Thursday, 4 September 2014

[review] Cremorne Point, Sydney

Wiken kemarin cuaca cukup cerah, kita pun merencanakan keluar rumah menghangatkan badan. Pilihan (bapake Hanif) jatuh ke Cremorne Point. Sebelumnya kita sudah pernah kesana, dan kita memang cukup terkesan dengan tempat itu. Nah yg dulu kita baru tau kalo ada walking track cukup panjang, dan wiken kemarin kita (bapake Hanif, maksudnya) berencana menyusuri walking track sisi berbeda.

Untuk menuju ke Cremorne Point ini, bisa naik ferry dari Circular Quay yang jurusan Mosman. Kalau hari Minggu intervalnya 1 jam sekali, kalau hari lain aku gak tau yaaa.. Btw alternatif lain: Dulu waktu pertama kali kita kesana, kita ketinggalan ferry ini, akhirnya kita ambil ferry jurusan Neutral Bay, lalu dari sana naik bis langsung jurusan Cremorne Point. Oke ceritanya mulai dari kunjungan kita yg pertama kesana ya, lalu lanjut kunjungan kedua minggu lalu..

Bus 225 jurusan Neutral Bay - Cremorne Point sedang berbalik di halte bus Cremorne Point yang juga dekat ferry wharf-nya. 
Di sebelah kiri terlihat tangga menuju playground dan ujung tanjung yang ada mercusuar kecilnya. Jika membawa stroller, alternatifnya bisa agak ke utaranya sedikit dulu, akan ada jalan masuk yang lebih landai. (kutip langsung dari fb mr irfan Facebook Devil EmoticonFacebook Devil Emoticon

Cremorne Point Wharf
Halte bis Cremorne Point dan wharf nya sebelah2an ya. Dari situ, dulu kita naik ke tangga ke atas, walaupun sebetulnya ada ramp naik tanpa tangga (btw, walking track di Cremorne Point ini termasuk stroller friendly lho, karena hampir ga ada tangganya. Silakan baca ulasan lain di sini: )

Playground dengan pemandangan Opera House dan Harbour Bridge
Begitu naik, langsung ketemu toilet dan playground. Pemandangannya bagus, jadi di kejauhan terlihat kompleks Opera House dan Harbour Bridge. Suasana sekitar cukup rimbun. Ada juga alat2 fitnes, cocok bagi yg ingin fitnes sambil menikmati pemandangan alam.. Ada papan catur tapi gak ada bidaknya..
Puas main2, kita lanjut jalan menyusuri jalan kecil (ya walking track nya itu.. menuju utara?). Agak menanjak, tapi oke lah. Pemandangan lagi2 bagus, jadi di sisi kiri (barat) ada rumah2 bagus2 lucu2, di sisi kanan (timur) tebing langsung menghadap pantai/laut. Bagus banget, keliatan di pantai/laut kapal2 parkir. Pemandangan kejauhannya juga bagus. Banyak orang2 jalan / jogging di sini. Karena kita gak merencanakan mau lewat mana sebelumnya, akhirnya setelah agak jauhan, kita jalan balik lagi ke tempat semula. 

Sebuah playground cukup bagus di Cremorne Point, sepertinya bisa untuk toddler hingga anak2 besar, bahkan untuk dewasa ada alat fitness. Dilengkapi pula dengan pemandangan laut dan Opera House di kejauhan seperti tampak pada foto ini (kutip mr irfan Facebook Devil Emoticon)

 


Kolam renang di pinggir pantai (lagi2 dengan pemandangan indah)
Sampai di tempat yang tadi, kita melanjutkan ke sisi berbeda, tetap di walking track. Pemandangan bagus banget, jadi sekarang sisi kiri kita bisa lihat kompleks Opera House dan kawan2, dan di sebelah kanan rumah2 bagus2.. kayaknya sih rumah sewaan gitu ya, vila untuk liburan gitu. Asyik juga kayaknya brenti sambil makan siang n duduk2 di sini. Di ujung jalan, ada kolam renang model nyambung sama pantai gitu. Udah ada keinginan balik situ untuk renang tapi sampe sekarang   (sampe waktunya nulis post ini) belum kesampaian.. 
Dari situ kita balik ke wharf awal tadi. Nah waktu ferry nya dateng, kita baru ngeh kalo ini ferry yg bukan tujuan Circular Quay. Jadi kan ferrynya muter gitu ya. Dari Circular Quay (CQ) - Cremorne Point - South Mosman - Old Cremorne - Mosman Bay lalu balik lagi Old Cremorne - dst dst sampai kembali ke CQ. Tapi ya daripada duduk2 di situ nunggu, ya kita naik aja, toh jaraknya dekat. Jadilah kita naiki ferry itu. Nah malah kita jadi tau, waktu ferrynya brenti di Old Cremorne, oh ini nyambung dengan walking track yang tadi... Jadi tadi mustinya bisa jalan terus lalu naik ferry dari sini.. Okelah kapan2..
(Kolam renang kagak ada poto2nya... sungkan sama yg lagi renang di situ Facebook Curly Lips EmoticonFacebook Curly Lips Emoticon)

