Friday, 9 August 2013

Kesan-kesan puasa dan lebaran kali ini, di Sydney

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin 

Yeah, haha, efek lebaran, ternyata tetep pengen menikmati masa2 lebaran seperti di tanah air (libur panjang... nyantai... libur ngantor...) jadilah Jumat2 gini bukannya nulis weekly report (apa juga yg mau ditulis? kayaknya minggu ini ga ada progress berarti... efek Bapake Hanif pergi dan efek mau lebaran  ) malah pingin mendokumentasikan kesan2 selamat puasa dan lebaran di sini :).

Puasa
Hehe, setelah merasakan puasa di belahan bumi utara (utara barat, dan utara timur, hehe.. ) saat musim panas, tibalah saatnya berpuasa di belahan bumi selatan saat musim dingin :D. Di minggu2 awal bulan Ramadhan, Subuhnya jam 5.30 dan Maghribnya jam 5 sore :D. Waaaah singkat ya. Owh.. tapi jangan salah, haus memang ga terasa tapi lapernya ituuuuu T_T. Jam 9 pagi di kantor perut udah krucak krucuk T_T, agak siangan dikit ngantuknya luar biasaaaaa (eh krucak krucuk ini apa aku aja ya? haha). Tapi unik juga sih jam 5 sore sudah Maghrib. Di minggu2 awal aku sempet kagok karena kan biasanya aku berangkat jemput Hanif ke childcare itu jam setengah 5 sore, biasanya nyampe childcare jam 5 kurang gitu, lalu dari sana pulang ke rumah biasanya nyampe rumah setengah 6. Waaah ini maghribnya jam 5, berarti musti berangkat jemputnya jam 4 sore dong? Hahaha aneh aja jam 4 sore sudah keluar kantor, langitnya masih terang benderang.. Biasanya keluar kantor suasanya memang sudah 'suasana pulang', langitnya mulai gelap. Orang2 juga udah ada yg mulai pada pulang.. 

Buka puasa
Iyes, salah satu yang berkesan adalah... hampir tiap hari ikut buka puasa bersama di kampus! Hahaha.... Aku baru tau kalo istilahnya 'ifthar'. Hampir tiap hari di kampus ada ifthar, tergantung sponsornya. Macem2, ada komunitas Islam Arab, Bangladesh, Oman, dll dll termasuk Indonesia dan Malaysia. Hahaha waktu dapet email jadwal buka puasa di kampus (yg hampir setiap hari itu), pertanyaan pertama ke suami adalah, "Mas, ini anak2 bisa datang kan? Ini dipisah kan laki perempuannya? Memungkinkan ya kalo aku bawa Hanif?"
Huahahaaaa kentara banget ya ngarep ikutan buka ini, walaupun sempet keder gara2 di email itu ada foto yg diattach (foto yg menggambarkan suasana buka di kampus; permisi pasang di sini ya, foto2 buka bersama milik isoc unsw :D maaf g punya foto sendiri yg bagus)

41082_145843252113450_4377968_n.jpg


Nah di hari pertama itu aku penasaran, gimana ya suasananya? Oh jadi ya kalo yg di tempat perempuan, mirip seperti di foto itu, cuma orangnya lebih sedikit :P, kira2 50an orang lah. Dan untungnya geng Indo para ibu2 balita (lah, di mana2 ada geng nya xD. Di Jerman bikin geng Frankfurt cewe2 kuliahan, di sini bikin geng ibu2 *disesuaikan umur xD) udah janjian pada mau dateng (ini sebetulnya ibu2 yang males masak... haha, catet -__-), jadi seneng lah ada temennya yg bawa anak balita (hanif, asya, sabiq). Jadi modelnya, buka puasa dulu dg kurma dan air putih, lalu solat maghrib, lalu makan besar. Menu hari pertama itu: nasi kacang ala arab (?) dengan ayam goreng, wortel kukus dan pizza2an mini. Wah, hanif doyan (hanif sih apa aja doyan :D). Wah, enak ya buka bersama? G usah masak dan cuci piring :D.

