Saturday, 27 October 2012

Ingin Menulis Buku

Hiks..aku pingin menulis buku T_T.
Sejak lama. Sejak dulu banget malahan. Sejak mahasiswa, atau malah sebelumnya ya?

Aku memang hobi menulis. Sejak dahulu kala (haha ngulang kalimat yg tadi), kalo nulis hobi di biodata (kapan ya terakhir kali butuh nulis biodata?!) aku selalu nulis: Hobi: musik, menulis, semua tentang seni. Ngisi biodata inggrisan pun begitu. (ha! aku barusan ngecek CV terbaruku. di poin keempat isian "Field of Interest", aku nulis 'Music, Art, and Literature' 

Setelah ta ingat2, aku mulai sering nulis jaman mahasiswa. Agak telat kalau dibandingkan sepupuku ini yang waktu SMA (kalo ga salah) bahkan menang di kompetisi menulis cerpennya majalah Kawanku (wow majalah ini tnyt masih ada ya sekarang ) dan dapet hadiah workshop menulis. (ha! (lagi ) aku barusan ngecek di folder2 file2, ternyata tulisan paling tua tertanggal tahun 2003 (tapi mustinya masih ada lagi kali ya yg sebelum2nya?), yaitu sebuah cerpen ala mahasiswa yg cetek banget ...huahahaha!!! eh tapi cerpen itu dikirim ke deteksi nya jawapos dan langsung dimuat lho..muahahaa!! Haha i have to keep it safe in this internet world.. so I think I will save it here . hehe just neglect that lousy picture of lousy me . (tambahan: hahaha.. aku juag baru sadar! they mistyped my name! jadi gimana gitu namaku T_T)

Selanjutnya seingatku aku beberapa kali ngirim, bukan cerpen tapi tulisan2 singkat kayak rubrik "Gado-gado"nya Femina, rubrik apa ya lupa di Reader's Digest Indo, ke tabloid Chic (sekarang majalah) hahaha tapi gak ada yg dimuat, kecuali yg di Reader's Digest Indo, duh ini pun ternyata aku ga punya scan2annya hiks aku cuma sempat nulis, dimuat di RDI Agustus 2008 T_T.
=====================================================
Keinginan yg lebih tinggi muncul waktu baca tulisan ilmiah populer di Kompas, waktu itu tulisan tentang telekomunikasi, tapi setelah baca itu kesanku adalah, "lho, ini kan materi kuliahku?" (hehe, ini jaman aku masih kuliah ya.. bukan jaman sekarang ) "Ooo... materi kuliah bisa juga ya disampaikan dalam bahasa populer begini." Lalu aku juga pingin nulis seperti itu. Tanya2 sama suami teman ibuku, yg tulisannya sering dimuat di koran. Dia menyambut dg memberikan tips2 yg lengkap dg contoh2 tulisannya di banyak koran. Tapi mbuh kenapa ya waktu itu kok cita2ku yg nulis artikel ilmiah populer itu belum kesampaian. 
Mbuh kenapa ya, yg jelas jaman mahasiswa itu kegiatanku banyak. Aku ngajar di sekolah musik Yamaha 3 hari seminggu, terus aku juga aktif di paduan suara mahasiswa, terus...hmm.. ya cuman itu ding 
======================================================

..ternyata aku masih suka nulis! Sepulang dari Jerman, aku mikir, aku harus membukukan pengalamanku  di sana! Foto2 aja sudah biasa. Akhirnya kesampaian juga,, aku bikin buku bergambar (hahaha.. tetep ). 
======================================================
..terus kenapa barusan ini tiba2 ingat lagi kalau pernah pingin nulis? Yaaa gara2 ada dosenku (haha, I'm still used to address them "dosen" while they are actually my colleague now :P) upload foto bukunya di FB dg tulisan "17 years of research in 135 pages" hiks akankah saya bisa begitu juga? (ouch it also reminded me.. about.. well let's compress those lots of things into "Research" and "PhD" T_T)

oh ya juga karena aku ga sengaja baca bukunya Merry Riana, haha biasalah pas sahur, kebiasaan jelek makan harus sambil baca, akhirnya asal nyomot buku yg ada, wah ternyata menarik! (aku bahkan tertarik nulis reviewnya di blog ). Bagus juga ya, aku juga jadi pingin nulis buku seperti itu. 

Hiks terus gimana ya? Well marilah kita benahi kehidupan riset yang masih carut marut, mudah2an dg studi doktoral nanti benar2 bisa men-training seseorang utk "benar2 belajar riset yg benar"  dan menghasilkan disertasi yg layak menjadi sebuah buku yg beneran buku #apasih  amiiiin hehe.
Yah sementara ini cukup dg menulis di blog dulu.. keinginan punya tulisan yg diterbitkan di media masih tetap ada, hehe tapi harus siap mental bahwa baru bisa menulis (setelah kewajiban lain selesai) setelah Hanif tidur.. setelah beresin mainannya Hanif..setelah selesai masukin baju Hanif (masih untung ga nyetrika, cuma nyuci & masukin doang T_T)..setelah selesai bikin puding buah untuk Hanif..hahaha..maybe someday I'll write a book when I'm done balancing my PhD and my domestic stuff 


1 comment: