Saturday, 8 March 2014

Portable Car Seat; cek dulu, apakah aman?

Hyaaaa,,, 2 post sehari, padahal kemarin malam udah gak garap2 karena main2 utk bikin video ini T_T tapi ya pingin nulis saja dan berbagi pengalaman.

Jadi ceritanya, ga sengaja tadi aku liat di FBku (yg memang isinya byk online2 shop bayi2 n balita gitu Facebook Big Smile Grin Emoticon) ada yg iklanin portable car seat. Waktu aku liat fotonya, aku mikir eh serius nih? Modelnya mirip dg booster seat kalo di sini (utk anak mulai 4 thn kalo g salah), jd model yg gembuk2 gitu, bukan model yg ada dudukannya kyk punya Hanif. Harap maklum bok, sejak berurusan dg segala keribetan car seat di sini, aku jadi agak2 melek masalah car seat dan safety ini. Padahal dulu ya ga terlalu ngurus, wkwk...
Terus dari segi harga, aku juga agak sangsi karena harganya kok murah (di bawah 200 rb) krn ingetku dulu sebelum aku pindah kesini, aku sempat cari2 car seat dan yg paling murah 500ribu-an. 

Di iklannya malah ditulis mulai bisa dipake sejak bayi mulai bisa duduk, 6 bulanan gitu lah. Terus kebetulan ada foto bayinya yg dipakein car seat ini, kok kebetulan keliatan longgar di sana sini ya. Karena aku penasaran, akhirnya aku cari2 ttg gimana sih sebetulnya keamanan portable car seat ini.
------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan: Oh ya, tulisan di blog ini hanya berdasarkan baca2 singkat ya, aku gak ngecek secara menyeluruh apakah ada beberapa tipe portable car seat yg sebetulnya memenuhi standar keamanan, dan sumber2 yg kutampilkan di sini juga hany sedikit saja, jadi kalau ingin nyoba beli portable car seat ini silakan cek ricek lebih lanjut Smiley Face.

Setelah googling, aku nemu di website pemerintah Queensland di sini kalo ternyata portable car seat yg dianggap unsafe dilarang penggunaannya. Silakan dibaca lebih lanjut. Di website itu juga ada foto2 contoh car seat yg sesuai dan yg tdk sesuai penggunaannya. 

Larangan spesifik mengenai portable car seat yg mereka sebut "unsafe online child car restraints" (krn memang ditengarai dijual ke Oz via online) ada di website product safety oz di sini. Kebetulan foto yg ditampilkan ya mirip dg car seat gembuk2 yg ta liat di FB tadi. Di website itu juga ada link surat resmi tentang larangan penggunaan so-called portable car seat tadi.

Setelah nambah baca2 sedikit review orang2 di amazon, kesimpulanku sementara adalah, keamanan / safety portable car seat ini memang tdk sama / lbh rendah drpd car seat yg 'beneran', tp byk yg suka utk traveling / penggunaan sementara krn ga usah bawa2 car seat yg segede bagong itu. Ya oke lah, yg penting pikir2 masak2 dulu sebelum mutuskan beli / beli yg mana.

----------------------------------------------------------------------------
Tambahan, ini cerita pengalaman sobat deketku sendiri.. Dia nyetir, anaknya bayi < 1thn duduk di car seat belakang sama susternya. Eeeh enak2 brenti karena lampu merah, tiba2 mobilnya ditabrak dari blkg krn mobil blkgnya remnya blong. Walopun "cuma" gitu, mobil sedan sobatku ini sampe penyok bag depan n blkgnya, lalu nyundul mobil yg di dpnnya juga, dan car seat nya sampe melengkung, syukurlah mereka bertiga ga apa2. Temenku posting foto2 mobilnya yg penyok ini dan foto car seat melengkung itu, bukan pamer tp ingetin tmn2 yg lain. Aku inget tipe car seatnya ini yg ada base nya di bawah kyk punya hanif. Ya semoga kita semua lbh ati2 lagi dan lbh preventif lagi.

Hikmahnya aku berurusan dg keribetan car seat di sini, ya akunya jadi nyadar, dan nanti setelah balik Indo bakal pake car seat (pdhl sebelumnya ga terlalu peduli).. Yak selamat memilih car seat ya Emoticon Blowing A KissEmoticon Blowing A Kiss




No comments:

Post a Comment