2.5 unlimited public transportation dlm sehari) yang selalu penuh, penuh, penuh... Ternyata itulah alasannya bigsmilebigsmile mahal.



Keretanya jurusan Wendouree. 
"Weeendouree...elok bagai rembulan...oh sayang... Weeendouree...indah bagai lukisan...oh sayang..." mrgreenmrgreenmrgreen

Irfan sempat nyesel karena seingat dia, jatuhnya bakal lebih murah kalau pake tur2 agen gitu. Tapi ini barusan aku googling2 standar tur Ballarat atau Sovereign Hill, rata2 totalnya $140an tuh.. Jatuhnya tetep lebih murah naik VLine ya? ($26 + tiket masuk standar Sovereign Hill $49.5.... Kita malah dapat lbh murah lagi krn student fare dan ditambah diskon 10% itu tadi..).

Sepanjang perjalanan kok tampak gersang gitu ya?? Perasaan kalo naik kereta di NSW masih keliatan hijau2 gitu.. Ini tampak padang rumput tapi warnanya kuning. Banyak kuda, sapi, dan domba.




Ballarat & Sovereign Hill nya
Suasana kota tua langsung terasa begitu kita keluar naik shuttle bus dari stasiun Ballarat.

Suasana kota Ballarat, Victoria


Perjalanan ke Sovereign Hill ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit. Di loket tiket kita sdh disambut ibu2 berpakaian dress gembung jaman dulu bigsmile. Masuk ke dalam, tampak kompleks jaman dahulu. Btw ada juga yg mengistilahkan Sovereign Hill ini sebagai museum. Jadi memang nggak hanya pajangan aja, tapi byk informasi dan show2 informatif, misalnya pertunjukan melelehkan dan mencetak emas, pertunjukan membuat lilin ala cara kuno, dll.


Btw, itu bangunan2 pinggir jalan bukan hiasan doang loh. Jadi misalkan itu bangunan apotek, ya kalo kita masuk ke dalamnya ada jual2 minyak aromaterapi, obat herbal, dll.. Dengan pengemasan dan penjual ala2 kuno gitu juga, lucu smile.

Kaya ini bangunan kantor pos, ya yg ngelayani ibu2 berpakaian dress gembung jaman dulu (ini istilahnya apa sih wkwk) terus jualannya ya yg kuno2 gitu macam pena bulu, kartu pos kuno, dll.

Kartu pos yg dibeli bs lgsg ditempeli perangko trs bs dikirim beneran loh. Nanti dapat stempel Sovereign Hill.

Ini kotak posnya, di samping kantor pos.

Awal masuk, sebetulnya kita langsung menuju tempat pendulangan emas. Tapi karena aku bosen, kita nyoba liat demonstrasi senapan jaman dulu....yg ternyata pilihan keliru surprisedsurprised karena Hanifnya jadi kaget dan trauma, lalu bad mood. Akhirnya kita kembali lagi ke tempat mendulang emas. Di sini akhirnya agak lama karena Hanif senang (cuman seneng mainan airnya aja sih sama main kapal2an pake nampannya) dan karena bapaknya terlalu senang mindblownbigsmile (kemaruk krn berhasil dpt emas -- padahal emasnya kecil banget kyk serpihan gitu..).

Ini sungai tempat mendulang emas. Eh itu lihat ada "Waterloo Store", itu juga jualan beneran loh, ala2 kuno juga. Jual selai, hiasan, dan botol kecil utk menyimpang emas hasil dulangan kita.


Irfan pasang foto ini di FB dg caption "hasil mendulang emas". Anda lihat serpihan2 di dasar botol itu? Yak itulah emasnya bigsmilebigsmile *hadeuh


Habis itu kita ngapain ya... ya jalan2 sambil liat2. Sempet menikmati tiket gratis naik kereta kuda. Terus masuk ke toko lilin dan ikutan "dip your own candle" yaitu beli lilin trs kita warnai sendiri.


Ini di dalam toko sekaligus pabrik lilin, teteup, kuno..

Rupanya turis Cina cukup banyak, krn byk show khusus berbahasa Cina, dan ada guide khusus Cina juga. Dan tetep konsisten dong ya, walopun guide Cina, tetep pake pakaian kuno (ala Cina):

Perumahan tempo dulu:

Kuda2 seliweran kyk gini bok, dg cowgirlnya.


Kayak gini suasana dalam tokonya. Kita sempat mampir ke toko permen:


Misalkan foto2 ini difilter ala2 filter kuno gitu, terus pengunjungnya pada pake baju kuno juga, seru kali ya... serasa naik mesin waktu ke masa lalu... coolcool

Btw kalo ikut jadwal shuttle bus nya VLine, kita pulang kembali dari Sovereign Hill jam 3.30 sore, jadi durasi di Sovereign Hill nya sekitar 4 jam. Itu udah lumayan cukup sih menurutku. Walaupun kita ga masuk2 tur tambang bawah tanah karena khawatir Hanifnya takut/rewel. Pulanglah kita kembali ke Melb.

Nah setelah istirahat sebentar dan mandi, kita pgn jalan2 lagi apalagi hari ini sejuk dan enak cuacanya. Seperti cerita di post hari kedua kemarin aku pun udah ngecek ternyata hari ketiga ini ga ada total fire ban yg berarti akan ada pertunjukan api di kompleks Crown. Kita ngincar yg jm 9 malam. Sebelumnya, kita nyoba naik tram ke Victoria Dock ya sambil nunggu jam 9. Ternyata sepi hahaha... memang kalo liat peta tramnya ada 3 docks di sisi barat, dan kyknya yg rame yg paling utara. Ga sampe 10 menit di situ cepet2 balik ke kompleks Crown. Jadi pertujukannya itu ada semburan n bola2 api dari 7 (7 apa 9 ya?) tower di sepanjang sungai Yarra depan kompleks Crown. Kita sengaja liatnya dari jembatan supaya justru bisa liat semuanya. Wah liat dari jembatan aja udah kerasa panas lho setiap apinya keluar...gimana yg di deketnya ya rolleyes.


Ya lumayan lah namanya juga hiburan gratis.. Btw ini pertunjukan api bikin jadi inget dulu aku pernah liat pertunjukan air di salah satu mall di Fukuoka, Jepang. Nah yg air itu yg bikin terkesan banget, krn aku ga pernah nemuin di mana2 sebelumnya, dan bukan semacam pertunjukan air dan laser macam Song of the Sea nya Singapur lho ya... Jadi pgn nulis ttg itu kapan2..

Ya alhamdulillah selesai juga post hari ketiga ini. Nah besok aku mau mulai nyoba ngantor lagi dan kita lihat apakah aku akan sempat menulis kisah hari keempat? bigsmile ##ditulis rabu, dipublish kamis

Baca cerita perjalanan hari 1: di sini.
Baca cerita perjalanan hari 2: di sini.

1 comment:

  1. Ternyata masih ada yg kelupaan ditulis, yaitu pertunjukan melelehkan dan menuangkan emas senilai 100,000 AU$ (katanya).. yak jika tdk males akan saya tulis kapan2 wkwk

    ReplyDelete