Friday, 14 November 2014

Hidup lebih sehat

Yak kembali lagi ngeblog sembari nunggu barang dagangan (baca: nungguin eksperimen di lab). Wakaka…. Untuk ukuran jurusanku, eksperimenku itu kan termasuk lama ( > 40 menit… Jangan bandingkan dg jurusan lain seperti tekkim yah, yg eksperimennya bisa berhari2 atau berminggu2 :p) dan aku masih belum berani lama2 ninggal eksperimen yg lagi jalan (lab managernya kejem bok). Disambi belajar / mikir jarang berhasil krn suara mesinnya yg cukup mengganggu. Akhirnya biasanya nungguin barang dagangan ini sambil melakukan aktivitas hura2 yg ga pake mikir serius kyk FBan, browsing2 penting (menu/resep masakan, tumbuh kembang anak, dll) maupun ga penting (gosip2 artis, dll wkwkwk), atau ngeblog. Udah ada loh sekitar 5 draft yg kuhasilkan saat nungguin dagangan ini…dan semuanya blm ada yg dituntaskan wakaka….

Baiklah ini berarti tulisan keenam yg dihasilkan sembari menunggu barang dagangan laku wkwkwk…
Kali ini tiba2 pgn nulis sekalian sebagai pengingat, tentang menuju hidup yg lebih sehat. Haha belum waktunya ya bikin resolusi2 taun baru? Wkwk. Tapi aku mmg sdh punya rencana utk memperbaiki pola hidup keluargaku dan sdh mulai diusahakan sejak kira2 1-2 bln yg lalu.
[added 14.Nov.14...hebat....tulisan ini dibikin senin, baru memaksakan diri sempat dilanjut jumat pagi sambil masak...mindblownmindblown]

Olahraga
Sejak punya mobil akhir taun kemarin, otomatis kita jadi jarang jalan kaki. Yang dulunya musti jalan kaki PP 3 km untuk antar jemput Hanif ke childcarenya, skr berkurang, paling2 cuma jalan kaki PP parkiran – kantor :p. Badan melar, apalagi pola kerja yg full di depan pc/laptop. Beberapa usaha yg sdh aku lakukan adalah:
1.      Nggak naik lift.
Bok…emang kalo badan semakin berat tuh semakin ga kuat / ngos2an ya diajak aktifitas fisik bahkan yg ringan2 aja. Nggak heran org yg gemuk2 biasanya semakin gemuk semakin males olahraga. Kantorku di lantai 3, jadi kalo ga mau ngelift aku hrs naik mulai lt G ke 1, 2, baru 3. Itu biasanya di lt 2 udah ngos2an dan berat banget. Tapi ya tetep aku niati karena aku ingat, katanya sesuatu itu kalo udah dilakukan 1 bln akan jadi kebiasaan. Aku juga inget dulu jaman di Darmstadt aku yg tadinya biasa ngelift terus, gara2 ditantang sama profesorku utk seperti dia (kantornya di lt.8 apa 9 gitu seingatku, ga pernah pake lift @_@) jadi kebiasaan naik ke lt 7, 8 dst tanpa lift!!
Ehem cuman yg ini meskipun udah dilakukan sebulan lebih, kok eike tetep ngos2an dan kerasa berat angkat badan ya? Apakah efek usia???? Oh tidakkkkk @_@
2.      Menyempatkan diri jemput Hanif jalan kaki.
Aku juga skr menyempatkan diri jemput Hanif jalan kaki. Jadi kalo pagi stroller dibawa naik mobil, lalu ditinggal di childcare. Sorenya aku jalan kaki dari kantor (kira2 1.6 km) jemput Hanif pake stroller dan jalan ke parkiran mobil. Lumayan lah, karena ini kan jalan kakinya pulangnya. Kalo dulu kan bete karena antar Hanif pagi2 itu butuh waktu min 45 menit, itupun sampe kantor udah keringetan, kepanasan, apalagi ngantar Hanif itu kan nanjak dan dorong2 stroller berisi buntelan 14 kg (baca: Hanif -_-). Nah kalo skr, pagi aku tetep bisa kerja efektif krn pikiran masih segar. Nanti sore setelah otak juga lelah, aku tinggal jalan kaki ke atas (childcare), ga usah dorong stroller. Pulang dari childcare ga berat walopun dorong Hanif krn jalanan menurun. Ini pun kan cuma dorong sampe ke parkiran, ga sampe ke rumah.  Ya semoga bisa konsisten tiap hari kalau sempat. Alhamdulillah juga, karena ada mobil, kalau misalnya repot dan ga sempat, ya udah, ga usah jalan kaki, tinggal naik mobil aja, nanti strollernya tinggal dimasukkan lagi ke bagasi.
3.      Nah baru dua itu. Apa lagi ya yg bisa dilakukan?


ini ya...30 menit kerja diimbangi dg 30 menit olahraga...
*oh yeah...developermrgreen


