Monday, 21 July 2008

Cooking Measurement: to be more exact in cooking :D

I want to be more exact..

*halah2.. gr2 keseringen liat resep inggrisan kok tiba2 pgn nulis inggrisan ya?? :p*

I want to be more exact... in cooking :p.

Man! My background is exact science, where people should do the calculation exactly,
at least as close as two numbers after the decimal separator.. As a matter of fact, I teach subject called 'Electrical Measurement' and am in the lab with the same name, and I should say that in metering, high accuracy is very important. A 5 % accuracy, for a meter, is considered very low.

Well then it goes a bit ironic, that in cooking I do the opposite. As I don't have any prepared kitchen scale, I use feelings :p to measure some cooking ingredients , which of course ends up in relatively high tolerance and relatively low accuracy measurement
. Therefore I want to be more exact in cooking too!

1st idea was to create my own conversion table of cooking :p, which won't be too complete because I don't need all of the parts now. The interesting thing is.. during the searching from many sources I couldn't find the same conversions. 1 cup of all-purpose flour can be 225 grams, 230 grams, or it even depends on the cup, whether it's US or metric one. If I add my dad's big cup :D, it'd be even different.

That's why we need a standard cup. In scientific language, we need standard systems of units, which defines standard unit in which a quantity is measured. Because my cup is different than yours, my dad's cup is different from mine, etc.. And that's why we need a standard of unit, for example, meter for length. 'a meter' here and
'a meter' there and in everywhere are the same. Again, that's why we need a standard cup, so that the cup in the recipe measures the same flour as my cup do.

Items
Units
Units

1 Cup
1 Tablespoon
16 Tablespoons
3 Teaspoons
All purpose flour
1 Cup
230 Grams
Butter1 Tablespoon
14 Grams
Granulated sugar
1 Cup
1 Tablespoon
200 Grams
12.5 Grams
Water
1 Cup
1 Tablespoon
1 Tablespoon
230 Ml
15 Ml
15 Grams
Salt
1 Tablespoon
18 Grams

Anyway, there are several systems of measurement: Metric System, US System, etc. And so, it surprised me a bit that in cooking there are also US cup and metric cup .
So this is the table we're talking about :p. As simple as what I cook :p.
Oh, and as yesterday I cooked too few potatoes , so I would add some more items in the table later (as how many grams a potato weighs etc etc..).


Froehes Kochen!!

Monday, 7 July 2008

Bella Cantik™-

...Awalnya, kemarin salah satu sepupu bejat ku, ~Rial, telpon. Cerita-cerita-cerita.... trs aku bilang, "eh hari ini ultahnya BELLA lho..."
"Bella SOPO?"
"Bella Cantik™.."
"Heh? Siapa ya?"
"WOI!!!!! PONAKANMU TUH!!!!""
"Heh??? O iya ya.. :D... y udah.. kirim2 ya fotonya!!"

Bella Cantik™
Bella Cantik™, ini memang nyebutnya harus nyambung, trus memang sdh jadi trademark, awalnya sih dari si Nenek Bella™, alias Yu Nini , yg kalo ngudang Bella selalu bilang "Bella Cantik™.. Bella Cantik™.." diulang2 ky mantra.. akhirnya kita juga ikutan kalo bilang Bella harus ditambah Cantik :p.
Nah atas request Rial, sekalian aja tak upload foto2nya si cantik ini dari awal sampe pas dia ultah kemaren, weheheh... tambah g jelas wes ini blog arahnya kemana... :D. Mulai foto2 mesin2, foto2 makanan, foto bayi, semua ada. (oiya, kl mau liat besarin fotonya klik aja d fotonya...)



Si cantik lahirnya 30.06.07, trus bbrp saat kemudian (g ada info yg valid ttg kapan ini.. wekekek... aku jga g tau, wktu itu aku msh di jerman :p yah kira2 aja) diadakanlah acara di rumah Nenek Bella™.

-Nenek Bella™ yg mlh bikin nangis :D --> sampe nutup mata keseremen :p-



Bbrp bulan kemudian adalah momen langka, krn si cantik ini lagi mengobral senyum... ayo ini fotonya.. nikmati sebelum dia mogok senyum.

-punk- -giliran sama Cinta Laura :D aja lgsg sumringah :D-



Lebaranan
Pas lebaranan ini sebenere semua juga pada ngumpul,,, tp krn dari dulu juga fotonya sdh mau t'upload & t'tambahi tulisan2 aneh2, jd t'keluarin skr aja ya!

-kedatangan sang pewaris kekayaan klan Soeprapto-


-mulai ngantuk- -mulai bete, ini nenek nyebelin banget sih :D- - ewwwwwww.... wek wek-

nyampai di tempat tidur, si cantik langsung memulai kegiatannya sebagai pewaris pertama kekayaan klan Soeprapto.. Hobinya baca Jawa Pos tapi yg Ekonomi Bisnis.

-liat kurs Euro dulu- -minta diambilin telpon mau ngecek kurs di BI-


-ngecek kurs Euro di BI- -kok g sama ky di koran y??-


Ultah Bella Cantik™
Huuuuuuuuu.... penonton kecewa.... ultah 1 tahun di McD isinya cemberut terus. Muka dilipet2,, dideketin ibuku langsung nangis (oh, kalo yg ini sih normal, ibuku kan emang nyeremin wekekekek... ).. Bella Cantik™ kenapa cemberut nak... apa karena Euro sekarang sdh tembus 14 rebu??? Aku juga sedih nak... mahal banget ya :p...





-wekekeke... dicium papa mama malah melengos-

Familie Arman


HOAAAAA..... ngantuk... wis ah, pokoke janjiku kirim foto Bella Cantik™ sdh kupenuhi... kpn2 sambung lagi....

Thursday, 3 July 2008

review: Evan Almighty




(not-so-real :D) review: Evan Almighty




Kmrn iseng2 liat DVD ini berdasarkan rekomendasi adikku yg katanya "yah, lumayan lah buat liat2an, lucu kok, cerita nabi Nuh modern."

Ceritanya sih tentang politikus Evan Baxter yg lagi membangun karirnya, terus tiba2 dia disuruh Tuhan (yg dimainkan Morgan Freeman, ingat Bruce Almighty? Ya itu Tuhannya sama =))) untuk bikin bahtera a la nabi Nuh dulu. Wes ah, aku males ceritanya :p, karena aku cuma mau berbagi kutipan2 dialog yg aku suka. Yaitu (seingetnya lho ya :p hohohoho...):

(1) Waktu Tuhan (God) berdialog sm Evan

GOD : "Whatever I do, I do it because I love you."

(2) Waktu Tuhan berdialog sm istrinya Evan

GOD : "When a person asks for patience, will God give him patience? No, HE will give him the opportunity to be patient.

When a person asks for braveness, will God give him braveness? No, HE will give him the opportunity to be brave."

Ya.. sutra ah :p