Tuesday, 6 January 2015

Melbourne, Day 1

Masih dalam suasana gak bisa move on setelah liburan bigsmile, marilah kita dokumentasikan perjalanan ke Melbourne kemarin. Foto2nya juga sdh diupload ke FB oleh Irfan, mari berdoa saja semoga lancar2 saja proses ngelink foto dari FB ini *amin. Btw aku terkesan dg blog populer ini http://travelingprecils.blogspot.com.au/ sehingga kisah perjalanan mereka di Melbie pun aku print sebagai referensi bigsmile

Transportasi Syd-Mel
Awalnya kita (*oiya mohon izin menggunakan 'kita' dan bukan 'kami', hihihi...) berencana berangkat naik kereta karena ingin merasakan naik kereta jarak jauh di sini. Tapi setelah ngecek ternyata harga naik kereta hampir sama dengan naik pesawat, padahal durasi naik kereta cukup lama (sekitar 10 jam) dibanding pesawat yg cuma 1 jam.
*Lebih untung naik kereta kalau ada lebih dari 1 anak dalam rombongan, karena anak2 dapat diskon (bahkan bisa cuma bayar $1-2 per anak) sedangkan kalau naik pesawat anak di atas 2 tahun harus bayar penuh. Kemarin teman yang punya 2 anak lebih memilih naik kereta karena total harga lebih murah dibanding naik pesawat, sedangkan keluargaku yg hanya ada 1 anak lebih pilih naik pesawat karena total harga hampir sama.

Kita sengaja pilih jadwal berangkat tanggal 2 Jan krn harga2 sudah lumayan agak turun. Berangkat jam 7 pagi dan pulang 5 Jan jam 6 sore kenanya $540 untuk bertiga.

Transportasi di Mel
Nah ini urusan bapak Irfan haha... Setelah dia survey, kita naik shuttle bus airport - CBD (namanya SkyBus). Anak di bwh 4 tahun ga bayar, jadi kita cuma bayar 2 x $18 (adult fare). Kalo mau beli return ticket, cuma $30 utk 1 dewasa.

Untuk dalam kota, sebetulnya ada city circle tram yaitu tram gratis utk wisata keliling kota, tapi pas kita ke 7-11, dikasih tau pegawainya kalo per 1 Januari, berlaku Free Tram Zone di CBD, yaitu kita bisa naik tram di dalam CBD tanpa bayar, dan ini berlaku utk tram apa saja, ga hanya city circle tram, alhamdulillah.

Tapi karena kita juga berencana eksplor daerah lain di luar CBD, kita pun beli tiket myki, ya semacam EZ-Link nya Singapur atau Opal nya NSW. Mirip kyk Ez-link, kartunya sendiri ada harganya, $6, hiks aga berasa rugi.. Kalo Opal kan kartunya ga bayar uneasy.

Emporium (Es Teler 77, MyKids Emporium)
Dari airport kita langsung meluncur ke Adina Apartment cabang Northbank (review menyusul...kalo sempat bigsmile), mau taruh koper. Alhamdulillah tnyt malah udah bisa check in, pdhl msh pagi banget. Lgsg taruh koper dan cari makan. Gara2 ada yg ngidam makan di Es Teler 77 (ket: bukan saya bigsmilebigsmile) kita langsung meluncur ke Emporium, mall baru di Melb yg modelnya kyk mall2 gede n gemerlap macam Grand Indonesia. Untung kmrn udah tanya2 n survey, es teler 77 ini msh buka ga sih di Melb..
Daftar menu dg harga yg jelas berlipat harga es teler 77 Indonesia.

Pesen mie bakso, munculnya tdk seperti bayangan
(ukuran mie, bakso, dan "ijo"2nya gede2 banget mindblownmindblown). Nasgornya juga gitu, gede.

Selesai makan, kita tertarik liat2 mallnya sebentar. Juga tertarik ada tulisan MyKids Emporium, akhirnya naiklah ke lantai atas. Ternyata ini bagian anak2 dari Myer, tapi dibuat lebih berkonsep dan display2nya lebih banyak dan berfungsi ganda sebagai 'wahana' yg bisa dinaiki. Di display Lego, Hanif tertarik naik truk Lego (yg sebetulnya juga rak display lego duplo). Banyak juga display2 lego, termasuk icon2 Melb macam Flinders St. Station, Luna Park, dan stadion (ga tau stadion apa mindblown).

Flinders St. Station Lego yg mirip banget sama aslinya.

