Sunday, 20 July 2014

Kisah Sebuah Globe (review: Leapfrog Interactive Globe)


Tersebutlah di suatu hari Minggu, aku dan Hanif berjalan ke arah kampus untuk datang ke acara pengajian. Bapake Hanif jemput dari arah berlawanan karena sudah duluan di sana untuk bantu2. Setelah ketrmu,berangkatlah kami bersama2. Tiba2 matanya tertuju pada suatu benda bulat (p.s. Bapake Hanif matanya suka jelalatan,soalnya sering ada barang2 dibuang yg msh layak pakai --seperti di neg maju lain pada umumnya,wkwk..)

Eh,ada globe...
Diambil yuk?

Hayuk...ambil aja... Lumayan kan,kita belum punya globe. Di childcarenya, Hanif juga udah mulai dikenalin negara2 n peta dunia. Akhirnya kita bawalah globe yg lumayan berat itu ke pengajian.

Iya,kok berat ya, bukan globe balon kyk biasanya. Globenya ada dasarnya dan ada tombol2nya.

Setelah pulang, kita lihat2 globe itu. Merknya Leapfrog. Oh, pake baterai to.. tapi memang kelihatan tempat baterainya udah kayak rusak gitu.. Aku agak lupa sih, waktu itu kita coba kasih baterai atau nggak, yg jelas bapake Hanif sempat liat ada colokan untuk adaptor. Nah ini die, layak dicoba nih.. Nggak lama setelah itu kita pun berburu adaptor. Sempat nemu juga adaptor khusus Leapfrog, tapi akhirnya kita putuskan beli adaptor biasa, jadi bisa dipakai untuk kebutuhan lain. Untuk yang outputnya bisa variabel, harganya sekitar 25$an seingatku. Kita pun beli dan eng ing eng.... BISA!!!  bigsmilebigsmilebigsmile


Jadi menunya ada 2, yg biasa sama yg game. Jadi yg game ya kayak tebak negara gitu sih. Modenya ada macem2, ada nama negara, ibukota, mata uang, musik, luas daerah, dll. Ada pointernya, bentuknya kayak pulpen, Jadi tinggal sentuhkan pointernya ke globenya, nanti akan keluar suara sesuai mode dan menu yang kita pilih. Btw ta kasih gambar2 dan video2 dari internet ya, soalnya aku sendiri ga yakin punya foto2 globe Hanif yg di rumah tongue (ini posting kok ga niat sih? ya iya..wong ini tadi post sambil ngemong Hanif... lagi ga mood nyambi belajar soalnya tonguetongue)

eh ternyata setelah agak niat nyari, nemu juga foto Hanif lagi main Globe ini wkwk..


Ini ada yg demoin di Youtube

Btw yg demo di youtube tadi, kok yg mode "Music" ga ada national anthem nya ya? Kalo yg globe punya kita (yg mungut tadi bok bigsmile) musik negara nya ada national anthem dan musik tradisionalnya. Mode ini yg paling disukai Hanif, dia suka pilih negaranya lalu joget2 ikut musiknya. Karena sering setel ini juga Hanif jadi kenal lagu Indonesia Raya, Waltzing Matilda (lagu khas/tradisional oz), dan Advance Australia Fair (lagu kebangsaan Oz). Favorit dia satu lagi lagu2 dari "Pacific Ocean" countries, tapi sayang aku ga tau itu lagu apa, jadi ga bisa kenalkan ke dia.
Oya karena globe ini juga dia jadi tau & hafal letak beberapa negara. Ostrali dan Indonesia (untung dekat bigsmile) lalu Filipina (dekat juga, dan salah 1 guru dia ada yg Filipino). Utk negara lainnya belum. Tapi ya aku gak nargetkan muluk. Aku sih seringnya tunjukkin tiap2 negara asal teman2 & guru2nya di childcare, lalu ditambah info2 & cerita2 ringan, ttg benua, samudra, pesawat, dll. Untung juga dia sdh ngerasakan naik pesawat dan sempat menginjakkan kaki di Tasmania dan Singapur, jadi mudah2an bisa bayangin lah. 

Tapi aku sempet kaget juga nemu video ini di youtube bok:
Bok apal bener bok, aku aja gak seapal itu mindblownmindblown
3-year-old katanyah...

Oya, yg di video anak kecil barusan, itu menu gamenya. Ya kayak gitu lah gamenya. Alhamdulillah banget nemu globe ini, aku bayangin bisa dipake jangka panjang, sampai SD kalo udah dapet pelajaran geografi... Alhamdulillah ya?? winkwink Aku sempet ngecek2 pengen tau harganya berapa sih aslinya, tapi kayaknya leapfrog udah ga ngeluarin ya... malahan mereka ngeluarin versi game PCnya kalo ga salah, gak asyik kan..tapi yg aku liat di amazon tadi harganya start from 85$?? wah ya semakin bersyukur ya kita nemu mungut globe ini.. Globe ini ampuh juga lho bisa bikin Hanif sibuk main, jadi salah 1 alternatif kegiatan pengganti nonton TV kan...
Ya jadi inti post ini apa? Ya itulah salah satu hikmah ikut pengajian ya.....makanya rajin2lah ikut kegiatan mengaji.. wakakak.... bercanda..tapi bener kan ya haha wink

No comments:

Post a Comment