Sunday, 27 May 2012

Review: Buku Latihan tes IELTS

Hehe ngiseng banget ya, kok sering banget nulis sekarang. Ini bukan berarti lagi ga ada kerjaan lho, sebaliknya, malah banyak kerjaan T_T. Tiba2 pgn nulis review ttg buku2 latihan IELTS yg pernah tak baca. Hehe emang siapa yg mau baca review ini? (deeper question to ponder: emang siapa yg mau baca blog ini? Ya suka2 aku, mau tak protect kayak dulu, mau tak open, dll dll ya terserah :p) Ya ga tau, tapi at least kmrn sdh ada temennya temen yg tanya ttg buku ielts mana yg bgs. Daripada nanti ada yg tanya lagi mendingan sekarang nyoba nulis reviewnya . Oya disclaimer: review ini dibikin seingatnya aja, jadi kalo ada yg keliru atau lupa ya mohon maaf, nanti diedit lagi .
=========================
1. Buku Pintar IELTS

Ini penampakannya kalo disearch di google:
 Harga : Rp. 35ribu an kalo ga salah . Langsung review ya (tanpa keterangan detail -> bisa dicari sendiri). Buku ini lumanyun lho. Menampilkan berbagai macam variasi soal2 IELTS (yg memang sgt variatif T_T). Ada semacam tips n trick nya juga. Ada latihan2 (bukan contoh soal IELTS, tapi latihan untuk membuat diri kita terbiasa dg tipe2 soal IELTS).
Kelemahannya, ga ada CD utk bagian listeningnya, layout agak ga karuan2 (tapi ga tau lagi ya versi revisinya gimana... jadi setauku ada semacam cetakan kedua, yg ada revisi2 dari cetakan pertama. Punyaku = cetakan pertama.). oiya hanya ielts academic saja yg dibahas di sini, yg general training g ada.
Buku ini yg paling gampang ditemukan di toko2 buku.

2. Barron's IELTS
 Ini buku yang sangat berjasaaaaaaaaaa  tapi nyarinya susah amat . Untung dapet pinjeman dari Oyn. Padahal harganya ga mahal2 amat (Rp. 80 ribuan kalo g salah). Ini versi bagus dari buku pintar ielts tadi :D. Isinya ya latihan2 utk memperkuat listening, reading, writing, & speaking skills kita, dlm urutan2 & layout yg sdh sgt rapi shg sgt memudahkan. Lalu di akhir buku ada 4 model test. Ada kunci jawaban disertai penjelasan (hehe bahkan ada kunci jawaban writing dan speaking segala lho).
oiya ielts yg general training (kalo g salah) juga ada pembahasannya di buku ini. hmmm apa lagi ya, oiya di internet ada versi ebooknya, tapi ati2, itu versi ga lengkap. sampe skr aku blm nemu versi lengkapnya.

3. Easy IELTS
Wah ga nemu gambarnya . Yg jelas setelah search di google (iya search, karena males masuk kamar nyari bukunya, bayiku dah tidur soalnya :P nanti kalo aku kresek kresek dia bangun :P), oke setelah search di google tnyt pengarangnya Slamet R, terbitan Pustaka Pelajar.
Jadi ini yg ngarang org Indonesia. Sejujurnya aku agak kecewa dg buku ini, ada bbrp alasan di antaranya:
1. Aku disarankan beli buku ini oleh org lain, pdhl aku sdh cukup puas dg buku pintar ielts dan barron's. Tapi akhirnya dibeli juga (krn menghormati yg memberi saran,... isnt it ridiculous?? but thats me.. asal gak mahal aja -> yg it turned out to be mahal T_T, Rp. 90 ribuan, i said ini mahal krn isinya biasa aja... T_T
2. Bukunya itu hampir ga ada contoh soal IELTSnya, hanya ada 1 model test itupun ga ada kunci jawabannya dan itupun ternyata yg general training, bukan yg academic.
3. Oke, ga ada contoh soalnya lalu kok buku tebel begitu ya? Ya karena isinya grammar2 T_T. Jadi bukunya itu isinya berbagai macam grammar2 yg katanya "utk bekal dlm listening, reading, writing, speaking". Komentar saya: buku ini cocok bagi yg level Inggrisnya basic, sgt membantu krn detail sekali (dan banyak T_T) bab ttg grammar2nya. Buat yg sdh punya dasar kuat dlm berbahasa inggris, menurutku ya sgt tdk perlu membaca tiap2 bab ttg penjelasan grammar2 itu.
4. Buku ini menyediakan berlembar2 vocab utk membantu kita dlm writing & speaking. (iya kan kita hrs siap menulis & bicara ttg topik apa saja, mulai dari politik, pendidikan, kesehatan, sosial, seni, dll dll dll). Nah ada list vocab utk tiap2 topik, tp menurutku krg tepat sasaran, krn hanya ditulis kata demi kata saja. Padahal dlm berbahasa, menurutku kita perlu membaca keseluruhan kalimat, utk tahu bagaimana kata itu dipergunakan, konteksnya apa, dll dll.
jadi contoh listnya itu seperti ini (seingatku :p)
Health : vaccination, immunization, blood pressure, dll dll (aku lupa e :p, ga pernah ta baca sih :p)
listnya itu buanyaaaaaaaaaakkkk, tapi ya gitu, kurang efektif menurutku.

4. Common mistakes at IELTS intermediate
 Ini dapet dikasih, fotocopyan tapi, menjelang hari2 tes ielts. lumayan buat baca2. membahas common mistakes dlm berbahasa inggris. misal:
.I suggest that you sleep now; atau
.I suggest you to sleep now?
dll dll... (hehe lupa contoh lainnya apa :p.. dasar! )

5. ebooknya Cambridge IELTS
ga tau ini versi yg mana, secara ebook kan banyak banget. yg jelas, berhati2lah kalo nyoba model test ielts ini , heheh. karena ini tipe soal jadul, dulu sempat pernah ngecek, ingetku itu thn 90an gitu. tipe tesnya agak berbeda. terutama writing dan speakingnya beda banget. jadi silakan liat2 dg teliti ya. kalo buat latihan oke2 aja, lumayan.
===========================
Yak sekian dulu reviewnya, semoga berguna :D hehe.

3 comments:

  1. titip ucapan terima kasih untuk Oyn dan orang yang memberikan fotokopian buku satunya lagi. tenkyu2

    ReplyDelete
  2. salam, mau tanya ada ngga kunci jawaban untuk ielts barrons edisi 2? kalau ada dimana mencarinya ya? karena kalau otodidak tidak ada kunci jawaban jadi tidak tahu benar atau salahnya, terutama saat listening dan writing dengan grammar yg benar. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf saya belum tahu ada yang edisi 2, yg saya tau ya yg ada di tulisan saya di atas. Sepertinya kalau resmi dari Barrons (bukan bajakan / bukan dari internet) mustinya jadi satu dg bukunya.. Bisa juga sih cari di google kunci jawabannya.. Semoga sukses

      Delete