Tuesday, 27 May 2014

Hanif, perkembangan bahasa, dan speech therapy

Menjelang Hanif 3 tahun nih! (1 bulan lagi).
Ni postingan copy paste ceritanya... gara2 ada temen kemarin tanya2 soal Hanif dulu mulai bicara umur berapa, lalu tanya2 speech therapy.. trus aku cerita panjang lebar dan emang sengaja agak detail, biar bisa dicopy-paste ke blog wakakaka... Ya mungkin berguna buat yg lain juga..

Ya ini urut2annya ya...

1. Waktu Hanif 1 tahunan, kita sempatkan bawa dia ke dokter Wawan, ahli tumbuh kembang yang di Siloam. Waktu itu ya pgn tau aja perkembangan dia normal atau ada warning2. Waktu itu dia blm berdiri dan (seingatku) belum mulai bicara. Dan memang (seingatku juga...errrrr) hasil assessmentnya utk perkembangan bahasa dan motorik kasarnya harus dikejar supaya sesuai umurnya. Nah utk perkembangan bahasanya dia kyknya semakin kacau gara2 umur 1.5 thn dia pindah ke Sydney dan langsung masuk childcare (bapak ibunya harus kerja bok, menuntut ilmu xD). Pastilah full English lah ya childcarenya, tambah bingung lah! (walopun di Indo sdh diajari dikit2 bhs Inggris).

2. Di childcare kebetulan dia yg paling muda (dia kelahiran tengah tahun 2011, temennya dia ada yg lahir tengah tahun 2010 bok.. Memang range umur di kelas dia 1.5-2.5 tahun, lha dia yg paling muda). Karena gagap komunikasi ini dia srg main fisik (ndorong, ngerebut, dll) sama temennya, krn ga bisa mengekspresikan keinginan kan ya. Lalu juga sering marah dan frustasi, ya itu ga bisa ngomong maunya apa. Gurunya dah berkali2 suruh bawa Hanif ke speech therapist/therapy (ta singkat ST ya :p) tp belon kelakon2..


3.Baru kesampaian ngisi formulirnya utk ST bulan Juni '13 (Hanif 2 thn pas), disuruh itung speaks roughly berapa words. Lalu aku list kata2 yg udah diucapkan Hanif sekitar 30-40an.
Lalu baru kesampaian ketemuan dg STnya bln Agustus. Aku agak lupa gimana urutannya (oh ada sebagian detilnya di blog post ini). Antara lain ini yg dia lakukan:
.wawancara kita (kita blg bhw umur 1 thn lbh Hanif juga blm mulai ngomong tapi sudah paham bahasa --> kemampuan bhs reseptif(?) udah oke tp yg ekspresif belum. Lalu 1.5 thn pindah ke Sydney dan langsung masuk childcare yg full English.)
.dia test Hanif dg cara kasih gambar dan Hanif disuruh bilang itu apa. Gambarnya sederhana dan mudah ditebak anak kecil: car, star, bee, fish, train, sun, dog, dll dll. Hanif bisa bilang walaupun gak sempurna pengucapannya 


.lalu dia tes lagi dengan cara ngambil benda (mainan) yg dipegang Hanif. Ternyata Hanif diam aja (mungkin bingung mengekspresikan dalam kata2) walaupun kelihatan kalo dia pgn mainannya dikembalikan.
Nah lalu tes/pertanyaan apa lagi ya?? Agak lupa..
Oh terus dia blg, hasil assessment nya, utk ukuran anak 2 tahun, Hanif masuk kategori "masih oke", tapi dia blg oke nya batas bawah. Jadi bisa juga kalo kita ga melakukan usaha apa2 terhadap kemampuan bicara Hanif, dlm 2-3 bulan masuk kategore "tidak oke". Nah lalu dari situ kita disuruh lebih aktif lagi menstimulasi Hanif (padahal perasaan kita ya udah aktif loh... )
.Nah dia kasih 2 strategi utk dilakukan:
1. give him words & model for him (2 words.)
Jadi katanya harusnya seusia Hanif sdh mulai bs bicara 2-3 kata sedangkan Hanif masih 1 kata jadi kita suruh latih 2 kata. Yg tadinya "car" suruh tambah "Red car" misalnya. Atau "book" jadi "big book" dll dll..
2. label all his actions
abeling actions. Jadi pas kita ngapa2in ya kita disuruh ngoceh terus misalnya "drink milk", "mummy's milk", "your milk", "eat dinner", "eat food" dll dll
sama juga, tapi ini utk labeling actions aja.

