Thursday, 28 August 2014

Loyalty Program ("do you have flybuys?")

Nah ini bahan kedua yang pengen ditulis di blog: tentang pengalaman ikut loyalty program di sini..

Jadi dulu awal-awal di sini, kalo belanja di supermarket, suka ditanyain, punya kartu ini gak? punya kartu itu gak? Maksudnya kartu keanggotaan loyalty program mereka. Terakhir taun 2012 waktu di Indo aku ingat ada kartu Hypermart, aku punya karena sering ada diskon khusus member saja dan program point rewards gitu. Giant juga ada tapi modelnya gabung sama kartu kredit, jadi aku ga tertarik. Ada juga kartu Sahabat Bilka waktu itu untuk customer Bilka, aku ga punya karena jarang belanja kesana.

Kalo di sini, 3 supermarket gede yg aku tau punya adalah Woolworths (dengan Everyday Rewards nya) dan Coles dengan Flybuys nya, Aldi ga ada. Dulu sering gak ngeh waktu ditanya "punya Flybuys?" heh? apa? dengernya layby malah bigsmile. Terus cek2 internet, oooh... gitu to... ya daftar aja deh..

Jadi tiap loyalty program ini beda2 ya cara kerjanya. Mulai dari Flybuys ya, krn ini yg paling sering aku pake. Jadi kalo jadi member flybuys, tiap belanja akan dapat poin. Dan biasa lah, nanti poinnya bisa ditukar reward tertentu. Oya retailer yg gabung di program Flybuys ini ga cuman Coles, tapi ada Target, Kmart, AGL, dan banyak lagi. Tiap minggu ada deals beda2, misal di Coles minggu ini kalo beli produk frozen senilai tertentu, dapat bonus 500 poin, atau kalo beli apa gitu, bonus double point, dsb. Dari flybuys ini aku udah dapet beberapa voucher diskon atau potongan:
.Kadang suka ada promo spend $50, nanti dapat voucher $10. Ini aku udah bbrp kali dapat.
.Reward redeem point nya ada macem2, tapi aku selalu pilih 2000 poin dapet 10$, dah lah ga usah aneh2bigsmile
 

"100 bonus points: When you spend $7.50 or more on yoghurts, creams or custards" itu katanya bigsmile


Kalo Everyday Rewards, ini Woolies dan Big W punya, merchant lain yg ikutan, aku lupa. Mereka modelnya bukan sistem poin tapi sering ada promo2 khusus member, mirip kayak kartu Giant kalo di Indo. Kalo kita udah terhitung jarang belanja kesana, mereka kirim email gitu, belanja $30, dapat potongan langsung $10. Aku udah 2x dapat ini dan aku pake.. hehe karena emang aku jarang belanja ke Woolies, karena letaknya di mall yg lbh jauh drpd mall kecil yg 1 lagi dkt rumah. Yg pernah kita manfaatkan juga promo mainan khusus member, jadi yg dpt harga khusus itu cuma member saja.

Satu lagi loyalty program yg aku sering dapet adalah Nando's. Nando's Maroubra punya halal certification ya, btw. Kita sering banget kesana. Aku agak nyesel sih gak dari awal daftar, hehe. Tiap dolar yg kita habiskan jadi 1 poin. Lalu 10 poin jadi 1 dolar. Jadi gampangnya, tiap kita habiskan 10$, kita dapat 1$. Jadi kayak dulu, aku uda habis sekitar 80$, kan dapat 80 poin, 80 poin jadi 8$, waktu itu aku pake beli paella ayam. Terus sering ada promo, misalnya dulu pas Nando's launching rasa baru mereka (mango and lime), member dapat gratis 1 potong ayam dg rasa baru ini. Terus yg baru kemarin, dpt birthday gift gitu berupa 1 paket regular meal + reg side + reg drink, lumayan kan?

Foto: Daoat gratis wrap,kentang,dan juice jwruk 
Bday gift nya yg kiri: chicken wrap, reg chips, reg orange juice.


Nah, tapi ya katanya 'there's no such thing as free lunch' ya? Aku pun sempat tertarik baca2 lebih lanjut tentang loyalty program ini. Ini beberapa poinnya;

*Biaya untuk loyalty program ini, "disubsidi" mereka2 yg ga gabung, tapi belanja di situ
Flybuys ini ga main2 loh ga sekedar dapet poin2 gitu. Tiap minggu mereka kirim email kasih tau promo2 minggu ini khusus member apa aja. Lalu tiap beberapa bulan sekali mereka kirim juga voucher2 promo2 ini versi hardcopynya (FYI, promonya beda lagi loh dg yg di email!).  Mereka juga punya call centre. Hayoh, berarti mereka juga keluar duit kan untuk program ini? 

Aku baca, ada semacam sistem subisidi silang gitu. Jadi misalnya aku sebagai member kan dapat potongan $10 lah, dapat voucher $10 lah, dll... supermarketnya dapat untung darimana? Dari orang2 yg bukan member tapi belanja di situ.. karena mereka jadi bayar lebih mahal (tanpa terasa) dan karena juga mereka belanja di situ tanpa dpt imbal balik (poin, rewards, dll).
Ada juga yg blg, promo2 semacam ini bikin kita konsumtif. Misalnya spend $50 untuk dapet $10, kita jadi konsumtif beli barang2 yg ga perlu, pokoknya nyampe $50. Nah kalo menurutku ya hrs pinter2 ngatur memang. Kalo aku mengusahakan hanya belanja barang2 yg didiskon. Ini sih mirip pola belanjaku saat di Indo smile. Syarat lain, beli barang yg didiskon dan yg tahan lama dan pasti kepake (nimbun maksudnya). Kalo yg lagi diskon sabun, ya beli langsung 3. Minyak goreng, ya beli langsung 2. Popok, tisu, dst yg pasti kepake. Bahkan kalo barang2 yg aku butuh ga didiskon, ya udah, aku ga ambil promo itu tadi, simple saja smile.

*Kita memberikan data2 pribadi kita kepada pihak loyalty program itu
Nah ini aku masih mikir2 banyakan positifnya atau negatifnya. Memang begitu kita jadi member, otomatis  data2 pribadi kita seperti nama, alamat, tanggal lahir, akan diketahui. Dalam kasus flybuys misalnya, record pembelanjaan kita jadi terekam, yg tentunya jadi feedback berharga juga untuk merchant. Sebagian orang ga suka hal ini, tapi aku blm melihat sisi negatifnya di mana. Karena menurutku aku adalah pembeli selektif (istilah opo iki??? lol).

Trade off antara privacy dan value added service ini jadi menarik karena hal ini sekarang terjadi di mana2. Apalagi di masa sekarang yg apa2 "smart2" semua (smart sensor, smart metering, smart city, dsb) --> ini jadi salah satu topik hangat di IEEE ISSNIP yang aku ikuti di Singapur kemaren, dan memang hangat terus, jadi menarik juga mengamati fenomena ini: mau value added service, tapi mengorbankan sebagian privacy, atau sebaliknya, privacy dijaga penuh, tapi gak dapet apa2? Ya kapan2 dibahas yg lebih serius (tapi blog ini udah kadung gak punya image sebagai blog cerdas seorang cendekiawan, wkwkwk...  tak bikin blog lagi ah yg pake "saya" instead of "aku", ga pake emoticon, dan bahasanya EYD lollol terus tak nulis hal2 mutakhir lollol)


Nah sekian dulu cerita pengalaman ikut loyalty program, sampai jumpa lol.

No comments:

Post a Comment