Old Cremorne
..kapan2nya itu baru kesampaian minggu lalu, hehe. Jadi minggu lalu kita naik ferry yg beneran (krn yg dulu kan ketinggalan) jurusan Mosman dan turun di Old Cremorne Wharf, lalu langsung jalan ke arah utara (?). Oya, dibandingkan Cremorne Point, turun di Old Cremorne ini lebih "terasa" hutannya. Semak2nya lebih lebat. Tetep ya, di kiri rumah2/vila2 bagus2 lucu2, di kanan tebing menghadap pantai. Aku sangat menikmati karena berasa hutan hujan tropis banget! Agak gelap gitu karena pohonnya juga cukup lebat. Lalu sampailah di persimpangan jalan, agak terasa tersentuh peradaban nih, hehe. Ada papan petunjuk ini.

Yeah, hutan lebat. Aslinya lebih gelap, bok.

Sempet bingung karena tadinya kita mau ke pantai di sekitar Mosman, tapi gak yakin tembus atau nggak. Ya sudah mari kita lanjut perjalanan saja.

Fotonya miring, susah sih ambil fotonya, mataharinya terang buanget jadi malah gelap.. Cek google maps saja petanya dan info lain dari google ya (maaf gak kasih link... maklum namapun blog sambilan Facebook Curly Lips EmoticonFacebook Curly Lips Emoticon)


Ini persimpangan letak papan petunjuk tadi.. Saya suka Facebook Kiki Smiley

Lewat persimpangan tadi, semakin lebat hutannya, kok mirip Kaliurang ya, haha.. Apalagi pas liat jembatan di atas 'sungai' ini. Wah seneng aku 'bushwalking' kali ini.. Hanif cukup menikmati, tapi dia takut kena semak2 yg tajam itu lho, jalan kakinya malah menghindari semak2 tapi mepet2 tebing, akhirnya terpaksa sesekali digendong kalo ada semak2 tajam..

...sampailah kita di hutan rimbun mirip Kaliurang.. Fotonya kok terang ya? Aslinya agak gelap.. Ehem silakan cari foto yg lebih representatif di internet ya... *maap


 
Pemandangan dari jembatan tadi. Aslinya lebih bagus ye. Dan...whoa, ada rumah di tengah hutan. Emoticon in loveEmoticon in love

Walking track nya berakhir di sekitaran Mosman. Ini juga bagus bok (ehem...North Sydney gitu loh.. katanya tempat elit..). Gak jauh keliatan ada playground, ya pasti Hanif minta main di situ. Dia terlihat sangat bersemangat dan menikmati, ya sudah kita putuskan ga jadi nyari pantai. Masih ada waktu lain...

Pulang naik bis ke Milsons Point
Yang jadi kendala acara jalan2 macam gini ya transportnya ya bok. Hari Minggu gini ferrynya 1 jam sekali. Jadi waktu kita main2 di playground, bapake Hanif sdh ngecek gimana pulangnya. Karena pilihan naik ferry kurang oke jam nya, akhirnya kita naik bis dari Mosman Wharf, jurusan Milsons Point, supaya dari sana bisa langsung naik kereta.


Pemandangan naik bis ini kurang lebih sama dengan pemandangan naik bis dari Neutral Bay waktu kita pertama kali ke Cremorne Point, khas Sydney Utara.
Overall, 'bushwalking' (istilah bapake Hanif) kemarin cukup menyenangkan. Aku suka yg model begini, bukan yg full bush gitu ga ada rumah2 / pemandangan indah. Sepertinya masih ada sisa track yg belum dijelajahi, mungkin lain waktu ya...

No comments:

Post a Comment