Saturday, 13 December 2014

Catatan Wiken Ini

Assalamualaikum...
Sore ini nyantai (baca: males ngapa2in), akhirnya marilah tulis2 sesuatu di waktu yg tidak lazim :D.
Gara2nya tadi ikutan acara pengajian, terus ngobrol2 n dgr2 cerita ttg temen. Ceritanya ini dramatis banget... Nah tapi biar nyambung aku cerita satu cerita lain dari temen yg lain dulu ya, sesuai kronologis kejadian hahaha..

Jadi ada satu temen kita berdua (aku n suami) dia daftar tes cepe enes *berusaha menyamarkan sedikit bigsmile. Sejak awal ikut tes tuh udah lumayan ada drama. Kan dia sedang di tengah2 masa studi s3 di sini. Tengah taun dia pulang utk tes awal (tes tulis ya?). Udah pulang, eeeh ternyata tesnya diundur dong. Seingetku dia mundur kira2 semingguan lebih dari jadwal pulangnya semula. Padahal istrinya kerja part time dan cutinya ga bisa diperpanjang. Untunglah ada tante Barbie baik hati bigsmile dg suaminya yg berbaik hati mengizinkan si tante menjaga anak temenku ini sementara istrinya kerja part time *tante mohon izin ngelink blog selebnya, wkwk...

Nah ternyata drama ini terulang lagi. Si temenku ini ada jadwal tes kedua, tes wawancara di akhir bulan ini. Kebetulan ada acara nikahan juga, dan di sini kan libur panjang, jadilah rencana yg pas untuk mudik. Eh dan ternyata dong, jadwal tesnya dimajukan! Aku taunya dari temenku yg pasang status ttg kekecewaannya dia. Wajar kecewa lah. Tiket sudah di tangan, ternyata harus pulang lebih cepat, dan sekarang ini adalah high season krn libur panjang kan. Masih bisa kebagian tiket itu sudah syukur, belum lagi harganya yg pasti berlipat2. Wuih byk bgt yg komen, da kayaknya sebagian udah pada tau n hafal 'kelakuan' tes cepe enes (dan tes/acara sejenis, yg berbau2 negara gitu ya, hihihi) yg emang serba ga jelas, ndadak, dll.. 

Eeh ternyata ada yg lebih dramatis lagi. Jadi ada temenku 1 lagi, sedang studi s3 juga, dan daftar tes cepe enes juga, tapi beda instansi. Dia itu malah terima pengumuman tentang tes tahap kedua sehari sebelumnya! Jadi dia tulis status di FB semacam gini dlm bhs inggris: life is unpredictable. Jam 2 siang sedang duduk di depan komputer mengamati hasil eksperimen ketiba tiba2 terima kabar hrs segera pulang ke Indonesia. 


Aku kebetulan ga tau ttg status ini dan baru tau hari ini, diceritain. Jadi katanya si temenku ini langsung heboh beresin eksperimennya, di rumah beres2in jemuran, packing 1 jam trs lgsg naik bis ke bandara. Sempet sampai ada tragedi salah turun terminal, paspor kececer di pesawat dll (ini berdasarkan baca komen2 di statusnya dia). Oh ya tau gak salah turunnya gimana, krn dia turun di terminal int'l.. Pdhl dia mustinya turun di domestik krn pesawatnya dia itu musti via Darwin supaya dapet yg ke Indo... (kyknya ga kebagian yg langsung Indo).

Eeh ceritanya ga sampe di situ. 2 jam menjelang keberangkatan, tnyt krn hal teknis, penerbangan Darwin ke Indo nya dicancel! Diinepkan di hotel bandara. Situasi terakhir sih katanya jam 1 malem ini dia akan terbang ke Brisbane utk selanjutnya terbang ke Denpasar. Padahal...tes nya di salah satu kota lain loh, jadi dari Dps perjalanan msh jauh.. Dan tesnya hari ini... uneasy

Banyak sih yg bisa dibahas dari kejadian ini. Kalo temenku yg pertama tadi, dia merasa kecewa dan bertanya, kenapa sih kekurangan yg sama bisa terulang terus menerus (dan dia sempet blg macam gini "dan ga usah nambahin bahas ttg beasiswa pemerintah deh..") dan dia mmg bertekad selesai studi nanti akan memperbaiki hal ini, dan Indonesia secara umum. 
Kalo temenku yg kedua, statusnya lbh tenang, lbh ke arah berusaha ambil hikmahnya dan sisi positifnya.. (walaupun sampai skr juga aku blm tau status tesnya yg udah kelewat itu gimana..) ya semoga lancar ya untuk teman2ku ini..

