Saturday, 6 September 2008

Vita on (Coelho and) Mystery of River Piedra

Waduuuuh…. Sudah lama g nulis karena kebanyakan baca buku & semua-muanya pgn ditulis, trs juga bingung mau ditulis di blog yg mana, weheheh… Dasar.. di blogspot pgn tulis2 ttg review buku2 si sahrial yg seabrek yg sdh tak baca.. di multiply pgn tulis2 ttg resep2 & masakan2 yg berhasil :D, di wordpress pgn tulis2 ttg pengalaman gagal nyoba resto india :D, lalu terbentur hati nurani (halahh) yg bertanya2: “trus kapan tulis2 yg berhub dg penelitian atau elektro??” Damn.

Vita on Coelho
So.. first of all, ich danke sehr, dich meinen Vetter, sahrial, yg sdh mengenalkan coelho kpd ku. Si Rial, sepupuku yg skr terdampar nun jauh di Sangatta, kesepian n sebelum jadi gila dia minta dikirimin buku2 yg seabrek-abrek: Kambing Jantan nya Raditya Dhika, Bilangan Fu nya Ayu Utami, Sons nya .. siapa ya? Twilight nya Meyer (yg reviewnya ada di bawah :p), Rahasia Bulan -- kumpulan cerpen homoseksual (reviewnya entar kalo sempet… ;)) , & Sang Alkemis nya Coelho.

Semuanya, kecuali Sons & Bilangan Fu, habis dibaca dlm waktu kira2 semingguan. Yg paling terakhir justru Sang Alkemis, bacanya sambil ogah2an gitu, cuman karena ga mau rugi aja, masak sebelum dikirim ke Rial g sempet2in baca :p.. Ogah2an, soalnya aku agak g suka baca buku yg diterjemahin ke bhs indonesia, kenapa ya? Ya rasanya lain aja soalnya…

Tapi, setelah baca-baca-baca… woo… oke juga nih alkemis!! Komenku pertama: “wah.. The Secret dlm bentuk novel nih..” wekekeke.. Kalo mau memahami kutipan favoritku “Der Weg ist Das Ziel” (the journey itself is the destination), baca buku ini.. Cool..

Vita on River Piedra
Setelah alkemis, yg cukup membuat manggut2 gembira, tiba2 teringatlah buku Coelho yg lain, By the River Piedra I Sat Down and Wept. Tiba2 inget krn dulu ceritanya pernah baca di blognya Carol, & kata2 Carol yg waktu itu aku ingat betul, adalah dia g begitu suka buku Coelho yg itu (pdhl dia penggemar Coelho), karena slh satu inti bukunya adalah ‘love can conquer everything’, yg menurut Carol klise. Tiba2 inget juga krn Rial dulu pernah cerita pernah baca buku ini karena “judulnya tragis… keren!!”. Tp yg lbh bikin tertarik adalah review carol yg isinya (:p mudah2an bener ya aku ngutip review si carol): salah satu konflik dlm buku ini adalah cinta disejajarkan dengan spiritualitas. Apa? Itu kan aku banget (ngaku2, wekekekek..).
Langsung deh berburu ebooknya di internet, wah uasyik, malah nemu yg macem2. Dapat 2 link, di yg resmi harpercollins punya sama di 4shared.com. Nah, ini lucunya:

Mystery on Coelho’s River Piedra
1. Epilogue or not?

Weleh… ky judul cerita detektif conan aja :D :D wkwkwkwkw…. Lha habis, dari 2 link tadi, yg bisa didownload kan yg versi 4shared, akhirnya kudownloadlah itu.. Tapi, entah kenapa, secara g sengaja aku liat, ternyata yg versi harper g ada epiloguenya, pdhl itu kan situs resminya. Trus aku baca bbrp resensi oleh orang2, ada bbrp yg bilang bhw ‘ceritanya berakhir menggantung bla bla bla…’ tapi ada juga resensi yg nulis: ‘don’t read the epilogue! It’s better if u leave the story without the epilogue’. Nah lo…

