Monday, 25 August 2014

Sakit Gigi

Hari ini hari apa? Senin? gak salah tulis blog post Senen2???
Yaaa kemarin malam sesaat sebelum jam 00 kelarlah tugas wajib saya.. hari ini pengen nyantai2 dulu, beres2kan meja, selesaikan urusan2 kecil yg belum kelar (sambil nunggu koreksian dari bos, siapa tau suruh revisi :p). Mari kita lanjutkan:
--------------------------------------------------------------

(tulisan di bawah ini nulisnya kemaren hari Minggu sambil nemeni Hanif dan bapake main di pantai --> harusnya saya juga, tapi kok malesss ya?! bigsmile


Na.....bahan2 yg pgn ditulis nambah terus,tapi apa daya,"nunggu tulisan yg 'wajib' kelar dulu..." T_T Akhirnya nulis ini dari hape,di sela2 perjalanan ke pantai (demi Hanif supaya terjemur matahari..) Nah bahasan yg siap ditulis ada 4,semuanya terinspirasi peristiwa yg msh hangat: 
.tentang pengalaman(?) sakit gigi di sini --> krn lg sakit gigi T_T 
.tentang pengalaman jadi anggota loyalty program di sini --> karena hbs dpt member deal (lagi) berupa regular food + drink (selain deal2 yg lain seperti voucher, diskon, dll) 
.tentang cuci2 sekarang ini (heh?!) --> krn akhir2 ini hujan terus,kagak bisa ngejemur T_T 
.satu lagi opo yo? Kok lupa? 

Baiklah...mungkin kalo diukur penting gak pentingnya, yg no. 1 aja kali ya,karena aku pgn share ttg tambalan gigi. 

 Jadi terakhir aku ke dokter gigi itu pas mudik kmrn bln April,utk nambal geraham bungsuku yg tambalannya lepas. Eh tambalannya itu lepasnya kapan coba...taun lalu!! Wuakaka..Gara2 udah terintimidasi duluan oleh beberapa temenku yang kayaknya kapok banget urusin gigi mereka di OZ sini (mulai dari dosenku "saya cabut gigi kenal 3 juta rupiah!" lalu temen kita di sini, permanent resident bok padahal "aaah saya itu bolak-balik bolak-balik ke dokter gigi... udah habis lebih dari 1000 dolar kali..." lalu temenku "eh kamu jgn tambal atau cabut gigi di sana!") dan biasanya gak dicover asuransi yg basic yg biasanya kita2 (student2) pilih.. ada temen yg bilang di sydney "sakit gigi bonus sakit hati" karena mahalnya itu oy...

Jadinya taun lalu waktu tambalan lepas, malah cari2 obat tambal temporer (dikasih tau temen, student senior) macam gini:


dentafix! ini gambar dari websitenya langsung yaaa

Itu temen juga nyantai aja bilangnya "saya pake terus kok itu sampe sekarang ga lepas2 kok" mindblownmindblown. Eeh ternyata, entah aku yg ga bisa applynya ato emang permukaan lubang gigiku ga rata, itu tambalan temporer lepas2 melulu. Dan akhirnya aku bertahan dg gigi yg tambalannya lepas itu sampe mudik kemarin bigsmile. Ya kebetulan memang ga sakit, jadi tenang2 aja bigsmile.

Nah pas mudik waktunya mepet banget, cuma sempat betulkan tambalan yg lepas itu tadi tanpa sempat cek cek lagi. Nah tiba2 Rabu lalu pas ngunyah rendang salah satu gigiku (ada tambalannya juga) tiba2 sakit banget, nyut2an. Aku yg ngantor waktu itu sampai2 gak kuat berdiri dan gak bisa ngomong. Langsung tanya2 temen2 ttg pengalaman urusin gigi di sini. Lalu search2 tentang kira2 apa penyebabnya. Dari hasil search2 dan tanya2 emak (yg giginya juga bermasalah... bolak-balik ke dokter gigi...), ada kemungkinan tambalan di gigi yg sakit ini bocor. Aku baca2 link berbahasa Indo dan Inggris, kayaknya emang bener.. Dan memang aku baru ingat saat itu, gigi ini sempat ngilu beberapa kali kalau aku minum air dingin.

Linknya sih ada macem2 ya, tapi inti/pelajaran yg aku dapat antara lain;
.Gigi yang ditambal bukan berarti bebas masalah. Malah kadang tambalan yang gak bagus / sudah deteriorating (ini apa ya bhs Indonya? kok bisa lupa) bisa jadi sumber masalah juga.
.Sebaiknya periksa ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali walaupun gak sakit gigi... Karena kalo udah sakit gigi itu berarti ya bisa dibilang udah telat, masalahnya udah gede. --> perihal ini kan sering dibilangin ya, tapi aku anggep ga penting karena ya itu tadi, ga sakit. Ya gara2 ngalamin sakit gigi kemarin aku jadi niat rutin periksa ke dokter gigi.......di Indo ya, kalo di sini hmmm pikir2 dulu karena mahal wkwkwk lollol

Selain link2 artikel sempet juga baca2 blog orang tentang problem gigi ini... beneran loh ada yg tambalannya ga bagus jadi malah ada bakteri yg terperangkap di antara tambalan dan giginya, hiiiii crycry.

Oya lalu akhirnya aku berhasil dapat janjian sama dokter gigi kampus hari Jumatnya.. Ini pun diperparah Rabu malamnya posisi tidurku ga bener, jadi aku tidur miring dan kayaknya bagian gigi yg bermasalah itu tertekan, dan bangun2 semakin sakit juga gigi2 di sebelah2nya crycry (kebetulan 3 geraham berurutan tambalan semua uneasy).

Waktu Jumat diperiksa, sama dokternya diketok2, lalu dites disuruh gigit kuat2, lalu di x ray 2 x (kameranya digigit bok, dalam mulut). Dia bilang ga ada masalah kok. Kemungkinan pas salah posisi waktu ngunyah dan diperparah tidur ga sadar dlm posisi gigi lagi "grinding" jadi bikin gigi sederet itu sensitif semua. Dia cuma nyarankan pake pasta gigi semacam Sensodyne gitu dan katanya paling 2-3 hari sudah baikan (which is true....sekarang udah baikan...). Oya total biaya $50 konsultasi plus 2x x ray $74 = $124.

Oke jadi akhirnya inti post ini apa? Ya syukurilah karunia berupa gigi kita ini, bagi yg lagi gak ngirit seperti saya (wkwkwk) silakan rutin periksakan gigi ke dokter gigi ya.. kalo saya masih di sini, jadi ke pak dokternya kapan2 lagi aja wkwkwk (semoga sehat terus gigi2ku....bigsmilebigsmile amin).

Baiklah akhirnya izinkan saya tutup post ini dengan megahit "Sakit Gigi" by bung Meggy Z mrgreenmrgreen


No comments:

Post a Comment