Melbourne Central Shopping Centre
Dari Emporium, kita ke Melbourne Central Shopping Centre yg jaraknya deket. Tujuannya cari bahan2 makanan untuk disimpan di hotel (maksudnya apartemen sih..). Dan sekalian liat2. Kok pas kebetulan lewat situ, tepat jam 1 siang. Ternyata setiap jam ada pertunjukan Marionette Watch di situ (1 lantai di atas Coles), yaitu jam gede dg kurcaci2 kecil memainkan lagu 'Waltzing Matilda'. (btw ternyata ga ada fotonya, krn 'pertunjukan'nya direkam bentuk video..). Tepat di depannya, ada menara tinggi (ya di dalam shopping centrenya itu) yg ternyata adalah Shot Tower Museum, tapi kita foto2 aja, ga masuk/liat2.

Shot Tower

Luna Park & St. Kilda Beach
Selesai belanja, kita leyeh2 dulu di kamar. Alamak panasnya, 37an deg C.
*Sebelum berangkat kita memang mengecek prakiraan cuaca untuk hari2 selama kita di sana, apalagi dg kondisi Melb yg terkenal dg "four seasons in a day". Juga, di musim panas, seperti tahun2 sebelumnya, heat wave sering melanda Melb. Aku juga sdh siap2 dg googling persiapan apa saja yg hrs dilakukan jika heat wave melanda.

Setelah mandi (krn kepanasan...biasanya cuma mandi 1 x sehari itupun malam2 bigsmile) kita rencana mau jalan keluar. Awalnya kita berencana ke Brighton Beach, tapi entah kenapa (aku udah lupa wkwk) akhirnya kita memutuskan ke St. Kilda Beach, sekalian liat Luna Park (kyknya ini alasannya). Udah tau kok kalo Hanif msh terlalu kecil utk bisa menikmati Luna Park tp ya kita cm pgn tau aja n bandingkan dg yg di Sydney. Kita kesana naik tram jurusan St. Kilda. Sampai di sana, ya biasa aja, malah kyknya lbh kecil drpd yg di Syd. Udara udah panas kyk di sauna.

Keluar dari Luna Park, jalan sedikit ke St. Kilda Beach. Untung matahari sempat tersembunyi awan, jadi panasnya ga terlalu terasa. Walaupun kita sdh pernah main di berbagai pantai di Sydney & sekitarnya, ternyata pantai ini beda juga: pantainya cetek (bagian ceteknya cukup luas) dan ombaknya tenang. Karena cetek inilah, Hanif bisa main dg tipe aktivitas yg beda dg sebelumnya di pantai2 di Sydney: main 'splish splash' (tentu saja ini istilah Hanif sendiri), yaitu lari2 di pantai supaya airnya nyiprat2. Aku sendiri ikut masuk dan ternyata menikmati airnya yg cukup sejuk. Suasa pantai ruameeee banget, pdhl sebelum matahari ketutup awan itu panasnya minta ampun loh.

Senang bermain di St. Kilda Beach.

Hanif betah bermain sampai hampir Maghrib. Setelah makan fish and chips, kita pulang sambil menikmati suasana yang mulai gelap. Oya waktu di dalam tram, kita dikasih tau orang kalao di St. Kilda kita juga bisa liat penguin. Wah, ga usah jauh2 ke Phillip Island dong. (Btw, aku cek di google memang bisa liat penguin ini dari St. Kilda: http://www.earthcarestkilda.org.au/get-involved/penguin-guides/).

Dari Flinders St. Station, kita mau naik tram tapi ternyata tram selanjutnya agak lama, padahal waktu dari St. Kilda kita juga lama nunggunya. Akhirnya kita putuskan jalan kaki dari Flinders St. Station menyusuri sungai Yarra. Wah4..hari pertama ini aku kurang menikmati karena panas banget. Andaikan ga panas, pasti aku lebih menikmati jalan2 malam hari menyusuri sungai Yarra, yg sebetulnya mengingatkan sungai Main di Frankfurt dan sungai Seine di Paris. Hari pertama ini pengennya cepet2 pulang dan ngadem di hotel. Oke kita lihat ya hari2 selanjutnya seperti apa wink.

1. Seneng deh baca postingan nya Vit. Jadi kayak bisa ngintip kehidupan eh liburan di sana gitu. Rasane bahagia loh liat potone Hanif di atas.. :D

1. Ini juga msh kebawa suasana senengnya liburan Dan..makanya cepet2 didokumentasikan sebelum tenggelam bersama stress pekerjaan hahahaha... Btw jaman skr beda dg dulu Dan, skr mau kemana2 pesawatnya murah bahkan keluar negeri.. Mungkin Dani tertarik mulai dari sekarang merencanakan wisata keluarga keluar negeri? :D

2. nyesel de'e gak sempet nyusul aku nang Sydney. Ben isok kopdar 3 keluarga, hahaha.