Padahal, ceritanya bener2 beda jauh dg/tanpa epilog. Intinya kan Pilar (tokoh utama ceweknya) & si teman masa kecil nya (tokoh utama cowo) itu saling mencintai (setelah melewati proses panjang lho..), tp si cowok ini ternyata adalah semacam santo gitu, yg sdh merintis utk mengabdikan hidupnya di jln spiritual. Konflik akhir adalah, Pilar sadar ia ingin bersatu dg tmnnya sang santo itu tadi, tapi dia takut jika sang santo bersatu dg dia, sang santo akan jadi ‘manusia biasa’ yg g bisa lagi mengabdi pd Tuhan sebagai santo. Akhirnya Pilar memutuskan, dia juga ingin bersatu dg sang santo & ikut mengabdikan seluruh hidupnya juga untuk berceramah dll. Tp d sisi lain, tnyt sang santo merasa Pilar akan menderita kalau ikut hidup bersama dia menjadi santo.. Karena shok larilah si Pilar, dan akhirnya dia menumpahkan ke-haru-biru-nya dia ke sungai Piedra..

Di akhir cerita tanpa epilog, kalimat akhirnya adalah
I looked out at the river for some time. And I cried until there were no more tears.
Then I began to write.


Titik. Itu thok. :D :D. Gantung kan??

Nah di versi epilog, tiba2 sang santo datang ke Piedra & menjemput Pilar. Ini kalimat akhirnya
"I don't know. But the Goddess has always given me a second chance in life. And She is giving me that with you. She will help me to find my path again."
"Our path."
"Yes, ours."
He took my hands and lifted me to my feet.
"Go and get your things," he said. "Dreams mean work."
END



Wah jadi penasaran juga, iseng2 baca resensi yg versi indonesia. Yg menarik adalah, rata2 resensi yg dibikin oleh cewek, bunyinya gini: ‘sayang akhir ceritanya menggantung. Kalau saya sih… lebih suka mereka berdua bersatu dan menikah..’. Aku tanya Rial, “versi bahasa indonesia yg kamu baca, ada epilognya ga sih?” dia bilang ga ada.. trus aku ceritain versi bhs inggris yg ada epilognya, dia blg, “wah.. ya bagusan ceritanya nggantung emang..”
Dasar cowok! :D :D. waktu aku diskusi sm p made, beliau juga blg gitu “iya kalo aku lebih suka menggantung endingnya!!”

Nah karena aku Fraeulein :p, tentu saja aku lebih suka yg versi epilog, krn jelas bhw akhirnya kedua insan (halahh) ini bersatu. Yah carol boleh lah g suka dg ceritanya yg klise & sedikit absurd, tp aku suka tuh (sambil berdoa semoga kami berdua bisa seperti Pilar & santonya.. amin.. amin.. :p).
telpon Periplus, eh untung kok ada. Ke sana pun g langsung beli, minta dibukain dulu plastiknya “ada yg mau saya liat mas!” ya apalagi yg mau diliat kalo bukan epilogue nya… wahahaha…. Kalo g ada epilogue nya ya ga jadi beli, wekekekek… dasar fanatik.. nah, ternyata ada.. Y sudah, dibeli :D. bingung deh, lha yg di versi harper itu kok g ada ya??

2. Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Tersedu (atau Menangis?)?
Ntar diterusin ngetiknya kalo sempet :p.

3. 'A Novel of Forgiveness'?
ini juga kl sempet :D

3 comments:

  1. wept itu menangis tersedu-sedu kali ya...hehehehe
    HAIL!!! Amor Vincit Omnia!

    ReplyDelete
  2. Vit, punya aku ada epilogue nya jadi akhirnya happy ending...makanya aku ga suka. Setuju sama saudaramu...enakan akhirnya nggantung aja hehehehe =)

    ReplyDelete
  3. *emang yg di versi indo judulnya 'menangis', tapi coba deh liat di internet, ada juga yg nulis 'di tepi sungai piedra aku duduk dan tersedu'

    *trus emang aneh, di versi indonya (katanya) g ada epilognya.. tapi kalo aku kan pecinta happy ending, eh, beginning :p

    ReplyDelete