Nah kalo aku? Malah jadi ingat perjalanan hidupku sendiri terkait kegiatan2 instansi pemer1nt4h ini *berusaha menyamarkan lagi bigsmilebigsmile.
Yg langsung keinget sih saat Ipan pr4j4b *lagi2 menyamarkan bigsmilebigsmilebigsmile
Waktu itu kan dia sudah di oz dan ada kemungkinan besar pr4j4bnya diadakan taun itu, ga mungkin taun berikutnya krn saat itu sudah hampir 2 taun berlalu setelah dia jadi cepe enes (hrs ikut pr4j4b paling lambat 2 thn setelah jadi cepe enes). Aku pun rajin mendatangi bag kepeg4w414n *bahasa alay lagi bigsmilebigsmilebigsmilebigsmile. Aku tanya2 kira2 kapan tes nya supaya bisa mengatur kepulangan dg lbh siap. Ya jawabannya udah jelas ya, mereka juga ga tau krn itu semua ditentukan dari pusat. Bahkan tempatnya pun mereka ga bisa kasih kepastian. Bener, kyknya ga ada gunanya deh aku tny2 bbrp temenku yg ikut pr4j4b di taun sebelumnya. Bulannya beda2, trs tempatnya juga beda2. Ada yg dapet di Bogor, ada yg di Malang, dll. 

Aku juga rajin tny tmn2ku yg di 2 kampus negeri lain, ya tp tetep ga bisa nebak2 terus pesen tiket 'kan? Setelah bbrp kali dateng lagi ke kepeg4w414n, berhasil ngerayu untuk ditelponkan ke pusat, dan setelah berhasil ditelponkan ke pusat, dijawab mmg akan ada rencana pr4j4b utk pegawai di situ sekitar bulan Juni. Nah lho, walaupun gitu, masak mau pesen tiket, blm berani juga kan? Ya akhirnya kita berusaha sebaik2nya....dan berdoa...

Syukur alhamdulillah sepertinya usahaku ngedatengin bagian kepeg4w414n membuahkan hasil. Setidaknya, kayaknya sih permintaanku dan pertimbangan terhadap kasus Ipan, membuat dia lbh diperhatikan. Dalam dua gelombang pr4j4b utk pegawai di tempat kerja kami, Ipan dapet gelombang pertama, dg tempat di Surabaya. Yg gelombang kedua dpt di Bogor lho. Dan sebelum undangan resminya keluar, aku dihubungi lewat telpon. Langsung lega banget saat itu, dan bisa pesen tiket dg tenang. 

Tujuanku nulis ini, sebenernya utk pengingat diriku sendiri juga. Menulis rejeki2 dan karunia2 dlm hidup. Betapa banyak perjalanan hidupku yg dimudahkan. Aku agak lupa sih apakah masa2 sulit dlm hidupku aku tulis2 juga. Yg jelas kapan hari aku nemu tulisan2ku jaman mahasiswa dlm bentuk file, bbrp isinya kegalau2an, hahaha.... tapi aku seneng juga bacanya, jadi mikir, oalah jaman segitu aku nganggep masalah gitu itu besar ya hahaha.. dan intinya masalah itu teratasi juga. Itu juga jadi mengingatkan bahwa memang akan selalu ada masalah tantangan dlm hidup kita. Salah satu hikmahnya ya kita jadi lebih mendekatkan diri dengan Allah. Btw aku ada lho blog khusus utk nulis 1 hal yg aku syukuri setiap hari, post pendek2 gitu, 1-2 paragraf. Tapi setelah ada Hanif ngisinya jadi ga rutin apalagi setelah rantau di sini... Ya semoga bisa dirutinkan lagi.

Ya sekian dulu tulisan wiken ini. Semoga kita diberi kemudahan dan kelancaran ya dalam menuntaskan kewajiban2 kita, amin.

2 comments:

  1. oalaaaaah mangkane mbakwid kok mulihe luweh cepet yo :O

    iyo aku juga suka nginget2 cerita sedih di masa lalu dgn tujuan spy bs sadar bahwa nothing lasts forever not even our sorrow. semua akan terlewati. yg penting berusaha untuk tetep sabar dan gak perlu ngewalik rombonge sapa-sapa, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngewalik rombong ini khas tante barbie banget sih hahaha.. tetap semangat ya

      Delete