Yeah, besok2 dateng lagi ah. Yah begitulah selama Ramadhan, pulang kantor, jemput Hanif, langsung dibawa ke mushola, ikut iftar, pulang :D. Lumayan juga ga usah pulang lebih awal dari kantor krn kan g pulang ke rumah, melainkan ke mushola kampus. Pengalaman baru juga buat aku, mencicipi menu2 aneh bin ajaib. Ada nasi yg kyk dikasih rumput2 ijo2 gitu (rasanya enak sih, gurih), beserta potongan daging gede banget mbuh daging apa (ada yg guyon daging onta?!! ), ada nasi tomat pake ayam dikasih yoghurt (haha ini sih aku prnh masak n prnh beli, jadi agak akrab lah rasanya.. yg jelas Hanif doyan), dan beberapa kali menu nasi kacang berulang  sampe sempet bosen dan mikir2 apa buka di rumah aja ya... tapi begitu liat jam "wah kalo buka di rumah jam 4 musti keluar kantor nih.. trs juga musti masak2...wes ga jadi ah gpp makan nasi kacang lagi"  
Yang unik, rata2 masakannya ga ada sayurnya. Kalo kata temen, ya ini budaya mereka (orang2 timur tengah?!) katanya kan di sana susah tumbuh sayur, buah gitu.. jadi ya masakannya gitu2. Lama2 sempet seret juga, makanan g ada sayur g ada kuah, jadilah utk sahur aku masak yg berkuah2 dan bersayur2.

Seru juga waktu komunitas muslim Indo jadi host. Ada pembagian tugas termasuk masak2 (masak utk 300 orang bok.... ), aku juga ikut nyumbang masak lho... masak nasi . Sebetulnya diminta nyoba masak rendang, tapi misua yg ketar ketir krn aku blm pernah, jadilah masak nasi aja. Tapi aku bisa koar2 ke temen2ku "Please come tomorrow to Indonesian iftar!! I cook! curly lips .........rice" xD.

Ke Amerika
Kok ya kebetulan pak Astria ada konferens di US... seminggu terakhir Ramadhan! Jadilah seminggu terakhir itu aku cuma berdua dg Hanif saja. Tapi alhamdulillah banyak hikmahnya, in fact banyak hikmah dari perjalanan mr astria juga.. nanti diceritakan di post lain. Yang unik, perjalanan mr astria dari bumi belahan timur ke belahan barat, melewati garis batas tanggal internasional, yang membuat perjalanan berkesan. Ini aku sempet share titik2nya. 

Berangkat: dari A ke B, ke satu titik lagi, baru ke C.

Keberangkatan unik juga, tapi udah ah g usah diceritain, ini aja udah panjang :P.

Rencana pulang Rabu 7 Agustus malam dari B. Terbang terbang terbang... belum merasakan hari berganti Kamis, 8 Agustus, tiba2 sudah melewati garis putus2 itu, ya sudah ganti hari, dah! Begitu lewat garis, ya berarti sudah berada di belahan bumi yg sudah hari Jumat, 9 Agustus, hehe.. berkesan ya. Jadi kalo lebarannya 8 Agustus, kapan pak Astria mengalami 8 Agustus??? :)

Lebaran
..ternyata di unsw, Lebarannya tgl 8 agust, makanya sholat Iednya juga hari Kamis itu (tapi belakangan baru tahu, ternyata ada juga yg lebaran Jumat. Haha kirain di Indo aja lebaran bisa beda2...). Kok ya sejak Rabu sore itu hujaaan terus. Tapi gpp, alhamdulillah kan aku sudah biasa dorong stroller Hanif ke Tigger's hujan2, sejak ada stroller cover yg bagus beli di Kmart, segalanya jauh lebih mudah. (kalo dulu musti lari2 T_T ). Tinggal pake jas hujan, jalan agak cepet, bisa survive kok :p (yah agak basah2 dikit sih sebetulnya, apalagi kalo hujannya deres, sepatu n celana bisa basah juga sih T_T secara jas hujannya cuma setengah badan doang).