terus nanti kl udah lancar meningkat jadi 3 kata dst...

lalu setelah itu kita diminta tanya asuransi apakah mengcover ST, kalo nggak ntar dicarikan cara sama dia supaya jatuhnya ga mahal amat. per sesi nya kalo ga salah dia 70an $, aku udah liat2 asuransi tp cukup ribet juga cara reimbursenya... musti minta surat rujukan GP dll dll...
lalu aku juga bayangin Hanif emang mau 1/2 - 1 jam per sesi sama dia> ntar jgn2 ga mau diterapi dll. hahaha karena ga mau rugi lalu aku browsing2 ttg speech therapy. oiya si STnya juga sempat blg ntar selain sesi yg dg dia akan ada workbook nya juga, dan ortu hrs lanjutin sesi di rumah.

terus dari hasil browsing itu aku jadi tau beberapa hal misalnya, salah satu yg akan dilakukan oleh ST, dia akan mengassess lebih detail lagi, si anak kurangnya di mana. Ada workbook nya untuk tau hal itu. tapi aku jadi paham...ooo... jadi nanti STnya tau, Hanif ni ga bisa ngucapkan vokal/konsonan apa. lha karena aku ibunya aku udah hafal, Hanif tuh gak bisa bilang "H" (horse, house, jadi "orse", "ouse") "S" yang digabung (misal stop, start, dia bilangnya "top", "tart")
Lalu nanti ada workbooknya utk ngelatih suara2 ini.

Ini contoh salah satu web yg aku pake: http://mommyspeechtherapy.com/
Jadi misalnya yg workbook "H" isinya kata2 yg ada penekanan huruf H. Dan ada ceritanya mayoritas huruf H wakaka....
Ya aku jadi tau ooo intinya diintensifkan ya. Ya udah aku sering2 latih, ta ajak nyanyi misalnya nadanya Twinkle2 little star tapi liriknya "ha ha ha ha ..." gitu

4. milestone berikutnya bulan oktober (2thn 4 bln) tiba2 Hanif bisa nyanyi lagu lengkap, baa baa black sheep, twinkle2.
bln november dikasihtau gurunya bahwa Hanif akan tinggal kelas (ga "naik kelas") di chidlcare krn kemampuan bhsnya dianggap blm cukup utk "materi" di kelas berikutnya.
milestone berikutnya bulan oktober (2thn 4 bln) tiba2 Hanif bisa nyanyi lagu lengkap, baa baa black sheep, twinkle2.
bln november dikasihtau gurunya bahwa Hanif akan tinggal kelas (ga "naik kelas") di chidlcare krn kemampuan bhsnya dianggap blm cukup utk "materi" di kelas berikutnya.
bln desember dipanggil lagi sm director childcare, dikshtau kl Hanif berkembang pesat sekali kemampuan bahasanya (akupun merasa) dan diputuskan naik ke kelas berikutnya.

5. Daaaan... milestone selanjutnya adalah kemaren!! Tiba2 udah bisa ngeyel yg pake logika (bukan asal ngeyel). Kan dia suka ngemil semacam chip2 gitu ya.. grain waves, rice crackers dll. Kemarin minta ngemil itu terus kita blg "boleh ngemil rice crackers, setelah makan nasi dan ikan ya" eeeh dia bisa ngeyel "but rice crackers are made from rice!!"
@_@ kita melongo, siapa yg ngajarin to nak? wakakaka.... Alhamdulillah... :p





No comments:

Post a Comment