Pola Makan
Nah berikutnya pola makan. Pssst, sebetulnya inspirasi memperbaiki pola hidup ini karena melihat pola hidup housemate kita yg sehat banget. Jadi tiap pagi, dia selalu sempat jogging sekitar 1 jam gitu. Lalu makanannya itu sehat2 bok. Aku selalu pgn ngakak kalo udah malam2 gitu kita begadang bareng (dia PhD candidate juga…wakaka…. 3 PhD students dalam 1 rumah wkwk). Kalo begadang gitu kan pasti pgn ngemil ya. Biasanya aku dan Ipan dg cemilan masing2: favoritku sih M n Ms, biskuit2 manis gitu, keripik , dll. Kalo Ipan biasanya keripik kentang. Nah kalo housemate kita? Bok, buah bok xD. Apel, pir, pisang, dll. Kalo masak juga gitu (doi masak kadang2 aja sih sebetulnya), ga pernah goreng2, cuma rebus2 aja gitu. Dan selalu ada sayurnya.

Nah bbrp kali aku suka liat gambar2 di pinterest ttg pola makan sehat ini. Hiks… emang yg susah itu kurangin camilan2 yg manis2 dan asin2 itu T_T. Dan kadang males juga…. Misalnya ngemil malem2 itu tadi. Udah enak2 di depan laptop, laper, kan gampang kalo tinggal ambil keripik terus buka bungkusnya :D. Kalo apel/pir kan hrs ngupas dulu (ini alesan yak? xD)
Doh apalagi Hanif agak susah makan sayur. PR banget pola makan sehat ini… Semoga bisa..


Nah kan pas Senin kemarin nemu gambar2 lucu2 di pinterest, sekarang udah ga nemu lagi hiks2...
Ya sudah ini aja yg ada... dari pinterest,com (uploaded by user)

1.      Mengusahakan ada sayur dan buah setiap hari
Sedang diusahakan.. Kadang berhasil, kadang enggak (terutama yg sayur.. kalo buah insya Allah gampang). Kalo beli makan di luar sekarang selalu ada sayurnnya. Yg biasanya cuma fish n chips, sekarang fish chips n salad. BIasanya chicken chips, sekarang chicken chips salads. Etapi kalo ke rumah makan padang, gulai daun nangka dan gulai daun singkong yg full santen itu termasuk menu sayuran yg menyehatkan gak seh? (Ato malah menjerumuskan? xD wkwk)


dari pinterest.com / popsugar

2.      Lebih selektif memilih produk makanan jadi
Nah kalo ini terinspirasi temenku yg anaknya sempat langganan ke dietitian krn berat badannya kurang. Dia dpt bbrp tips dari dietitiannya itu, yg kuikuti juga. Misalnya, pilih produk roti tawar atau sereal yg difortifikasi zat besi dan vitamin mineral lain. Aku sempat tanya, ngapain musti gitu? Bukannya mendingan melengkapi makanan dg memang tinggi zat besi misalnya daging sapi, bayam gitu. Dia blg iya, tapi kata dietitiannya, biasanya kita ga bisa bener2 ngelengkapi kebutuhan zat besi dari menu sehari itu (lupa kalimat persisnya :p )...gampangannya, kemungkinan besar kita lebih rutin makan roti atau sereal tiap hari dibanding rutin makan daging atau bayam tiap hari.. Jadi disarankan pilihlah roti atau sereal yg difortifikasi zat ini itu tadi..

Oya kalo roti2an, tepung2an dan produk semacamnya aku sudah lama pilih yg whole grain atau whole wheat (opo seh bedane? wkwk ga tau xD). Aku malah suka sih, krn menurutku lebih gurih dan lebih bertekstur.. Keluarga kita yg blm bisa tuh beralih ke beras whole grain...wakaka... dan kayaknya gak akan beralih dari beras putih biasa bigsmile(tolong2 ada 5 kilo udah dibeli tnyt kita ga doyan...siapa yg mau.. bigsmile bigsmile)


Aku yg blm bisa tuh ngurain gula... piye yo carane uneasyuneasy aku tuh saking sukanya sama m n ms kacang, kalo lagi promo langsung beli dua. Dan sekarang pun sudah mulai ngerasa kurang, jadi kalo promo pengennya beli empat uneasyuneasy (karena promonya itu biasanya hrs beli kelipatan 2 bungkus gitu hiks3)

Eh apa lagi ya aku kok lupa? ini udah ada nomor 3 tapi akyu sudah lupa..maklum udah hari kelima sejak draft ditulis bok... Ya sutra kita akhiri saja, syukur2 ini gak ngendon jadi draft saja seperti nasib kelima tulisan lainnyabigsmile
E nanti kalo sempet ditambahin lagi gambar2 lucunya kalo udah nemu di pinterest....ini pagi2 sih jadi cepet2an ga nemu yg bagus2 kyk kemarin..

4 comments:

  1. mau mulai lagi makan-makanan yang sehat kok gak jadi-jadi eh trus baca ini. Hiks. Keinget kalo lama gak lari lama gak jalan kaki juga. Jalan kaki di jakarta bukane sehat malah bengek. Huehehehehehe
    Sehat selalu nggih Mba V *melu-melu Memy*

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. wakaka... tertohok.. btw, pilihan bisa milson's point atau cremorne point, dg daya tariknya sendiri2 :*

      Delete