Jadwal sholat jm 7.45, rencana brkt jm 7 aja krn mau naruh lontong (iyes, ada pembagian tugas utk acara open house setelah sholat Ied... para master chef masak lauk pauk nya,,, dan eike tentu saja kebagian masak lontong xD wakaka... kalo ga masak nasi, masak lontong. hahaha kapan yah disuruh masak air? xD). Tapi apa boleh buat, rencana jm 7 pun molor jadi jm 7.15, ya macem2, Hanifnya lari2 pas dipakein baju, g mau dipakein popok maunya main2, dll. Sudah siap brkt, Hanifnya dibawain sajen dulu (sajen = istilahnya mb Yen2, umminya Sabiq hahaha xD, itu artinya makanan camilan, supaya balita2 ga ribut kalo ibu2nya pada sholat.) Sajennya yg kering aja, biar gampang makannya, yaitu sereal sejenis koko krunch gitu lah, biar banyak juga ga habis2. Eeh lha kok begitu mau berangkat, krn rasa ingin tahu yg begitu besar (bagus lah nak) sama Hanif bungkus serealnya dibalik dan tumpah semua lah serelanyaaaa T_T. Oawwalah... mau berangak terpaksa nyapu2 dulu krn sereal yg kecil2 itu semburat semua kemana2, hiks udah gitu aku g punya sesajen lagi, terpaksa dibawain roti tawar. Yah begitulah sodara2, pergi sama anak kecil itu kdg g bisa tepat waktu, jgn disebelin yah kalo ada kasus gitu. Itu kmrn malah ada tmnku telat dtg solat Iednya, kenapa? Lah anaknya.. udah duduk di stroller siap berangkat tiba2 "pengen pup.." T_T dan itupun katanya dia sampe panik nungguin anaknya di WC kok ga selesai2 pupnya? xD "nak ayo cepetan, udah belum?" hahaha.

Krn brkt tdk sesuai rencana, akhirnya langsung aja ke kampus, tempat sholat Iednya di Scientia building. Alah ini mah kecil ,ini cuma separoh jarak aku nganter Hanif biasanya xD. Alhamdulillah ketemu sabiq n mb yenny. Oh ternyata tempat sholat perempuan di lantai 2, wah sempit ini... Alhamdulillah dikasih sajen sama mb yen2 XD jadinya hanif anteng selama sholat (walopun sempet tolah toleh pas sajennya habis xD oya, untung ta bwkn mobil2an juga ding). Katanya  ceramahnya bagus. kok katanya? iya, lha wong di lantai 2 itu yg dominan suara ibu2 ngobrol n anak2 nangis xD, wahaha... katany sih, cermahnya tentang "enjoy your day today, saatnya menikmati ied, silaturahmi, dll" haha tau aja, lebarannya bukan hari libur, sdh biasa tuh ceritanya hbs sholat Ied ngantor lagi, atau kuliah lagi, dll (syukur2 bisa sholat Ied).

Aku juga rencananya hbs open house, tetep seperti biasa anter hanif ke tigger's lalu ngantor (setor muka ke pembimbing yg akan pergi 3 minggu :P) tapi hanif ternyata seneng ketemu tmn2nya, lalu juga suasana baru, halaman blkg rumah mb yen2 kn asyik buat main2, jadi g mau diajak brkt ke tigger's, ya sudah aku juga kasian, lha wong ini juga hari lebaran, ya sudah lah kita meliburkan diri saja, kan tadi di ceramah juga udah dibilangin enjoy this day? ya akhirnya aku enjoy beneran, di rmh mb yen2 trs sampe2 sore xD memamah biak makan n kue2 lebaran xD, hanif seneng banget, bahkan sampe tidur siang di situ juga, aku juga seneng, memang ternyata hati kita pgnnya libur yah di saat lebaran gini..

Setelah lebaran ternyata butuh penyesuaian diri lagi juga ya dari puasa. Biasanya bebas ga masak bangun pagi sahur, lalu tidur lagi, bangun lagi agak siangan jm7 atau setengah 8 gitu, sebentar kemudian langsung berangkat, pulang kanor langsung ke mushola, eeeh ini skr menyesuaikan diri lagi balik seperti dulu.. bangun pagi, masak, dll, siapin bekal utk makan siang, lalu pulang juga hrs mikir di rmh makan malamnya apa ya (kalo pas puasa kemarin pulang kantor ga usah mikir menu! yes walopun nasi kacang lagi :P T_T). Alhamduillah bapake hanif juga telah tiba dengan sehat wal afiat, wiken ini penyesuaian diri dulu aja.... aaaah mari kita kembalikan ritme kerja yg sempat kedodoran kemarin, bismillah semangat :D.



No comments:

Post a Comment